8 Manfaat Mengonsumsi Kacang Panjang Bagi Ibu Hamil

8 Manfaat Mengonsumsi Kacang Panjang Bagi Ibu Hamil
merdeka.com

Seruni.id – Ketika sedang hamil, seorang ibu tentunya ingin sang buah hati selalu sehat, begitupun dengan dirinya. Maka dari itu, mereka diharuskan mengonsumsi makanan yang bernutrisi demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Nah, mengonsumsi kacang panjang ternyata sangat baik untuk ibu hamil, loh.

8 Manfaat Mengonsumsi Kacang Panjang Bagi Ibu Hamil
doktersehat.com

Meski harganya cukuplah murah, namun mengandung banyak sekali nutrisi dan manfaat yang jarang sekali diketahui. Yuk cari tahu apa saja manfaatnya dengan menyimak ulasan berikut ini. Selamat membaca!

Beragam Nutrisi yang Terkandung di Dalam Kacang Panjang

Dalam seporsi 100 gram kacang panjang terkandung:

• 3 gram protein (5% dari rekomendasi harian),
• 4 gram natrium (0% nilai rekomendasi harian),
• 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian),
• 19 miligram vitamin C (cukup untuk memenuhi 31% kebutuhan harian)
• 47 kalori,
• 62 mg atau 15% dari total kebutuhan harian folat.
• 865 IU vitamin A

Jadi, itulah nutrisi yang ada di dalam kacang panjang. Kamu bisa mengnsumsinya dengan cara diolah menjadi beragam hidangan lezat. Lantas, apa saja manfaatnya?

Manfaat Kacang Panjang bagi Ibu Hamil

1. Sumber Protein yang Baik

Selain mengandung nutrisi yang bermanfaat, kacang panjang juga mengandung protein yang baik untuk tubuh, terutama bagi ibu hamil. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Obstretics, Gynaecology and Reproductive Medicine pada tahun 2016 lalu mengungkapkan, protein baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin, termasuk otak. Protein bisa menjadi nutrisi yang baik ketika asupan karbohidrat tidak mencukupi. American Pregnancy Association menjelaskan jika protein disebut juga membantu payudara dan jaringan rahim tumbuh selama kehamilan dan hal tersebut berperan dalam meningkatkan suplai darah.

2. Memperlancar Proses Pencernaan

Ibu hamil sering sekali mengalami gangguan pencernaan, salah satu yang kerap dirasakan adalah sembelit. Tapi tenang saja, masalah ini bisa diatasi, caranya dengan mengonsumsi kacang panjang. Sebab, kacang panjang mengandung serat yang berfungsi untuk masalah pencernaan. Sembelit saat hamil dapat dicegah dengan meningkatkan asupan cairan dan makanan yang mengandung serat. Sebaiknya penuhi pula asupan serat dari buah dan sayur-sayuran. Jika terpaksa dan memang diperlukan, kamu dapat mengonsumsi suplemen khusus bagi ibu hamil.

3. Mencegah Anemia

Anemia sangat rentan dialami oleh ibu hamil. Untuk itu, penting sekali mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi besi sebagai pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Nah, salah satu makanan yang mengandung zat besi, ada pada kacang panjang, sehingga dapat membantu pembentukan komponen utama sel darah merah sehingga baik untuk dikonsumsi saat hamil.

4. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Tulang

Saat hamil, kebutuhan kalsium otomatis meningkat dua kali lipat, karena membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi janin. Kacang panjang mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk kesehatanmu. Magnesium juga dapat menjaga fungsi saraf, otot, dan aktivitas enzim selama masa kehamilan.

5. Menangkal Radikal Bebas

Kacang panjang juga mengandung beberapa vitamin yang penting untuk tubuh, salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polutan, dan bahan kimia beracun. Penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi. Radikal bebas diciptakan selama pemecahan makanan atau ketika terpapar tembakau, asap, atau radiasi.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Biasanya ibu hamil akan sulit sekali mendapatkan tidur yang nyenyang, bahkan bisa saja mengalami anemia. Apakah kamu juga merasakannya? Biasanya hal ini terjadi akibat kurangnya magnesium di dalam tubuh. Magnesium sangat penting untuk menenangkan otak dan meningkatkan relaksasi. Nah, kacang panjang menyediakan jumlah magnesium yang cukup untuk mengatasi gangguan tidur secara efektif.

7. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Selama kehamilan, makanan kaya folat dapat membantu menurunkan kemungkinan cacat tabung saraf seperti anencephaly dan spina bifida. Cacat lahir seperti cacat anggota tubuh dan jantung adalah akibat dari defisiensi folat. Folat sangat penting untuk replikasi DNA dan pertumbuhan sel janin yang tepat. Makanan kaya folat dapat mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf sebesar 26%.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kacang panjang juga mengandung tiamin di dalamnya, yang berfungsi untuk meredam otot-otot dinding saluran pencernaan. Selain itu, juga dapat membantu dalam sekresi asam klorida yang diperlukan untuk pencernaan partikel makanan dan penyerapan nutrisi. Pencernaan yang sehat membantu menyerap nutrisi dengan baik. Saat kebutuhan nutrisi mama terpenuhi, ini akan mendukung daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air. Jika asupan vitamin C terpenuhi, ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan menjaga elastisitas pembuluh darah.

Baca Juga: 6 Khasiat Kacang Hijau untuk Kecantikan

Nah, itu sekian manfaat kacang panjang untuk ibu hamil. Yuk, mulai konsumsi kacang panjang untuk memenuhi nutrisi selama masa kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.