6 Khasiat Kacang Hazelnut untuk Kesehatan

medicalnewstoday.com

Seruni.id – Kamu mungkin sudah familiar dengan kacang tanah, kacang hijau atau kacang kedelai. Bahkan mungkin kamu juga sudah sering makan kacang almond karena cake sekarang sudah banyak menambahkan topping kacang almond di berbagai kesempatan. Namun, bagaimana dengan kacang hazelnut? Kacang dengan bentuk hampir bulat ini memang belum cukup familiar dan belum banyak yang menjual di Indonesia. Namun, khasiat kacang hazelnut sangat banyak, diantaranya adalah:

Bantu Memperkuat Tulang

Image result for tulang yang kuat
liputan6.com

Kacang hazel memiliki sumber nutrisi dan mineral yang dikenal dengan mangan. Kandungan mangan inilah yang menjadikan kacang hazel disebut ampuh dalam meningkatkan kesehatan tulang, sekaligus mendukung penyerapan vitamin. Hanya dengan mengonsumsi satu ons kacang hazel diketahui dapat memenuhi hingga 87 persen asupan harian yang direkomendasikan bagi tubuh.

Baca Juga: Rawan Cedera, Ini 6 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Membantu Program Diet

Image result for diet
Sciencedaily.com

Khasiat kacang hazelnut dapat membantu kamu untuk melangsungkan program diet. Karena didalam kacang hazelnut mengandung 176 kalori dengan 3 gram serat dan 17 gram lemak dalam 1 ons hazelnut. Kamu bisa menjadikannya sebagai camilan saat waktu senggang.

Mampu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Image result for Mampu Meningkatkan Kesehatan Jantung
hellosehat.com

Menurut sebuah studi, mengonsumsi kacang disebut ampuh menjaga kesehatan jantung. Hal ini terjadi karena kacang hazel memiliki kandungan antioksidan dan lemak baik. Dua kandungan ini berperan untuk meningkatkan antioksidan dalam tubuh sekaligus bantu menurunkan kadat kolesterol dalam darah. Untuk merasakan manfaat kacang ini bagi kesehatan jantung, kamu perlu mengonsumsi 29 -69 gram kacang hazel setiap harinya.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Image result for Menurunkan Kadar Gula Darah
riauaktual.com

Dalam sebuah penelitian di tahun 2015 yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa pasien diabetes yang mengonsumsi hazelnut mengalami penurunan lipid (lemak) darah dibandingkan dengan nonpasien diabetes.

Hazelnut juga bagus dijadikan camilan untuk pasien diabetes karena sumber lemak di dalamnya merupakan lemak sehat sehingga tidak akan berkontribusi pada penambahan berat badan.

Tak hanya itu, khasiat kacang hazelnut yang lainnya yaitu terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan mangan serta magnesium yang tinggi juga terbukti dapat menurunkan risiko diabetes.

Mencegah Kanker

Image result for Mencegah Kanker
google.com

Kacang hazelnut juga sangat baik mencegah kanker atau memiliki sifat anti-karsinogenik karena memiliki alpha-tocopherol, yaitu varian vitamin E yang dikenal memiliki kekuatan untuk menurunkan risiko timbulnya kanker kandung kemih lebih dari 50%.

Baik untuk Otot dan Mencegah Kram Menstruasi

Image result for kram menstruasi
hellosehat.com

Jika kamu sering mengalami kram saat menstruasi atau mengalami kram otot saat olahraga, maka makan kacang hazelnut akan mengurangi potensi terjadinya kram. Ini karena hazelnut memiliki magnesium, vitamin E, kalsium dna berbagai nutrisi yang akan mengurangi kram otot.

Khasiat kacang hazelnut bisa kamu dapatkan dengan memasukkannya ke dalam menu camilan. Namun, hati-hati dalam mengonsumsi hazelnut jika kamu memiliki alergi kacang. Ada baiknya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu untuk memastikan riwayat alergi yang kamu miliki.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.