Manfaat dan Efek Samping Terapi Ear Candle

  • Bagikan
Manfaat dan Efek Samping Terapi Ear Candle
gayahidup.republika.co.id

Seruni.id – Kebersihan tubuh, mulai dari kepala hingga kaki harus selalu terjaga. Termasuk masalah telinga. Nah, berbicara masalah kebersihan telinga, pernahkah kalian melakukan terapi ear candle? Apa yang kamu rasakan setelah melakukan terapi ini?

Manfaat dan Efek Samping Terapi Ear Candle
beauty.sociolla.com

Biasanya praktik ear candle sering digunakan di negara Asia, Eropa, hingga Amerika Utara. Sebenarnya apa sih manfaat terapi ear candle? Berikut ini Seruni akan mengulasnya mengenai manfaat dan efek samping terapi ear candle.

Apa sih Ear Candle itu?

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat terapi ear candle beserta efek sampingnya, kamu perlu tahu dulu nih apa itu ear candle. Seperti namanya, ear candle adalah metode untuk membersihkan telinga menggunakan lilin. Seperti yang sudah Seruni sebutkan di atas, bahwa pratik ini sudah banyak dimanfaatkan di berbagai negara, mulai di Asia, Eropa, dan Amerika Utara pada waktu yang berbeda dalam sejarah.

Saat ini, terapi ear candle sudah mulai menjamur di mana-mana. Bahkan, kita bisa melakukannya di klinik kecantikan, tempat spa, hingga salon. Meski demikian, metode membersihkan telingan dengan ear candle masih diragukan oleh para profesional. Sebab, ada bukti anekdot yang kuat untuk mendukung efek positif dari terapi ini dan dianggap sebagai praktik budaya, meditasi, dan penyembuhan yang penting.

Cara Kerja Ear Candle

Lalu, bagaimana sih cara kerja ear candle sehingga dapat bermanfaat untuk membersihkan telinga? Dalam terapi ear candle, lilin yang digunakan tidaklah sembarangan, ya. Melainkan menggunakan lilin berongga dengan bentuk kerucut. Lilin khusus ini berukuran 10 inci yang terbuat dari linen, serta dilapisi oleh parafin dan beeswax. Ear candle juga memiliki berbagai kandungan penting nih. Seperti rosemary, sage, madu, hingga minyak esensial.

Nah, pertanyaannya, apakah ketika melakukan terapi ini, telinga kita tidak panas? Jawabannya adalah tidak, karena pada umumnya terdapat piring dari kertas yang sudah dilubangi untuk memasukkan lilin. Cara ini juga mencegah cairan lilin panas menetes pada kulit wajah. Karena lilin tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam lubang telinga, maka kita diharuskan untuk tidur dengan posisi menyamping. Selanjutnya lilin akan dibakar pada ujung yang terluas selama 10-20 menit.

Apa Manfaat Terapi Ear Candle?

1. Mengatasi Tinnitus

Pernah merasakan telinga berdenging sepanjang hari? Hal ini sangat menganggu sekali. Belum banyak yang tahu, bahwa kondisi ini disebut sebagai tinnitus. Telinga yang berdenging sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan tertentu, seperti gangguan pada sistem sirkulasi tubuh, adanya cedera telinga hingga menurunkan fungsi pendengaran yang muncul seiring usia bertambah.

Umumnya, tinnitus bisa dialami oleh siapa saja, tidak hanya mereka yang sudah lanjut usia. Untuk menghilangkan denging pada telinga, ear candle dipercaya dapat mengatasinya, loh. Ear candle bekerja untuk membersihkan material yang menyumbat dan berada di dalam telinga.

2. Meminimalisir Masalah Pendengaran

Bagi kalian yang mengalami masalah pendengaran di usia muda, kalian harus tahu nih, bahwa kondisi ini sering kali terjadi karena adanya penyumbatan di saluran telinga. Jika merasakan hal ini, sebaiknya harus segera diatasi, karena jika tidak, maka kesehatan telinga akan semakin terganggu. Solusi mudah untuk mengatasi ini, kamu bisa melakukan terapi ear candle. Namun, kamu tidak bisa melakukannya sendirian, ya. Lebih baik mintalah bantuan kepada orang yang sudah profesional.

