Sejarah dan Filosofi di Balik Indahnya Bunga Mawar Merah

gambar bunga mawar
google.com

Seruni.id – Bunga mawar merah kerap diidentikan dengan lambang cinta. Dari sekian banyak bunga yang ada, mawar merah lah yang paling banyak digemari orang. Sebab, sejak dulu kala, bunga maar ini sudah banyak digunakan untuk segala macam keperluan.

gambar bunga mawar merah
Gambar Mawar Merah (parenting.orami.co.id)

Seperti yang disebutkan di atas, mawar merah digunakan sebagai sarana atau simbol untuk menyatakan kasih sayang atau hal lain yang berkaitan dengan romansa. Apakah karena hal tersebut, menjadikan bunga ini sebagai lambang romantisme dan percintaan? Mari kita temukan arti bunga mawar merah serta sejarah yang sesungguhnya berikut ini.

Sejarah Bunga Mawar Merah

Dalam lagenda Arab, semua bunga mawar merah hanya berwarna putih, hingga pada suatu malam, ketika burung bulbul bertemu mawar putih yang indah, ia langsung jatuh cinta. ada saat itu, burung bulbul tidak tahu bagaimana cara bernyanyi dengan merdu, burung itu hanya berteriak dengan suara parau dan berkicau seperti burung lainnya.

Tetapi sekarang burung bulbul memiliki cinta yang begitu kuat dan ia terinspirasi untuk menyanyi pada pertama kalinya. Akhirnya cinta burung ini terhadap mawar putih bertambah besar, sehingga ia ingin bersatu dengannya, ia pun menekan dirinya ke bunga mawar putih tersebut sehingga duri dari mawar menusuk hatinya dan mewarnai mawar putih menjadi merah selamanya.

Sedangkan dalam mitologi Yunani kuno, ketika Venus anak dari Cupid (dewa hasrat, cinta erotis, pemikat dan kasih sayang) disengat oleh lebah, ia tidak sengaja menembak panah ke arah kebun mawar. Tembakan panah tersebut diyakini yang menyebabkan duri tumbuh pada bunga mawar. Ketika Venus berjalan ke kebun mawar tersebut, kakinya tertusuk duri mawar, sehingga tetesan darahnya membuat bunga mawar berwarna merah.

Pada legenda lainnya yang tidak diketahui asalnya yang mirip dengan legenda dari Arab, suatu ketika terdapat burung yang jatuh cinta dengan mawar putih. Burung tersebut berusaha keras untuk mengungkapkan bahwa ia sangat mencintai mawar putih yang sangat indah itu. Namun mawar putih menjawabnya dengan perkataan yang menyakitkan bahwa ia tidak akan pernah mencintai burung tersebut. Lantas burung itu tidak pantang menyerah, ia memotong sayapnya sendiri dan menebarkan darah yang keluar dari sayapnya sebagai bukti pengorbanan cintanya kepada mawar putih.

Darahnya yang merah tersebut akhirnya mengubah mawar putih menjadi mawar merah. Setelah itu akhirnya mawar putih sadar bahwa betapa besarnya cinta burung kepadanya. Sebenarnya mawar putih juga mencintai burung tersebut, namun apa dikata, semuanya sudah terlambat, sang burung telah mati karena kehabisan darah. Mawar pun merasa sedih dan kecewa terhadap dirinya sendiri.

Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya

gambar bunga mawar dari berbagai jenis
Gambar Bunga Mawar dari Berbagai Jenis (ukmanlazuardi.over-blog.com)

Yang kita tahu, bunga mawar hanya memiliki warna merah saja. Namun ternyata, mawar terbagi dalam beberapa warna. Setiap warna yang dimiliki juga mengandung filosofi dan arti yang beragam. Lantas, apa saja makna di setiap warnannya? Berikut beberapa gambar bunga mawar merah yang sangat cantik beserta penjelasannya.

1. Mawar Merah
gambar bunga mawar merah
Gambar Bunga Mawar merah (cdn.elevenia.co.id)

Mawar merah, kerap menjadi warna yang paling populer ketika seseorang menyatakan cinta. Bunga mawar merah atau rosa Centifolia sendiri, kerap dijadikan alat untuk mewakiliki perasaan seseorang yang memberikannya, seolah ia mengatakan bahwa ia mencintaimu. Tak hanay itu saja, mawar merah juga identik dengan simbil penghormatan atau pengabdian. Pilihan warna yang tepat jika dia memberikan mawar merah sambil memujimu.

