6 Manfaat Me Time untuk Kesehatan

  • Bagikan
6 Manfaat Me Time untuk Kesehatan
halodoc.com

Seruni.id – Apa saja sih manfaat me time untuk kesehatan mental seseorang? Manfaatnya sangat banyak, bahkan akan membuatmu tak menyangka. Berikut ini Seruni juga telah merangkum beberapa manfaat me time yang harus kamu ketahui.

6 Manfaat Me Time untuk Kesehatan
hellosehat.com

Meskipun manusia adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan orang lain, tapi ada kalanya kita membutuhkan me time alias waktu untuk diri sendiri. Waktu untuk diri sendiri adalah hal yang juga penting. Sebab, disadari atau tidak, hal ini bisa membuat pikiran menjadi tenang dan kembali produktif. Selain itu, ada manfaat lainnya yang tak kalah luar biasa, yakni sebagai berikut:

 

1. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pastinya ada saja hal yang dapat menganggu pikiran. Bahkan, hal tersebut juga bisa berdampak terhadap apa yang kita kerjakan. Kalau sudah seperti ini, me time adalah hal yang kamu butuhkan. Ketenangan yang kamu dapatkan dari waktu me time meski hanya sejenak, sangat berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas di kemudian hari.

 

2. Meningkatkan Hubungan

Ketika kamu menjadikan dirimu sebagai prioritas, berarti kamu telah menghargai kebutuhanmu sendiri. Jika kamu tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana dengan orang lain? Bisa saja mereka dapat memanfaatkanmu. Jadi, hargailah dirimu sendiri agar orang lain juga menghargaimu.

 

3. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Rasa jenuh sering kali muncul, apalagi jika hari-hari selalu dipadati dengan aktivitas. Tak jarang, hal ini bisa membuat pikiran menjadi kusut. Hingga kemudian berdampak terhadap kemampuan dalam berpikir, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah. Manfaat me time sangat berguna untuk menyegarkan pikiranmu yang kusut. Ambillah waktu sejenak untuk menikmati kesendirianmu. Dengan begitu pikiran pun akan menjadi lebih jernih.

 

4. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Kesepian dan menyendiri bukanlah yang sama, ya. Keduanya adalah hal yang berbeda. Kesepian adalah emosi negatif yang timbul ketika kamu merasa tidak terhubung dengan orang lain. Sedangkan menyendiri adalah sebuah pilihan yang dilakukan sendiri. Namun, menyendiri sejenak justru memberikan manfaat bagi kemampuan bersosialisasi. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri alias me time memiliki manfaat dalam meningkatkan beberapa aspek, di antaranya:

  • Kemampuan berkomunikasi dan memahami orang lain.
  • Pemahaman terhadap diri sendiri.
  • Kecerdasan intelektual dan emosional.
  • Rasa percaya diri.
  • Perasaan bahagia saat berinteraksi dengan orang lain.
  • Motivasi untuk mengembangkan diri sendiri.

Tak ada salahnya untuk mengambil waktu untuk menyendiri demi mendapatkan manfaat di atas. Kalau kamu melakukan sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan, hal ini justru berguna untuk kesehatan.

 

5. Memperoleh Kebahagiaan yang Lebih Besar

Manfaat me time berikutnya dapat membuat diri menjadi bahagia. Mengapa? Sebab, ketika kamu meluangkan waktu untuk dirimu sendiri, kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai. Misalnya, menonton, belanja, pergi ke salon, maupun hal-hal lainnya. Dengan perasaan bahagia, juga dapat memunculkan pikiran-pikiran positif, loh.

 

6. Dapat Mengurangi Stres

Kalau kamu tidak meluangkan waktu untuk me time, maka kamu merasa lebih lelah dan terburu-buru. Berada di bawah tekanan terus-menerus akan meningkatkan tingkat stres dan akhirnya kamu kelelahan. Luangkan waktu untuk bersantai, mengisi ulang energimu dan menurunkan tingkat stres.

Baca Juga: 7 Kegiatan Menarik yang Bisa Dijadikan Sebagai ‘Me Time’

Sudah tahu kan betapa pentingnya meluangkan waktu untuk me time? Oleh karena itu, coba ingat-ingat kapan terkahir kali kamu menikmati waktu untuk memanjakan diri?

  • Bagikan