10 Lagu Indonesia Tentang Kesehatan Mental, Dengerin Yuk!

  • Bagikan
10 Lagu Indonesia Tentang Kesehatan Mental, Dengerin Yuk!
bangka.sonora.id

Seruni.id – Lagu Indonesia kerap menjadi teman siapa saja. Alunan musiknya yang indah dengan lirik yang syarat akan makna, bisa menemani kita saat sedang suntuk atau sedang dalam perjalanan. Kini, banyak pula lagu Indonesia yang membahas mengenai kesehatan mental. Apalagi, kesehatan mental menjadi hal yang akhir-akhir ini sering dibahas. Berikut ini, Seruni telah merangkum deretan lagu Indonesia tentang kesehatan mental. Lagu ini bisa kamu dengarkan di kala kamu membutuhkan semangat dan motivasi.

 

1. Isyana Sararvati – Untuk Hati yang Terluka

Setiap lagu yang dibawakan oleh Isaya Sarasvati, tak pernah gagal menusuk ke hati. Apalagi lagi lagu yang berjudul ‘Untuk Hati yang Terluka’. Lagu tersebut menjadi sebuah pengingat, sekaligus pemberi semangat bagi orang-orang yang sedang menghadapi kegagalan. Seperti kata pepatah, “Bintang hanya bisa bersinar di gelapnya malam.”

Terkadang, kita perlu merasakan kegelapan agar bisa bersinar terang. Ingat ya, gagal bukan berarti mimpi-mimpimu telah usai. Namun, kegagalan akan menydarkanmu, bahwa kamu harus bangkit kembali, dan jangan terobsesi dengan mimpi lama yang dipaksakan.

 

2. Tulus – Diri

Lagu ‘Diri’ milik Tulus, di setiap liriknya syarat akan makna dan pesan moral. Terakadang, dalam mengejar cita-cita, sebagai manusia kita sering kali berupaya terlalu keras. Sampai kita lupa, bahwa kita sudah menyiksa diri sendiri.

Jadi, cobalah ucapkan terima kasih kepada diri sendiri. Sebab, dirimu telah berusaha sejauh ini. Tak ada hal yang lebih penting daripada diri sendiri, sehingga sudah seharusnya untuk berbaik hati pada diri.

 

3. Kunto Aji – Rehat

Sadarkah kamu, bahwa setiap hal yang terjadi di luar rencana, bukanlah salah kita? Namun, kadang kala, kita kerap menyalahkan diri atas apa yang terjadi. Lagu ‘Rehat’ milik Kunto Aji akan menyadarkan kita, bahwa semua telah ditentukan dan manusia hanya bisa berencana.

Usahakan tidak berhenti pada ketidaksesuaian rencana. Hilangan juga pikiran-pikiran yang tidak pasti. Tak perlu khawatirkan masa depan, jalanilah hari ini yang bisa menjadi penentu di masa depan.

 

4. Nadin Amizah – Beranjak Dewasa

Saat kecil, kita ingin segera dewasa. Namun, saat beranjak dewasa, kita sering ingin kembali ke masa kecil. Sebab, beranjak dewasa berarti kita harus melalui perjalanan yang berbeda dengan kondisi dan masalah yang berbeda.

Ketika kamu sedang merasakan hal tersebut, coba deh sesekali dengarkan lagu milik Nadin Amizah berjudul ‘Beranjak Dewasa’. Lagu yang dirilis tepat di usia Nadin ke-20 itu, menceritakan tentang proses pendewasaan.

Berada di tahapan hidup sebagai orang dewasa, rasanya terlalu cepat terjadi. Bertambahnya usia, berarti nikmat di dunia akan berkurang. Kematian akan semakin dekat. Lagu ini cocok sekali didengarkan sebagai pengingat kita akan hidup. Jadi, jangan menyesali proses pendewasaanmu, ya. Sekalipun berat sekali untuk diterima.