Dengan didominasi warna merah pada daun mahkotanya. Namun, di balik keindahannya, tangkai bunga mawar ini berduri tajam. Seakan-akan memberikan kesan bahwa hal yang indah dan menawan tidak dapat dengan mudah didapatkan. Karena perlu sedikit keberanian untuk memetiknya. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang mengibaratkan keberanian dan keindahan yang ada pada bunga mawar dalam hubungan manusia.

2. Mawar Kuning
gambar bunga mawar kuning
Gambar Bunga Mawar Kuning (suara.com)

Pada zaman kuno, bunga mawar kuning atau Rosa Foetida Perciana, digunakan untuk menyampaikan kebahagiaan, cahaya, persahabatan, dan awal yang baru. Di Eropa abad ke-18, pesan mawar kuning berubah menjadi sesuatu yang sedikit lebih ke sesuatu yang buruk. Kemudian pada abad ke-20 makna dari bunga mawar kuning kembali ke suatu yang menyenangkan. Pencampuran mawar kuning dengan warna lain juga membawa makna yang sama seperti mawar kuning tunggal.

Makna awal

Pada zaman kuno di Timur Tengah, arti asli yang terkait dengan mawar kuning adalah kehangatan, hidup, pengetahuan, dan sukacita, terutama karena mawar kuning mempunyai warna yang sama seperti sinar matahari. Selain itu, kelopak mawar kuning melambangkan kepolosan dan anak muda, serta hubungan, dan kepedulian. Namun, masyarakat Eropa pada abad ke 19 mengartikan kecemburuan dan patah hati dengan mawar kuning.

Abad ke-20 dan Seterusnya

Dimulai dari abad ke-20, mawar kuning dianggap simbol persahabatan, apresiasi, kesenangan, dan cinta. Mawar kuning juga menyampaikan suatu keinginan untuk memulai dari awal, dan menyarankan “welcome home” atau “Selamat datang kembali.” Konotasi kuno tentang kecemburuan atau putus cinta telah berubah menjadi arti kecemburuan dalam hal kepedulian dan keinginan untuk menyambung kembali.

Rangkaian atau Pertangkai

Karena mawar kuning tidak melambangkan cinta yang romantis, mereka sering dicampur dengan bunga-bunga lain untuk menambahkan pesan keceriaan dan kebahagiaan. Untuk menyampaikan kegembiraan dan sifat riang, bisa menggabungkan antara mawar kuning dan mawar merah. Untuk menyampaikan keinginan untuk berkomunikasi atau keharmonisan, bisa menggabungkan mawar kuning dengan mawar putih. Mawar kuning dan oranye menyampaikan suatu gairah. Untuk setangkai mawar kuning mengatakan, “Kamu membuat saya bahagia” atau “Aku ingin menjadi temanmu”.

3. Mawar Merah Muda
gambar bunga mawar merah muda
Gambar Bunga Mawar Merah Muda (pixabay.com)

Bunga mawar merah muda atau bisa kita sebut dengan warna pink ini, melambangkan cinta yang manis, kebahagiaan, dan keromantisan dengan penuh kelembutan. Mawar merah muda yang juga memiliki nama lain Rosa Felicia ini terbagi menjadi dua yaitu bunga mawar dark pink dan light pink. Keduanya memiliki makna yang berbeda. Mawar dark pink memiliki arti rasa syukur yang mendalam dan sebagai ucapan terima kasih kepada seseorang. Sedangkan, mawar light pink sendiri melambangkan rasa kagum, cinta yang sukacita, serta kelembutan. Pada umumnya, rangkaian bunga pink ini digunakan untuk mendekorasi acara pernikahan.

4. Mawar Putih
gambar bunga mawar putih
Gambar Bunga Mawar Putih (petelagi.com)

Sama seperti mawar merah yang diidentikan sebagai lambang cinta dan keromantisan, bunga mawar putih juga memiliki makna tersendiri. Bunga ini biasa dipakai sebagai simbol dalam melambangkan kesucian atau kemurnian, kepolosan, hingga rasa simpati. Lebih dari itu, di negara-negara Barat, mawar putih diibaratkan sebagai bunga melati yang tak jarang digunakan untuk prosesi pernikahan tradisional. Bunga ini dinilai mampu mewakili penyautan, keutamaan, kehormatan, dan kemurnian cinta. Selain cinta, bunga ini juga berkaitan dengan simbol penghormatan terakhir untuk sosok tercinta yang telah tiada. Agar lebih jelasnya, kamu bisa menyimaknya di bawah ini:

