Lengan Nyeri Setelah Vaksin Covid-19? Lakukan Gerakan ini Yuk!

Lengan Nyeri Setelah Vaksin Covid-19? Lakukan Gerakan ini Yuk!
aladokter.com

Seruni.id – Sebagian orang mungkin merasakan lengan nyeri setelah vaksin Covid-19. Rasa tersebut merupakan hal yang wajar dan respons alami tubuh terhadap suntikan jarum pada otot deltoid, serta bahan kimia di dalam jarum suntik.

Lengan Nyeri Setelah Vaksin Covid-19? Lakukan Gerakan ini Yuk!
pramborsfm.com

Umumnya, reaksi ini berlangsung kurang dari seminggu dan tidak perlu dikhawatirkan. Nah, jika kamu merasakan lengan nyeri setelah vaksin Covid-19, ada beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan untuk meringkankan rasa sakitnya, yakni sebagai berikut:

1. Shoulder Circle

Jika lengan nyeri setelah vaksin Covid-19, kamu bisa melakukan gerakan yang satu ini. Yakni berdiri tegak dan merentangkan tangan dengan lurus ke samping hingga setinggi bahu. Kemudian, hadapkan telapak tangan ke depan, lalu putar lenganmu perlahan membentuk lingkaran kecil ke belakang. Lakukan gerakan shoulder circle ini secara berulang secara bergantian dengan memutar ke arah depan.

2. Shoulder Press

Gerakan selanjutnya, yakni shoulder press, cara melakukannya juga tidaklah sulit. Kamu hanya perlu merentangkan lengan dengan lurus ke samping hingga setinggi bahu, dan telapan tangan menghadap depan. Setelah itu, tekuk siku hingga membentuk seperti tiang gawang lalu perlahan-lahan dorong lenganmu ke atas hingga siku lurus. Hentikan sejenak, lalu turunkan lengan dengan perlahan hingga kembali ke posisi tiang gawang.

3. Sideways Overhead Sweep

Untuk melakukan gerakan yang satu ini, kamu perlu membiarkan lengan menggantung di kedua sisi samping tubuhmu, dengan telapak tangan menghadap ke depan. Pastikan siku-siku dalam keadaan lurus dan perlahan sapukan lengan ke samping dan ke atas. Berhenti untuk sementara, kemudian turunkan lengan kembali ke sisi samping tubuh secara perlahan.

4. Forward Overhead Sweep

Apabila lengan nyeri setelah vaksin Covid-19, kamu bisa melakukan gerakan yang berikut ini. Gerakan yang beranama forward overhead sweep ini, hampir sama dengan gerakan sebelumnya dengan posisi awal menggantungkan lenganmu di kedua sisi tubuh dan dengan telapak tangan menghadap ke depan. Jika gerakan sebelumnya kamu menyapu lengan ke samping dan ke atas, gerakan ini memintamu untuk menyapukan lengan ke depan lalu ke atas. Ketika lengan sudah berada di atas, maka berhentilah sejenak. Kemudian turunkan perlahan-lahan hingga ke sisi samping tubuh.

5. Side to Front Reach

Pada gerakan ini, kamu juga harus merentangkan lengan ke samping tubuh dnegan lurus dan setinggi bahu, tapi telapak tangan harus menghadap ke bawah. Bawa kedua lenganmu ke depan hingga kedua ibu jari saling bersentuhan. Tahan posisi tersebut untuk sementara, lalu rapatkan bahu untuk merentangkan kembali lengan ke samping.

6. Wall Walk

Untuk melakukan gerakan wall walk ini, kamu harus berdiri sekitar satu langkah kaki dari dinding. Kemudian, letakkan telapak tanganmu pada ketinggian bahu dengan siku ditekuk. Geser atau jalankan tanganmu secara perlahan ke atas dinding hingga lengan terulur sepenuhnya. Berhenti sejenak, lalu balikkan gerakan secara perlahan untuk mengembalikan tanganmu setinggi bahu. Ulangi di sisi lain, jika diinginkan. Jika bahmu terasa sangat nyeri, kamu bisa meletakkan lengan lainnya di bawah siku untuk menopang.

Baca Juga: Efek Samping pada Tubuh Setelah Vaksinasi Covid-19

Itulah gerakan yang bisa kamu lakukan ketika lengan nyeri setelah vaksin Covid-19. Semoga setelah melakukan enam gerakan di atas, rasa nyeri segera hilang, ya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.