11 Kuliner Khas Solo yang Siap Menggoyang Lidahmu

resepmasakan.biz

Seruni.id – Kota Solo dikenal memiliki destinasi wisata yang beragam, tak heran banyak para wisatawan yang memilih kota tersebut sebagai tempat untuk berlibur. Keramahan masyarakatnya dan nuansa budaya yang kental membuat siapapun betah berada di kota batik ini. Selain itu, beragam kuliner khas Solo siap memenjakan lidah siapa saja. Tak hanya soal rasa, harga makanan khas Solo terbilang sangat murah. Penasaran apa saja penganan apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Nasi Liwet

lifestyle.okezone.com

Makanan khas Solo yang satu ini memiliki rputasinya sendiri. Nasi putih yang biasanya disajikan bersama dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan telur rebus ini ditaruh dalam pincuk daun pisang, akan membawa kamu ke dunia yang berbeda. Eitts, tapi bukan ke dunia lain, ya. Salah satu penyajian nasi liwet yang ikonik di kota Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Soal harga memang agak sedikit mahal dari nasi liwet biasanya. Namun, rasanya memiliki ciri khas sendiri.

2. Selat Soto

indonesia.go.id

Kuliner khas Solo yang paling populer adalah selat Solo. Makanan ini terbuat dari sayuran seperti wortel, kentang, buncis, dan selada yang dicampur dengan daging mirip dengan sajian steak. Ternyata selat Solo merupakan makanan yang dimodifikasi dari makanan Eropa, loh.

3. Brambang Asem

idntimes.com

Sajian ini terbuat dari ubi jalar yang direbus kemudian disajikan bersama beberapa lauk. Seperti namanya, dalam sajian ini terkandung bumbu brambang (bawang merah) dan asam jawa yang cukup kuat sehingga menciptakan rasa yang unik.

4. Sate Buntel

resepkoki.com

Sate buntel merupakan kuliner khas Solo yang terbuat dari daging kambing cincang atau cacah yang kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis dan kemudian dimasak dengan cara dibakar. Sate ini memiliki cita rasa yang khas, gurih dan begitu menggugah selera. Disajian bersama bumbu dan irisan bawang merah, sipa saja yang melihatnya pasti tak kuasa untuk menolak kelezatan sate buntel tersebut.

5. Timlo

google.com

Menyantap timlo di Solo adalah keharusan. Untuk mendapatkan kesan yang mendalam, materi soto di dalamnya harus kamu cicipi, seperti mie soun, suwiran ayam, potongan sosis Solo, wortel, dan irisan telur masak kecap. Tambahkan irisan hati ayam dan telur dadar sebagai pelengkap sebelum kemudian disiram kuah kaldu panas yang mennyegarkan. Dengan ditambah bawang goreng sebagai penambah rasa, timlo Solo akan memuaskan nafsu makanmu.

6. Tengkleng

sajiansedap.grid.id

Makanan yang satu ini juga merupakan kuliner khas Solo yang sayang jika dilewatkan. Tengkleng hampir mirip dengan gulai, namun bedanya tengkleng terbuat dari daging yang masih menempel pada tulang. Kuah tengkleng cenderung lebih cair namun cita rasanya begitu gurih.

7. Bubur Tumpang

diahdidi.com

Bubur tumpang juga menjadi salah satu makanan khas Solo yang wajib dicoba. Makanan ini memiliki cita rasa gurih pedas yang menggugah selera. Buatmu yang mulai bosan dengan bubur ayam namun ingin merasakan makanan yang memiliki rasa nyaris sama, bubur tumpang bisa jadi alternatif pilihan.

8. Lenjongan

indonesia.tripcanvas.co

Lenjongan merupakan kuliner khas Solo yang terdiri dari sejumlah camilan manis seperti tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil dan klepon. Rasanya yang manis membuat lenjongan lebih mudah diterima oleh banyak kalangan.

9. Es Dawet Telasih

pegipegi.com

Ingin mencicipi makanan khas Solo yang menyegarkan? Es dawet telasih bisa menjadi pilihan yang pas. Rasanya yang manis dan segar menjadikan es dawet telasih menjadi incaran siapa pun. Namun, untuk mendapatkan satu porsi es ini, kamu harus menunggu untuk waktu yang relatif tidak sebentar karena peminatnya yang begitu banyak.

10. Es Gempol Pleret

masakapaya.com

Es gempol pleret juga bisa menjadi alternatif yang pas bagi kamu pemburu makanan khas Solo yang dingin dan menyegarkan. Terbuat dari tepung beras, disajikan bersama cendol dawet, gempol pleret paling pas dinikmati dalam kondisi dingin. Rasanya yang manis, diwarnai aroma wangi daun pandan membuat sajian ini menjadi salah satu yang dicari saat udara panas dan dahaga menyerang.

11. Kupat Tahu

travelingyuk.com

Makanan khas Solo selanjutnya ada kupat tahu. Kupat tahu terbuat dari ketupat, irisan tahu, kacang tanah goreng dan beberapa bahan lain yang kemudian disiram dengan saus kecap atau saus kacang yang lezat.

Itulah beberapa kuliner khas Solo yang enak menggugah selera dan siap memanjakan lidah siapa saja. Tertarik untuk mencobanya?