Simbol Cinta Sejati

White rose dipercaya merupakan lambang dari cinta sejati. Kemurnian dan kesuciannya dipercaya mampu memberikan gambaran perasaan cinta yang tulus dari seseorang kepada kekasih hatinya. Oleh karena itu, tak heran jika bunga mawar putih banyak kita jumpai pada resepsi pernikahan. Tak peduli di negara mana pun dan latar belakang budaya apa pun, minimal buket bunga mawar putih digunakan sebagai dekorasi. Terkadang, buket bunga tersebut juga dibawa oleh pengantin wanita di pesta-pesta pernikahan modern. Hal ini karena bunga mawar putih tak hanya cantik, tetapi juga melambangkan penyatuan dan kemurnian ikatan cinta dalam sebuah pernikahan.

Simbol Duka

Bukan hanya dijadikan sebagai simbol cinta saja, setangkai bunga mawar putih pun sudah mampu mewakliki perasaan yang sedang berduka. Sebagai contoh, bunga ini kerap dijumpai di tengah suasana berkabung dan saat prosesi pemakaman. Dalam hal ini, bunga mawar putih merupakan tanda penghormatan terakhir kepada seseorang yang meninggal dunia. Dan oleh karena itu pula, mawar putih dinilai mampu mewakili sesuatu yang berkaitan dengan spiritualitas.

Rasa Simpati

Ketika ingin menunjukan rasa simpatimu terhadap seseorang, kamu bisa memberikannya bunga mawar putih ini. Misalnya ketika ada bencana alam di suatu tempat, orang-orang di daerah lain berkumpul dan menggelar doa bersama selagi memegang bunga mawar putih. Contoh lain ialah untuk acara-acara peringatan terkait tragedi yang pernah terjadi di masa lalu. Pembantaian PKI terhadap para pahlawan revolusi, misalnya. Atau peringatan-peringatan lain, seperti Bom Bali, Kerusuhan Mei 1998, Gempa dan Tsunami Palu, dan masih banyak lagi.

Sebagai Simbol Pertemuan dan Perpisahan

Bunga ini dianggap melambangkan bahwa dalam setiap pertemuan akan selalu ada perpisahan. Kalau kamu pernah bertemu dengan seseorang yang sangat berharga dalam hidupmu kemudian harus berpisah, entah itu sahabat, kekasih, atau anggota keluarga, kamu bisa memberikan mawar putih sebagai bentuk cinta dan penghormatan bagi mereka.

5. Mawar Hijau
gambar bunga mawar hijau
Gambar Bunga Mawar Hijau (pertanianku.com)

Terdapat arti yang luas di balik warna hijau pada bunga mawar ini. Jika dilihat bedasarkan tampilan, mawar hijau memberikan kesan begitu lembut, menyegarkan, dan menenangkan. Hijau adalah warna dari kehidupan, pembaharuan dan pertumbuhan. Konotasi warna mawar hijau melalui maknanya adalah kesuburan, kesejahteraan, dan perdamaian. Dalam budaya populer, sebuket bunga mawar hijau digunakan untuk mengirim pesan seksual pada lawan jenis. Secara psikologis, mawar hijau memberikan rasa tenang, stabilitas, dan keseimbangan pada pikiran. Pada beberapa budaya, mawar hijau juga diperlakukan sebagai lambang keberuntungan.

6. Mawar Hitam
gambar bunga mawar hitam
Gambar Bunga Mawar Hitam (outerbloom.com)

Pada kenyataannya, bunga mawar hitam tidak ada, melainkan hanyalah fiksi belaka. Namun terkadang, mawar yang berwarna merah marun juga disebut sebagai mawar hitam. Bahkan, ada beberapa toko yang memang sengaja menyediakan mawar hitam ini, dengan cara menghitamkan mawar berwarna lain. Berikut ini terdapat beberapa makna yang terkandung di dalam bunga mawar hitam:

Kematian dan Berkabung

warna hitam kerap dikaitkan dengan sebuah kematian dan sisi gelap pada diri manusia. Arti konvensional yang melekat pada mawar hitam adalah kematian dan berkabung atas kepergian seseorang. Ada kalanya, bunga mawar hitam dikirimkan oleh seaeorang yang akan pergi dan orang tersebut sadar bahwa dia bisa saja tidak akan kembali lagi oleh karena ity mawar hitam dikirim sebagai lambang perpisahan

Kebangkitan

Mawar hitam sejatinya tak melulu bermakna negatif, ia juga bisa menjadi positif di waktu-waktu tertentu. Mawar hitam juga bisa menjadi lambang berakhirnya suatu era atau zaman yang artinya akan ada era baru dari suatu peristiwa yang akan muncul.

