10 Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan

Seruni.id – Daun jeruk purut dikenal sebagai salah satu penyedap makanan atau bumbu dapur. Namun, ternyata manfaat daun jeruk purut tidak hanya untuk masakan saja, loh. Tetapi, dipercaya mujarab untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

10 Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan

Untuk merasakan manfaat daun jeruk purut, ada berbagai cara pengaplikasian yang berbeda-beda tergantung kebutuhan. Mulai dari direbus dan mencampurkannya dengan bahan masakan lain atau hanya dengan air panas untuk relaksasi. Lantas, apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Menghindari Masalah Kesehatan pada Mulut dan Gigi

Sariawan, gusi bengkak, bau mulut, hingga gigi berlubang adalah beberapa masalah kesehatan mulut yang kerap terjadi. Jika memiliki gangguan kesehatan pada mulut dan gigi, tentunya akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan.

Sedangkan campuran daun jeruk purut dan jambu biji, maka bisa menyegarkan mulut dan membersihkan gigi maupun gusi dari sisa makanan yang tertinggal. Kedua bahan tersebut mampu menghilangkan aroma tak sedap karena efek antihalitosis yang berasal dari aroma minyak atsiri.

2. Dapat Mencegah Bakteri

Manfaat daun jeruk purut berikutnya dapat mencegah bakteri. Hal ini karena kandungan daun jeruk purut yang memiliki anti-bakteri terhadap Staphylococcus aureus yang merupakan potagen pada kulit. Sehingga ekstrak jeruk purut dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada luka untuk memudahkan proses penyembuhan.

Kamu bisa memanfaatkan daun jeruk purut sebagai antiseptik topikal yang efektif. Adanya anti-bakteri dan bau yang harum juga menjadi salah satu alasan mengapa minyak daun jeruk purut terdapat pada deodorant.

3. Mengatasi Stres

Kamu sering mengalami stres karena pekerjaan yang menumpuk dan hal lainnya? Biasanya apa yang kamu lakukan untuk meredakannya? Ternyata, daun jeruk purut sangat bermanfaat untuk meredakan stres yang kamu alami, loh. Hal ini karena aromanya yang begitu harum dan kuat.

Dengan menghirup aroma minyak jeruk purut daat membuat tubuh dan pikiranmu membaik. Kamu bisa menggunakannya sebagai aromaterapi untuk mengurangi stress, rasa cemas, dan kelelahan akibat penyakit. Uniknya, hanya dengan memelihara tanaman jeruk purut sudah cukup untuk merasakan manfaat tersebut.

4. Mengobati Flu

Flu adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang. Jika kamu terserang penyakit ini, jangan langsung mengonsumsi obat generik. Harus kamu tahu, bahwa daun jeruk purut ternyata bisa menjadi salah satu obat alami dalam menyembuhkan flu.

Daun jeruk purut dapat memproduksi plasma darah putih sebagai imun tubuh alami yang bisa menangkal virus influenza. Untuk membuatnya sangat mudah sekali. Cukup menyediakan beberapa lembar daun jeruk purut lalu merebusnya. Kalau kamu suka manis, kamu bisa menambahkan madu ke dalamnya.

5. Melawan Bakteri E. Coli dalam Sistem Pencernaan

Dalam tubuh manusia terdapat cukup banyak bakteri, mulai dari rambut, kulit, hingga usus. Bahkan, sepertiga dari bakteri tersebut merupakan yang paling umum dijumpai pada semua orang. Sedangkan, dua pertiganya yang spesifik hanya ada pada orang tertentu saja.

E.Coli adalah salah satu jenis bakteri yang kerap membuat gangguan pada saluran pencernaan, untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan daun jeruk purut. Selain itu, daun jeruk perut juga bisa mengatasi sembelit, sehingga usus bisa kembali bersih.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Imunitas memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, maka dari itu kita harus menjaganya sebaik mungkin. Salah satu caranya yatu dengan menerapkan pola hidup sehat dengan memanfaatka daun jeruk purut. Jeruk purut hadir dengan paket yang kompleks, karena sangat bermanfaat sebagai alternatif dalam meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

7. Mencegah Kanker

Siapa sangka manfaat daun jeruk purut ternyata juga mampu dalam mencegah salah satu penyakit yang mematikan. Dengan mengonsumsi daun jeruk purut secara rutin, mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

8. Sebagai Aromaterapi yang Menenangkan

Banyak dari kita yang mungkin sudah mengenal aromaterapi. Umumnya aromaterapi menggunakan minyak atsiri atau essential oil yang memiliki aroma tumbuhan, bunga, pun rempah-rempah yang menenangkan.

Nah, salah satu cara yang efektif untuk meredakan stres adalah dengan menghirup aromaterapi daun jeruk purut. Penggunaan daun jeruk purut sebagai aromaterapi pun akan mengeluarkan aroma relaksasi yang menenangkan dan menghilangkan rasa cemas berlebih.

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Jeruk purut dan ekstrak jeruk lainnya kerap ditemukan dalam campuran sampo dan produk perawatan rambut lainnya. Hal ini karena minyak pada jenis jeruk tersebut sangat efektif membersihkan kotoran dan minyak pada rambut. Selain memiliki manfaat untuk melindungi, jeruk purut juga dapat dijadikan sebagai anti-bakteri untuk mencegah ketombe dan kutu.

10. Mengatasi Masalah Kesehatan Kulit

Ada berbagai macam masalah kulit yang sangat menganggu penampilan. Terutama pada bagian wajah. Kotoran dan partikel bebas yang menempel pada kulit wajah bisa mengakibatkan jerawat maupun peradangan kulit.

Namun, kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Sebab, daun jeruk purut dapat kamu manfaatkan sebagai cara untuk mengatasi masalah kulit. Sifat antibakteri yang dimiliki jeruk purut mampu untuk meredakan jerawat dan radang kulit lainnya.

Baca Juga: 11 Rahasia Teh Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh, Ramuan Sederhana yang Penuh Khasiat

Dengan mengetahui 10 manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan, kamu pun dapat memanfaatkannya sebagai alternatif obat alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.