Di Balik Rasa Asamnya, Ini 8 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Di Balik Rasa Asamnya, Ini 8 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan
balifactualnews.com

Seruni.id – Di balik rasa asamnya, ternyata manfaat belimbing wuluh sangatlah banyak. Terutama dari segi kesehatan. Di Indonesia sendiri buah yang memiliki nama latin Averrhoa bilimbi ini sangat populer, dan biasa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada kuliner.

Di Balik Rasa Asamnya, Ini 8 Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan
99.co

Belimbing wuluh yang merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara ini, tumbuh subur hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Pohon belimbing rata-rate memiliki tinggi hampir mencapai 5-10 menter. Dan bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tapi hampir dari seluruh bagian tanamannya dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh dan cara pengolahannya:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebenarnya ada banyak sekali obat tradisional yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya terdapat pada belimbing wuluh. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian, hasilnya belimbing wuluh memang dapat menurunkan tekanan darah cukup signifikan. Kendati demikian, sayangnya kesimpulan ini baru didapat dari laboratorium saja. Jadi, khasiat dari belimbing wuluh untuk masalah kesehatan yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Bermanfaat untuk Diet

Ternyata manfaat belimbing wuluh untuk diet benar-benar bisa kamu rasakan. Hal ini karena belimbing wuluh memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Serat tersebut nantinya akan membantu menjaga perutmu agar merasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, belimbing wuluh juga mampu mengurangi lemak dalam tubuhmu, loh. Jadi, konsumsilah secara rutin agar berat badanmu bisa turun lebih cepat. Jika tidak kuat dengan rasa asamnya, kamu bisa membuatnya menjadi jus belimbing wuluh, atau menambahkannya ke menu makanan harian.

3. Menyembuhkan Batuk

Sudah sejak lama, belimbing wuluh dimanfaatkan sebagai obat pereda batuk. Sifat antiinflamsinya mampu meredakan batuk yang disebabkan oleh virus atau kekebalan tubuh yang melemah. Tapi tenang saja, kandungan vitamin C yang terdapat pada belimbing wuluh dipercaya dapat mengembalikan kekebalan tubuh yang rusak serta mencegah virus dan bakteri datang kembali. Bukan hanya meredekan batuk, mengonsumsi belimbing wuluh juga terbukti melegakan pernapasan dan tenggorokan, loh. Cara mengonsumsinya mudah sekali, hanya perlu menyeduh 3-4 buah belimbing dengan air panas, dan minum selagi hangat.

4. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Seiring bertambahnya usia, gigi dan tulang akan semakin melemah. Namun, agar tulang dan gigi tidak mudah rapuh, tentunya kita harus mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi. Kalsium tidak hanya bisa didapatkan dari susu saja, tapi kamu juga bisa mendapatkannya dari belimbing wuluh. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan fosfor serta mineral.

5. Mencegah Diabetes

Sejumlah studi menyebutkan, bahwa mengonsumsi jus belimbing secara teratur dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Sehingga, hal ini akan memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu dalam mengobati diabetes tipe 2. Belimbing juga rendah dalam indeks glikemik. Jadi, ketika hendak mengonsuminya, kamu tak perlu lagi khawatir akan kadar gula darahmu. Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolahnya menjadi jus atau merebusnya dengan 1 gelas air dan diminum secara rutin.

6. Menjadikan Kulit Lebih Cerah

Selain untuk kesehatan, ada pula manfaat belimbing wuluh untuk wajah. Bagi kamu yang ingin mencerahkan kulit secara alami, kamu bisa menggunakan belimbing wuluh. Sebaiknya gunakan belimbing wuluh yang sudah dihaluskan sebagai masker atau scrub. Kemudian aplikasikan pada kulit wajah maupun tubuh, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Dan diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Manfaat ini bisa kamu peroleh berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

7. Mengobati Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan umumnya disebabkan karena adanya infeksi virus dari golongan paramyxovirus. Virus ini kemudian menyebar melalui droplet, yaitu percikan air liur dan lendir yang keluar dari mulut atau hidung penderitanya. Virus tersebut kemudian menetap dan berkembang biak, sehingga menyebabkan pembengkakan pada kelenjar parotis. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengobatinya secara alami, yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh. Kandungan pada batang dan daun belimbing wuluh, dipercaya dapat melawan virus gondok. Sebalum menggunakannya, pastikan kamu memilih balimbing yang masih muda, lalu haluskan daun dan batangnya bersama bawang putih sampai menjadi pasta. Kemudian kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada area gondongan.

8. Meredekan Nyeri

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri. Ini dikarenakan kandungan di dalamnya yang bersifat antiinflamasi dan analgesik. Cara menggunakannya, ambil beberapa helai daun belimbing yang masih muda, haluskan bersama sedikit air hingga menjadi pasta. Kemudian, oleskan pada bagian yang terasa nyeri. Agar hasilnay maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Baca Juga: 8 Manfaat Asam Jawa

Itulah delapan manfaat belimbing wuluh yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Namun, jika kamu bertanya, adakah efek samping belimbing wuluh? Jawabannya adalah tidak. Karena belimbing wuluh sangat aman dikonsumsi, baik untuk tambahan makanan atau dimakan secara langsung jika tahan dengan rasa asamnya.

Namun, meski demikian, hindarilah meminum jus belimbing wuluh dalam jumlah banyak. Karena kandungan jika kandungan asam oxalic masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak, maka akan menyebabkan keracunan, nefropati akut, bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.