10 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

  • Bagikan
10 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan
idntimes.com

Seruni.id – Manfaat daun suji ternyata bukan hanya sekadar pewarna alami untuk makanan saja, tapi lebih dari itu. Untuk tahu lebih lengkap, berikut Seruni akan mengulasnya.

10 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan
kompas.com

Daun suji merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik. Sehingga, daun tersebut sering kali dimanfaatkan sebagai pewarna hijau alami pada makanan. Selain kaya akan klorofil, manfaat daun suji juga beragam, terlebih untuk kesehatan. Sebab, di dalamnya mengandung senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa bioaktif yang terkandung pada daun suji antara lain alkaloid, flavonoid, tannin, terpenoid, saponon, polifenol, dan glikosida. Berdasarkan kandungan di atas, berikut beberapa manfaat daun suji yang bisa kamu rasakan:

 

1. Mengobati Beri-beri dan Disentri

Jika kamu mengalami penyakit beri-beri atau disentri, daun suji bisa dimanfaatkan sebagai peredanya, loh. Caranya dengan mengumpulkan daun suji yang masih segar dan telah dicuci bersih, kemudian rebus daun tersebut. Ketika mendidih hingga 1/2 matang, kamu langsung bisa menyaring airnya. Dengan mengonsumsi air rebusan tersebut sehari sekali, akan dapat menggurangi efek beri-beri dan disentri.

 

2. Meringankan Gejala PMS

Menjelang datang bulan, wanita sering kali merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian perutnya. Ketika merasakan hal tersebut, cobalah untuk membuktikan manfaat daun suji yang diklaim dapat meredekan gejala tersebut. Sama seperti sebelumnya, untuk memanfaatkanya kamu hanya perlu minum air rebusannya setidaknya satu gelas sehari.

 

3. Terapi Batuk Berlendir dan Berdarah

Batuk berlendir dan berdarah adalah kondisi yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, harus segera ditangani oleh dokter. Namun, tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan manfaat daun suji. Bagaimana caranya? Cukup siapkan 20 lembar daun suji, setelah itu rebus, dan ambil sarinya dengan cara diperas terlebih dahulu kemudian minumlah dua kali sehari selama pagi dan sore.

 

4. Mengatasi Masalah Pernapasan

Sebagai obat tradisional, daun suji kerap dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pernapasan, terutama batuk. Selain itu, air perasan ini juga dipercaya dapat menyehatkan paru-paru, terutama pada penderita asma dan pasien yang mengalami sesak napas, bahkan penyakit tuberkulosis (TBC).

 

5. Obat Sakit Gigi

Sering sakit gigi? Yuk coba rasakan manfaat daun suji yang satu ini. Rebusan daun suji yag dijadikan sebagai obat kumur, dapat mengobati sakit gigi yang biasanya disebebkan oleh beberapa faktor. Mulai dari gigi berlubang, gigi keropos, atau infeksi bakteri dalam mulut. Cara membuatnya, cukup menghaluskan beberapa lembar daun suji, kemudian campurkan dengan air secukupnya. Untuk merasakan manfaat daun suji tersebut, gunakanlah ramuan tersebut minimal 3 kali dalam sehari, maka rasa sakit pada gigi pun akan mereda.

 

6. Menambah Berat Badan

Untuk kamu yang memiliki nafsu makan rendah, wajib banget mencoba ramuan dari daun suji ini nih. Ternyata manfaat daun suji dapat membuat nafsu makanmu meningkat, sehingga berat badanmu pun akan bertambah dengan cara yang lebih sehat. Cara memanfaatkannya, kamu cukup memasukkan campuran sari daun suji ke dalam makananmu. Meski dapat menambah berat badan, tapi kamu tetap perlu berolahraga dan bisa perlu lakukanlah konsultasi pada dokter terkait cara menaikkan berat badan dengan tepat.

 

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun suji juga bisa kamu rasakan untuk kecantikan, loh. Salah satunya dapat memberikan kelembapan dan mengontrol kadar minyak pada kulit wajah. Hal ini karena adanya kandungan polifenol dan flavonoid di dalamnya. Cara pemanfaatannya, bisa kamu jadikan sebagai masker atau lulur dengan menghaluskan daun suji hingga menjadi bubuk. Setelah itu, barulah oleskan pada wajah atau bagian kulit lainnya untuk menjaga dan mengembalikan kesehatan kulit akibat terlalu sering terpapar sinar UV.

 

8. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan flovanoid yang terkandung di dalam daun suji, memiliki peran penting dalam mendukung kerja sel-sel imun di dalam tubuh untuk melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat. Dengan memiliki imunitas tubuh yang baik, maka tubuh pun akan terlindungi dari berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker.

 

9. Mencegah Penuaan Dini

Para wanita tentunya sangat menghindari penuaan dini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan merawat kulit secara rutin. Nah, ada cara alami yang bisa kamu lakukan nih, yakni memanfaatkan daun suji untuk mencegah kerusakan pada kulit, sehingga menjauhkan dari kusam dan terlihat segar. Hal ini karena adanya kandungan polifenol di dalamnya.

 

10. Menyuburkan Rambut

Punya masalah dengan rambut, seperti kerontokan? Maka kamu bisa mencoba manfaat daun suji yang dapat menyuburkan rambut sekaligus menyehatkannya nih. Kamu cukup merebus beberapa lembar daun suji, lalu rebus, dan ambil perasan airnya. Kemudian jadikan air tersebut untuk keramas.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Ternyata manfaat daun suji untuk kesehatan sangat banyak, ya? Meski demikian, kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Jangan lupa ceritakan terkait pilihan obat herbal yang akan kamu gunakan agar lebih aman. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id