Sholat Istighosah: Pengertian, Niat, Doa, dan Manfaat

  • Bagikan
Sholat Istighosah: Pengertian, Niat, Doa, dan Manfaat
popbela.com

Seruni.id – Allah SWT adalah satu-satunya tempat bagi kita untuk memohon ampunan dan pertolongan. Banyak cara yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan menjalankan sholat istighosah. Mungkin tak sedikit dari kita yang belum mengetahui tentang sholat istighosah. Maka dari itu, melalui artikel ini, Seruni ingin mengulasnya untukmu. Mulai dari pengertian, niat, doa, hingga manfaatnya. Semoga nantinya dapat menambah ilmu pengetahuanmu. Yuk simak di bawah ini!

Sholat Istighosah: Pengertian, Niat, Doa, dan Manfaat
orami.co.id

 

Pengertian Sholat Istighosah

Sebelum melakukan sholat istighosah, tentunya kamu harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan istighosah. Sebenarnya, istighosah memiliki beragam makna. Bisa diartikan sebagai pertolongan, permohonan, atau permintaan. Sejumlah ulama juga ada yang mengatakan, bahwa istighosah bisa diartikan sebagai meminta pertolongan ketika kita berada dalam keadaan sulit. Dalam QS. Al-Baqarah ayat 45 Allah berfirman yang berbunyi,

“Wasta’n bi-abri wa-alh”

Artinya: “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu.”

Secara umum, sholat istighosah adalah bentuk permohonan yang kita lakukan tatkala ditimpa sebuah kesulitan. Adapun yang dimaksud dengan istighosah dalam munjid fil lughoh wa a’alam adalah mengharapkan pertolongan dan kemenangan.

Sedangkan menurut Barmawie Umari bahwa Istighosah adalah do’a- do’a sufi yang dibaca dengan menghubungkan diri pribadi kepada Tuhan yang berisikan kehendak dan permohonan yang didalamnya diminta bantuan tokoh-tokoh yang populer dalam amal salehnya. Istighosah bisa diartikan seperti melakukan doa yang tidak biasa. Karena biasanya yang dipanjatkan dalam sholat Istighosah bukanlah hal yang biasa saja.

 

Macam-macam Istighosah

Perlu kalian ketahui, bahwa istighosah terdiri dari dua macam. Yaitu istighosah kepada Allah dan isighosah selain kepada Allah. Agar dapat dipahami, berikut penjelasannya:

 

Istighosah kepada Allah SWT

Sebagaimana dijelaskan dalam QS. Al-Anfal ayat 9 yang artinya:

“(Ingatlah wahai Muhammad), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, diperkenankan-Nya bagimu: ‘Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.” (QS. An-Anfal: 9).

Dalam ayat di atas, dijelaskan mengenai peristiwa ketika Nabi Muhammad memohon pertolongan dari Allah SWT. Saat itu, beliau berada di tengah perang badar, di mana kekuataan musuh tiga kali lipat lebih besar daripada pasukan Islam. Ketika itu, Allah pun langsung mengabulkan permohonan Nabi dengan memberi bantuan pasukan tambahan berupa seribu pasukan malaikat.

Pemohonan pertolongan kepada Allah juga dijelaskan dalam QS al Ahqaf ayat 17 yang memiliki arti:

“Kedua orangtua memohon pertolongan kepada Allah.” (QS. Al-Ahqaf: 17)

 

Istighosah kepada Selain Allah SWT

Melansir dari laman Nahdlatul Ulama, dijelaskan bahwa beristighosah kepada selain Allah hukumnya boleh, dengan melihat bahwa makhluk yang dimohonkan pertolongan adalah sebab. Jadi, sekalipun sesunggunya segala pertolongan datang atas kehendak Allah, hanya Allah pemberi pertolongan yang sesungguhnya, namun tidak menafikan bahwa Allah menjadikan sebab-sebab yang telah dipersiapkan agar terwujud pertolongan tersebut.

 

Niat Sholat Istighosah

Sebelum memulai segala sesuatu, ada baiknya untuk memulainya dengan niat. Begitupun dengan melakukan sholat istighosah, adapun niat yang bisa kamu baca adalah:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

“Usalli sunnatal hajati rak’ataini ada’an lillahi ta’ala”

Artinya: “Aku menyengaja sholat sunnah karena hajat tertentu dua rakaat tunai karena Allah ta’ala.”

 

Doa Sholat Istighosah

Setelah membaca niat, kamu juga dianjurkan untuk membaca beberapa doa berikut ini:

  • Diawali dengan membaca bismillah
  • Membaca surat Al Fatihah 1x
  • Beristighfar 3x

أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

“Astaghfirullahalazim”

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.”

لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

“La haula wa la quwwata illa billahil aliyyil azhim.” 3x

Artinya: “Tiada daya untuk menjauhi maksiat kecuali dengan pemeliharaan Allah dan tiada kekuatan untuk melakukan ketaatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

أللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

“Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammad wa alaa ali sayyidinaa Muhammad.” 3x

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya.”

لَا إلهَ إلَّا أنْتَ سُبْحَانَكَ إنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ

“Laillaha illa anta subhanaka inni kuntu minadhalimin.” 40x

Artinya: “Tiada Tuhan berhak disembah selain Engkau, maha suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang telah berbuat dzalim.”

يَا اَللهُ يَا قَدِيْمُ

“Ya Allahu ya Qadiim.” 33x

Artinya: “Wahai Allah, Wahai Dzat yang ada tanpa permulaan.”

يَا مُبْدِعُ يَا خَالِقُ

“Ya mubdi’u yaa kholiq.” 33x

Artinya: “Wahai Dzat yang mewujudkan sesuatu dari tidak ada, wahai Dzat Yang Maha Pencipta.”

يَا حَفِيْظُ يَا نَصِيْرُ يَا وَكِيْلُ ياَ اللهُ

“Yaa hafiizhu yaa nashiiru yaa wakiilu ya Allah.” 33x

Artinya: “Wahai Dzat yang memelihara dari keburukan dan kebinasaan, wahai Dzat Yang Maha menolong, wahai Dzat yang menjamin rezeki para hamba dan mengetahui kesulitan-kesulitan hamba, ya Allah.”

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيْثُ

“Yaa hayyu ya qayyum birahmatika astaghits.” 33x

Artinya: “Wahai Dzat Yang Hidup, yang terus menerus mengurus makhluknya, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan-Mu.”

يَا لَطِيْفُ

“Yaa lathiif.” 41x

Artinya: “Wahai Dzat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ إنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

“Astagfirullahalazhiima innahu kaana ghaffaraa.” 33x

Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, sungguh Allah Dzat yang Maha Pengampun.”

أللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَدْ ضَاقَتْ حِيْلَتِي أدْرِكْنِي يَا اَللهُ

“Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammadin qad dhaaqat hiilatii adriknii ya Allah.” 3x

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, sungguh telah habis daya dan upayaku, maka tolonglah kami, ya Allah ya Allah ya Allah.”

أللّهُمَّ صَلِّي صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

“Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salamaatan taamman ‘alaa sayyidinaa Muhammadilladzii tanhaalu bihil ‘uqadu wa tanfariju bihilkurabu wa tuqdhaa bihilhawaa-iju wa tunaalu bihirraghaa ibu wa husnulkhawaatimi wa yustasqalghamaamu bi wajhihilkariimi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

 

Manfaat Sholat Istighosah

Ketika melakukan sholat istighosah, di dalamnya terdapat bacaan dzikir. Di mana, dzikir merupakan salah satu cara agar kita terus mengingat Allah SWT. Bahkan, dzikir merupakan salah satu kewajiban yang tertulis di dalam Al-Qur’an. Cara ini tentu memberikan banyak manfaat yang bisa kamu rasakan secara langsung maupun tidak langsung. Adapun beberapa manfaat sholat istighosah adalah sebagai berikut:

  • Memperoleh keridhoan Allah SWT.
  • Menjauhkan dari syaitan, mendudukkan, dan mengenyahkannya.
  • Mengusir rasa sedih dan kemuraman hati.
  • Mendatangkan kegembiraan dan ketentraman di dalam hati.
  • Melapangkan rezeki.
  • Menumbuhkan rasa takut kepada Allah SWT, sehingga menorongnya untuk selalu berbuat kebaikan.
  • Kalimat takbir, tasbih, tahmid, dan tahlil dan diucapkan saat berdzikir akan mengingatkannya saat dia ditimpa kesulitan.
  • Malaikat akan selalu memohonkan ampunan kepada Allah bagi orang-orangyang berdzikir.
  • Orang yang berdzikir senantiasa merasa dekat dengan-Nya dan Allah bersamanya.

Baca Juga: 10 Tips Agar Tidak Malas Sholat yang Penting Diterapkan!

Demikianlah beberapa hal tentang sholat istighosah, mulai dari pengertian, niat, doa, serta manfaatnya. Semoga dengan ini, dapat menambah ketakwaan kita kepada Allah SWT. Aamiin.

  • Bagikan