8 Manfaat Donor Darah untuk Tubuh

8 Manfaat Donor Darah untuk Tubuh
google.com

Seruni.id – Untuk beberapa kasus, tranfusi darah adalah hal yang penting dilakukan demi menyambung hidup seseorang. Darah tersebut, biasanya diperoleh dari donatur yang secara suka rela mendonasikan darah mereka. Mungkin bagi sebagian orang donor darah adalah hal yang mengerikan, sehingga masih banyak yang belum berani melakukannya.

8 Manfaat Donor Darah untuk Tubuh
google.com

Padahal, manfaat donor darah tidak hanya berguna untuk pasien saja, namun pendonor juga akan mendapatkan manfaat yang tak kalah luar biasa. Daripada makin penasaran, berikut ini 8 manfaat melakukan donor darah. Silahkan disimak baik-baik.

Manfaat Donor Darah

1. Memperpanjang Usia

Harapan manusia yang hidup di muka bumi ini, tak lain ingin diberikan usia yang panjang. Menurut penelitian, berbuat baik bisa membuat seseorang hidup lebih lama. Konon, usia orang yang suka menolong orang lain, dan tidak egois, akan bertambah empat tahun lebih lama. Termasuk, melakukan donor darah. Percaya atau tidak, semua menjadi rahasia sang Illahi.

2. Membuat Pikiran Jauh Lebih Stabil

Apakah kamu tahu manfaat donor darah secara rutin dapat membantumu menjaga agar pikiran lebih stabil? Menurut faktanya, dengan mendonorkan darah, dapat membuatmu merasa lebih bahagia dari sebelumnya. Bahagia karena dapat menolong sesama. Ternyata ini juga dapat meningkatkan kesehatan secara psikologis, loh.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan, jika seseorang rutin melakukan donor darah, maka memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak melakukannya. Selain itu, juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat di dalam tubuh. Sebab, zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut lama-kelamaan bisa menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Hingga saat ini, kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan. Hal ini biasanya dikarenakan tingginya zat besi yang ada di dalam tubuh. Namun, dengan rutin melakukan donor darah, membuat jumlah zat besi lebih stabil, maka dapat juga menurukan risiko terkena kanker.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apakah kamu adalah salah satu orang yang sulit untuk menurunkan berat badan? Perlu kamu ketahui, ternyata dengan melakukan donor darah, dapat membantu menurunkan berat badanmu, loh. Ketika mendonasikan darah sekitar 450 ml, maka akan terjadi proses pembakaran sebanyak 650 kalori. Apalagi, jika kamu rutin melakukannya, maka bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan tubuh yang ideal.

6. Membantu Deteksi Penyakit

Darah yang didonorkan akan dipastikan keamanannya melalui prosedur pemeriksaan yang telah ditetapkan. Maka dari itu, seseorang yang terdeteksi mengidap penyakit seriues, seperti hepatitis B, hepatitis C, malaira, dan HIV/Aid, tidak diperkenankan untuk melakukan donor darah, karna bisa ditularkan melalui darah.

7. Menjadi Lansia yang Sehat

Banyak orang tua yang memiliki kesehatan cukup baik dan prima di usianya yang tak muda lagi. Ini disebabkan karena mereka senantiasa menyumbangkan darahnya sejak muda sampai mereka tua.

8. Menurunkan Kolesterol

Manfaat donor darah yang terakhir adalah dapat menurunkan kolesterol, sehingga dapat membantumu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan melakukan donor darah, kolesterol yang ada di dalam darah secara tidak langsung akan berkurang bersamaan dengan keluarnya darah yang lama.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Mendonorkan Darah?

• Ketika hendak melakukan donor darah, kita tidak bisa langsung donor begitu saja. Tapi, memerlukan berbagai persiapan agar prosesnya berjalan lancar. Berikut yang harus dilakuakn sebelum mendonorkan darah:

• Sebelum mendonorkan darah, sebaiknya minumlah banyak air mineral, terutama jika cuacanya sedang panas. Sebab, ketika donor darah, volume darah akan semakin menurun.

• Mengonsumsi makanan asin, setidaknya 12 jam sebelum mendonorkan darah, karena setelah darahmu diambil, kamu akan kehilangan kurang lebih 3 gram garam dari tubuh.

• Jangan lupa, cukupkan pula kebutuhan zat besi harianmu, agar tidak mengalami kekurangan zat besi. Kamu bisa mendapatkan sumber zat besi dari daging sapi, ikan, brokoli, asparagus, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

• Pastikan kamu telah mendapatkan tidur yang cukup

• Beri tahu semua jenis obat-obatan yang sedang kamu konsumsi (baik itu obat dengan resep, tanpa resep, vitamin, atau herbal) sebelum mendonorkan darah.

• Makan yang cukup 3-4 jam sebelum donor untuk menghindarkan kamu dari rasa lemas, pusing, atau keleyengan setelah donor darah.

• 3 jam sebelum mendonorkan darah, kamu juga disarankan untuk minum banyak air atau jus buah.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Sakit Kanker Darah

Nah, setelah mengetahui apa saja persiapannya, dan manfaat donor darah, apakah kamu sudah berani melakukannya? Namun sebelumnya, selalu konsultasikan ke dokter atau penyedia layanan seblum kamu memutuskan untuk donor darah, ya. Hal ini penting sekali dilakukan, agar kamu bisa merasakan manfaat donor darha yang lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.