10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

  • Bagikan
10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan
klikdokter.com

Seruni.id – Selain dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan, manfaat daun pandan untuk kesehatan sangat luar biasa, loh. Yuk cari tahu apa saja manfaatnya berikut ini.

10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan
dream.co.id

Para penggemar kuliner pasti sudah tidak asing lagi dengan daun pandan. Sebab, daun dengan aroma khas ini sering kali dijadikan sebagai bahan masakan dan minuman. Ternyata, selain untuk menambah rasa dan aroma masakan, juga menyimpan berbagai manfaat, salah satunya untuk kesehatan. Mulai dari mengurangi rasa nyeri hingga mencegah stres. Jadi penasarakan apa saja sih manfaat daun pandan untuk kesehatan? Langsung intip aja yuk!

1. Mengatasi Insomnia

Buat kamu yang kerap mengalami kesulitan tidur, sepertinya kamu harus memanfaatkan daun pandan untuk mengatasi masalahmu itu. Untuk merasakan manfaat daun pandan untuk kesehatan ini, kamu perlu merebusnya terlebih dahulu bersama dengan jahe. Ketika kamu mengonsumsinya, dijamin masalah insomnia akan teratasi, hal ini karena daun pandan mengandung alkoloid yang membuat tubuh terasa lebih rileks.

2. Mengatasi Darah Tinggi

Masalah darah tinggi sudah sangat umum dirasakan oleh masyarakat di Indonesia. Agar tidak memicu penyakit kronis, penderita darah tinggi harus segera mendapatkan penanganan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan daun pandan. Kamu cukup merebus 3 gram daun pandan dengan 2-3 gelas air hingga mendidih dan menyisihkan air setengahnya. Kemudian ramuan tersebut bisa kamu minum dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

3. Dapat Meredakan Demam

Sudah sejak lama, daun pandan dipercaya dapat meredakan demam. Ramuan tradisional dengan aromanya yang khas, sangat efektif membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik dan bisa melegakan tenggorokan. Maka dari itu, ketika tubuh terasa demam disertai gejala flu, sebaiknya konsumsilah ekstrak daun pandan yang sudah dicampur dengan air jahe. Setelahnya dijamin demam akan berangsur-angsur hilang.

4. Meningkatkan Kesehatan Mulu

Mulut yang sehat dan segar akan memberikan kenyamanan pada diri sendiri dan membuat kita menjadi lebih percaya diri. Menggosok gigi sehari dua kali saja sepertinya kurang cukup untuk membuat mulut menjadi lebih segar. Salah satu cara untuk mendapatkan kesegaran tersebut adalah dengan memanfaatkan daun pandan. Mengunyah daun pandan dipercaya dapat menyegarkan napas. Sebab, padan memiliki aroma yang begitu wangi. Bahkan, sejumlah tempat praktik pengobatan di wilayah Asia memanfaatkan pandan untuk mengobati gusi berdarah.

5. Menormalkan Tekanan Darah

Manfaat daun pandan untuk kesehatan berikutnya yakni dapat membantu menormalkan tekanan darah. Sebagaimana yang kita ketahui, tekanan darah tinggi menjadi pemicu berbagai macam penyakit berbahaya, mulai dari stroke, gagal jantung, dan penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengontrol darahmu sejak dini dengan daun pandan.

6. Mengurangi Gejala Asam Urat

Asam urat tidak hanya dialami oleh orang yang sudah berumur saja, tapi tak sedikit pula anak muda yang sering merasakannya. Memeriksakan diri ke dokter memang menjadi solusi yang tepat. Namun, tak ada salahnya kan untuk mencoba pengobatan alami? Diketahui, daun pandan juga bermanfaat untuk mengatasi dan mengurangi gejala asam urat, loh. Hal ini karena daun pandan mengandung minyak esensial dan tanin yang membantu meredakan inflamasi. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni meminum rebusan daun pandan atau menjadikannya sebagai obat topikal alias mengoleskannya pada bagian yang sakit. Dari kedua cara tersebut, kamu bisa memilih salah satunya, ya.

7. Mencegah Stres

Stres sering kali membuat pikiran menjadi kacau, tidak fokus ketika beraktivitas, juga menjadi pemicu berbagai macam penyakit. Selain menenangkan diri dan mencari hiburan, salah satu cara untuk mengatasi stres adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan yang dicampurkan dengan madu. Daun pandan memiliki sifat sebagai penenang, sehingga mampu mengurangi rasa cemas dan stres berlebihan.

8. Mengatasi Diare

Diare bikin kamu gak nyaman? Segera atasi dengan mengonsumsi rebusan daun pandan, yuk. Manfaat daun pandan untuk kesehatan yang satu ini terjadi karena daun pandan memiliki efek anti-bakteri dan anti-mikroba yang dapat membantu membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus. Jadi, cocok banget nih dikonsumsi jika perut terasa tidak nyaman karena diare.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang mengerikan, karena penyakit ini sangat mematikan. Maka dari itu, kita harus melakukan segala upaya pencegahan sedini mungkin. Mulai dari menjalankan pola hidup sehat, olahraga, dan rutin mengonsumsi air rebusan daun pandan. Daun dengan aroma sedap ini memiliki efek sitotoksik, anti-miotik, anti-prolireratif, dan apoptosis yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

10. Mengurangi Nyeri Arthritis

Masalah arthritis memengaruhi jutaan orang di dunia dan ditandai dengan rasa nyeri atau kekakuan sendi. Dalam pengobatan Ayurveda, minyak kelapa yang diresapi dengan daun pandan dioleskan untuk meredakan nyeri radang sendi. Efenya diperkirakan berasal dari minyak yang ditemukuan pada daunnya, yang mungkin memiliki efek anti-inflamasi. Namun sayangnya, penelitian ini masih terbatas pada tikus. Sehingga masih membutuhkan studi lebih lanjut.

Baca Juga: Luar Biasa, Ini Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

Itulah manfaat daun pandan untuk kesehatan yang sering kali diabaikan. Mulai sekarang, konsumsi ekstrak daun padan secara rutin, yuk. Agar tubuh dan pikiran selalu sehat. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan
seruni.id