10 Manfaat Air Tebu untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya

  • Bagikan
10 Manfaat Air Tebu untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya
adira.co.id

Seruni.id – Air tebu adalah salah satu minuman yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Minuman dengan rasa manis dan menyegarkan ini, mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Terutama bagi ibu hamil. Meski memiliki segudang manfaat, tapi terdapat banyak mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi air tebu. Benarkah demikian?

10 Manfaat Air Tebu untuk Ibu Hamil dan Aturan Mengonsumsinya
lifestyle.okezone.com

Pada faktanya, air tebu adalah minuman penuh gula alami yang banyak mengandung vitamin baik untuk tubuh. Mengonsumsi air tebu, justru dianjurkan bagi ibu hamil. Sebab, di dalamnya mengandung zat besi serta vitamin C, A, B1, B2, B3, B5, hingga B6. Nah, berikut ini Seruni juga telah merangkum sejumlah manfaatnya untuk ibu hamil.

 

1. Dapat Mengatasi Sembelit

Sebagian besar wanita hamil kerap merasakan konstipasi alias sembelit. Tentu saja hal ini sangat menganggu. Namun, tidak perlu khawatir. Jus tebu akan membantu masalah tersebut. Ketika mengonsumsinya maka pencernaan akan lancar, selain itu tebu juga telah terbukti cukup baik dalam mencegah infeksi perut.

 

2. Memperkuat Sistem Kekebalan

Antioksidan yang terkandung di dalam tebu, memiliki peranan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi, flu, dan pilek selama kehamilan. Nutrisi tersebut, juga mampu mempertahankan kadar bilirubin dan melindungi organ hati. Daya tahan tubuh yang kuat, tidak hanya baik untuk ibu hamil, tapi juga menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Selain itu, kalsium yang terkandung dalam air tebu juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari kemungkinan serangan kanker ovarium dan kanker payudara pada ibu hamil.

 

3. Melawan Infeksi Saluran Kemih

Selama masa kehamilan, infeksi saluran kemih sering kali terjadi. Air tebu menjadi antioksidan alami dan sumber mineral yang baik untuk melawan ISK. Mengonsumsi air tebu juga bermanfaat untuk mengatasi kondisi lainnya, seperti batu ginjal dan penyakit kuning.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Janin

Air tebu diperkaya dengan protein yang baik bagi ibu dan janin. Minuman dengan sensasi menyegarkan ini, juga mengandung asam folat atau vitamin B9 yang dikenal dapat mengurangi risiko berkaitan dengan cacat lahir, termasuk spina bifida yang dapat menyebabkan kesulitan belajar, masalah usus, dan masalah motorik pada anak.

 

5. Meningkatkan Energi

Melakukan aktivitas sehari-hari, tentu menguras energi, apalagi jika dilakukan dalam kondisi hamil. Untuk mengembalikan energi yang hilang, cobalah mengonsumsi segelas air tebu. Kandungan sukrosa dalamnya dapat membantu meningkatkan energi, menghidrasi kembali tubuh, menghilangkan dahaga, dan mengisi kembali kadar gula yang hilang. Selain itu, kebutuhan ibu hamil akan kalori pada kehamilan pertama cukup banyak dan semakin tua usia kehamilan akan semakin meningkat. Sari tebu bisa menjadi solusi karena memberikan kalori yang cukup yaitu setiap 100 ml sari tebu mengandung 25 kkal.

 

6. Menyembuhkan Masalah Kulit

Jerawat sering kali menjadi masalah paling umum yang terjadi di masa kehamilan. Hal ini terjadi lantaran kadar estrogen yang meningkat. Maka untuk mengatasinya, konsumsilah satu gelas air tebu. Sebab, air tebu dikenal efektif mengobati jerawat. Tebu menjadi efektif untuk mengatasi jerawat berkat kandungan asam glikolat di dalamnya.

 

7. Membentuk Cairan Ketuban

Tahukah kamu? Ternyata, protein yang terkandung di dalam sari tebu, adalah salah satu partikel utama pembentukan cairan ketuban. Di mana, cairan tersebut sangat penting dalam melindungi janin.

 

8. Memperkuat Plasenta

Selain dapat membentuk cairan ketuban, mengonsumsi air tebu bagi ibu hamil, juga dapat memperkuat kondisi plasenta, loh. Hal ini diperoleh dari senyawa karbohidrat di dalamnya.

 

9. Mencegah Mual di Pagi Hari

Mual ketika hamil adalah hal yang wajar. Namun, hal ini tentunya sangat menganggu. Bukan hanya membuat tubuh lemas, tapi juga bisa membuat nafsu makan berkurang. Untuk mengurangi masalah ini, cobalah mengonsumsi air tebu yang diberi sedikit jahe. Dengan begitu, mual di pagi hari pun akan berkurang.

 

10. Mencegah Masalah Gigi dan Tulang

Kekhawatiran umum lainnya selama kehamilan adalah bau mulut dan kerusakan gigi. Namun, dengan mengonsumsi jus tebu secara teratur, masalah tersebut pun bisa kamu cegah. Karena air tebu mengandung magnesium dan kalsium dalam jumah yang baik. Selain itu, mengonsumsi sari tebu dengan kandungan kalsium di dalamnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi baik pada ibu hamil maupun janinnya. Khusus janin, kalsium berfungsi sebagai pembentuk tulang rawan.

 

Aturan dalam Mengonsumsi Air Tebu

Sebelum mengonsumsinya, ada beberapa aturan yang hari diperhatikan oleh ibu hamil. Di antaranya:

  • Pastikan jus tebu harus higienis. Untuk memastikan kebersihannya, kamu bisa membuat sendiri di rumah.
  • Sebelum mengonsumsi, pastikan kamu juga telah meminta saran dokter.
  • Jus tebu memang baik untuk ibu hamil. Namun, sangat tidak direkomendasikan bagi ibu hamil dengan kondisi diabetes. Sebab, kandungan gula di dalam tebu cukup tinggi.
  • Hindari mengonsumsi jus tebu secara berlebihan, karena dapat memicu sejumlah efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 5 Cara Konsumsi Kurma Muda untuk Program Hamil

Sekarang kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi air tebu yang manis dan menyegarkan itu. Sebab, memiliki banyak manfaat. Namun, jangan mengonsumsi secara berlebihan, ya.

  • Bagikan