Tragedi Percintaan

Dalam hal percintaan, mawar hitam melambangkan cinta yang tragis. Oleh karna itu, bunga ini tidak diberikan pada orang yang dikasihi karna bunga ini melambangkan akhir dari sebuah hubungan.

Kesetiaan

Meski beberapa orang menilai bahwa mawar hitam melambangkan cinta yang tragis. Namun, beberapa orang lainnya justru menganggap, jikai mawar hitam adalah simbol dari kesetiaan. Sebab, warna hitam tidak akan berubah meski dicampur dengan warna apapun.

Dendam dan Kebencian

Mawar hitam memang lebih identik dengan makna negatif, oleh karenanya jika mawar ini diberikan pada seseorang yang dibenci itu artinya dendam.

Perlawanan dan Keberanian

Beberapa arti laimnya dari bunga mawar hitam adalah Perlawanan, keberanian dan kekuatan. Bangsa Irlandia adalah bangsa yang sejak dulu menggunakan mawar hitam sebagai lambang keberanian dan kegigihan mereka selama bertempur melawan Inggris.

Beberapa orang beranggapan bahwa mawar hitam adalah simbol dari segala sesuatu yang gelap dalam hidup seseorang seperti halnya kematian, penderitaan dan kebencian, sedang beberapa lainnya beranggapan bahwa mawar hitam dapat mewakili awal yang baru. Pada intinya, bunga mawar hitam sulit untuk dipahami karna bunga ini bisa memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Arti bunga mawar hitam sangatlah unik, ini juga tergantung pada niat si pengirim dan pemikiran si penerima bunga. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi anda untuk meninggalkan catatan yang berisikan alasan kenapa kamu mengirim bunga mawar hitam tersebut kepada si penerima agar tidak ada kesalah pahaman.

7. Mawar Biru
gambar bunga mawar biru
Gambar Bunga Mawar Biru

Sama halnya seperti mawar lainnya, mawar biru juga memiliki berbagai arti yang dapat mengungkapkan perasaan manusia, berikut beberapa artinya:

Misteri

Pada bunga mawar biru ini, tersimpan kesan bahwa ada sebuah misteri yang tak dapat dipecahkan. Jika kamu menerima setangkai mawar biru, bisa jadi kamu menjadi sebuah subjek yang membuat banyak orang kebingungan.

Kemustahilan

Mengapa kemustahilan? Sebab, bunga ini menyimbolkan sesuatu yang sangat sulit digapai bahakan tak bisa dicapai. Biasanya, bunga mawar biru ini kerap dipakai untuk mewakili sebuah mimpi yang tak mungkin menjadi nyata. Inilah sebabnya diartikan sebagai kemustahilan.

Spesial

Kamu bisa mengekspresikan rasa bahwa dia adalah orang spesial dengan menggunakan sekuntum mawar biru.

Cinta Pertama

Dengan bunga ini, kamu bisa mengekspresikan rasa cinta kamu yang baru saja muncul. Ketika kamu pertama kali jatuh hati kepada pasangan kamu, bunga ini bisa melambangkan perasaanmu. Warna biru muda sangat cocok mewakili perasaan seperti rasa cinta yang baru muncul kepada seseorang.

Kekhawatiran

Khawatir pada keadaan seseorang merupakan salah satu wujud sebuah perhatian. Khawatir juga bisa mewakili perasaan takut akan suatu hal yang akan terjadi nanti. Intinya perasaan khawatir ini dapat di interpretasikan secara negatif maupun positif, tergantung orang yang merasakannya. Bunga mawar biru dapat kamu berikan ketika sedang khawatir akan keadaan seseorang atau sebagai tanda bahwa kamu sedang takut menghadapi sesuatu yang tidak jelas.

8. Kombinasi Bunga Mawar Merah Putih
gambar bunga mawar kombinasi merah putih
Gambar Bunga Mawar Kombinasi Merah Putih

Dan warna terakhir ini, melambangkan sebuah cinta yang luar biasa. Jika kamu menerima bunga ini dari seseorang, maka bisa jadi si dia ingin kamu menjadi pendampingnya, dan orang yang selalu berada di sisinya. Kenyamanan, rasa bahagia, dan kecocokan kerap dirasakan ketika berdua.

Baca Juga: Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

Jadi, itulah sedikit ulasan mengenai sejarah bunga mawar merah, serta makna di balik keindahannya. Dari sekian bunga di atas, mana gambar bunga mawar yang paling indah yang kamu sukai? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.