3. Mengurangi Penumpukan Kotoran Telinga

Kita tidak bisa menganggap kesehatan dan kebersihan telinga sebagai hal sepele, loh. Kita harus menjaganya agar selalu bersih. Namun, kebanyakan orang memanggap remeh hal ini, sehingga memicu penumpukan kotoran telinga. Kalau terlalu lama membiarkannya, penumpukan kotoran dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Jika khawatir membersihkan telinga dengan cutton bud akan mendorong kotoran untuk masuk lebih dalam. Kamu bisa melakukan cara lain, loh. Yakni dengan melakukan terapi ear candle. Banyak yang mempercayai, bahwa metode ini dapat mengurangi penumpukan kotoran yang ada di telingamu, loh.

4. Memperlambat Frekuensi Infeksi Telinga

Infeksi telinga sering kali menjadi pemicu gangguan pendengaran sementara atau reversibel. Apabila membiarkannya begitu saja, infeksi akan memblokir suara yang masuk melalui telinga. Kalau sudah mengalami masalah ini dalam jangka waktu lama, kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara pengobatan.

Mulai dari memberikan kain hangat di tengila yang terinfeksi hingga meredakan rasa nyeri dan demam menggunakan obat yang telah dokter berikan. Selain cara tersebut, kamu juga dapat melakukan terapi ear candlu untuk membantu memperlambat frekunsi infeksi telinga.

5. Meredakan Stres

Aktivitas yang padat, tak jarang bisa menimbulkan stres, loh. Kondisi stres yang terjadi secara terus menerus, tanpa kita sadari dapat memicu kesehatan mental. Untuk meredakannya, kamu dapat memanfaatkan ear candle, karena lilin terapi tersebut memiliki aroma khas seperti aroma terapi yang dapat menenangkan saraf-saraf, relaksasi, dan menurunkan tingkat stres.

Efek Samping Ear Candle

Meski memiliki banyak manfaat, terapi ear candle juga memiliki efek samping yang serius, loh. Bahkan, Food and Drug Administration (FDA) Amerika memperingatkan, bahwa terapi ear candle kurang aman. Sebab, di samping manfaat yang terbukti, terapi tersebut juga dapat menyebabkan penumpukan kotoran telinga yang lebih buruk.

Dalam sebuah studi tahun 2016, seorang pria berusia 16 tahun melakukan terapi ear candle untuk mengatasi alerginya. Alilh-alih ingin alerginya hilang, kemampuan mendengarnya justru berkukrang. Dokter pun mengeluarkan puing-puing sisa pembakaran lilin pada gendang telinganya. Menurut ahli, terdapat berbagai risiko terapi ear candle yang bisa terjadi, di antaranya:

  • Terbakarnya saluran telinga, telinga tengah, gendang telinga, leher atau wajah
  • Menghalangi dan menyakiti gendang telinga
  • Cedera telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Mengembangkan otitis ekstra (infeksi telinga luar)
  • Menyebabkan kerusakan telinga tengah
  • Perdarahan telinga

Adakah Alternatif Lain?

Menurut pengalaman beberapa orang yang pernah melakukan terapi ear candle, cara tersebut tidaklah nyaman. Sehingga bagi kalian yang masih ragu, bisa mencari alternatif lain untuk mendapatkan manfaat serupa seperti melembutkan, melembapkan, dan meningkatkan asupan omega-3.

Cara paling mudah adalah dengan mandi air hangat, metode ini sangat bermanfaat untuk melembutkan kotoran telinga, sehingga kamu bisa membersihkannya dengan mudah. Selain itu, dengan mandi air hangat, juga bisa membantu melonggarkan kotoran pada telinga.

Baca Juga: Ini 7 Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Itulah manfaat serta efek samping yang bisa terjadi ketika melakukan terapi ear candle. Jadi, apakah kamu berniat untuk mencobanya?

  • Bagikan
seruni.id