 

5. Adera – Catatan Kecil

Lagu Indonesia berujul ‘Catatan Kecil’ milik Adera ini, mengingatkan kita untuk bersyukur dengan apa yang kita miliki. Bersyukur adalah kunci agar kita tetap bahagia. Sebab, jika yang terjadi sebaliknya, tentu kita tidak akan merasakan kebahagiaan. Jangan heran kalau apa yang dilakukan sering terasa melelahkan.

Meski manusia selalu memiliki celah alias jauh dari kesempurnaan, perlu diingat juga bahwa kita tidak sendiri soal ketidaksempurnaan. Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan, setiap jiwa pasti pernah merasa sedih, dan itu dialami semua manusia di dunia ini.

 

6. Idgitaf – Semoga Sembuh

Pernah mendengarkan lagu ‘Semoga Sembuh’ yang dibawakan oleh Idgitaf? Salah satu lagu Indonesia ini, menggambarkan keadaan seseorang yang baru dipatahkan. Kehidupan setelah patah hati pun tidak akan pernah sama seperti semula. Terkadang, obat mujarab untuk mengatasinya adalah; waktu.

Namun, satu penyakit tidak hanya memiliki satu obat. Ada bermacam-macam obat yang akan memberikan kemajuan, meskipun sedikit. Inilah yang diharapkan setiap orang dalam proses pencarian obat. Di mana dan kapan saja obat itu akan datang, semoga kita segera sembuh.

 

7. Sisir Tanah – Pejalan

Lagu Indonesia dengan judul ‘Pejalan’ ini, menjadi lagu yang menjadi pengingat kita, bahwa sebagai manusia kita tidak pernah berhenti berjalan. Selalu ada petualangan dan perjalanan baru yang membawa kita ke tujuan yang sebenarnya.

Meski kita tidak pernah menghitung seberapa jauh kita melangkah. Namun, yang pasti adalah, bahwa kita akan terus berjalan hingga hidup berakhir. Karena berhenti hanyalah untuk orang yang mati.

 

8. Fiersa Besari – Pelukku untuk Pelikmu

Soundtrack dari film Imperfect ini, merupakan salah satu lagu Indonesia yang dibawakan oleh Fiersa Besari. Lagu ini, mengingatkan kita, bahwa manusia tidaklah sempurna. Ada saat di mana kita merasa tidak baik-baik saja, tapi itu adalah hal wajar. Tidak ada, biarlah terjadi apa adanya. Yakinlah pada diri sendiri, bahwa akan ada waktunya untuk bisa menikmati hidup tanpa rasa gundah.

 

9. The Overtunes – Hatimu Sama

Saat kamu kehilangan arah dan membutuhkan motivasi, cobalah dengarkan lagu Indonesia berjudul ‘Hatimu Sama’ dari The Overtunes. Pada intinya, di dalam lagu tersebut mengingatkan kita, bahwa kita harus terus berjalan dan jangan berhenti bermimpi, apapun yang terjadi.

Yakinlah bahwa hal-hal buruk pasti akan bisa dilalui. Sebab, kita pernah berada di fase itu sebelumnya dan berhasil melewatinya. Di saat lain, kita juga pasti bisa melakukannya.

 

10. Tulus – Manusia Kuat

Lagu ‘Manusia Kuat’ oleh Tulus menjadi lagu afirmasi untuk manusia yang sedang mengejar impian dan cita-citanya. Setiap lirik yang Tulus bangun seolah-olah mengingatkan bahwa tak seorangpun bisa menghentikan mimpi manusia-manusia kuat, yakni para pemimpi yang mau berjuang. Melalui lagu tersebut, Tulus juga seakan-akan ingin menyampaikan bahwa kita adalah manusia-manusia kuat, tak mudah menyerah terhadap segala rintangan yang ada.

Baca Juga: 

Itulah 10 lagu Indonesia tentang kesehatan mental yang bisa kamu dengarkan. Dari deretan lagu di atas, mana yang menjadi favoritmu?

  • Bagikan