Tidak Hanya Sebagai Taburan Makanan, Ini 7 Manfaat Biji Wijen Hitam untuk Kesehatan

Tidak Hanya Sebagai Taburan Makanan, Ini 7 Manfaat Biji Wijen Hitam untuk Kesehatan
honetsdocs.com

Seruni.id – Biji wijen hitam merupakan salah satu biji-bijian yang kerap kita temui dan biasanya digunakan sebagai taburan makanan. Biji wijen memiliki dua jenis yang berbeda, ada yang hitam juga yang putih. Untuk yang hitam, ternyata mengandung banyak manfaat.

Tidak Hanya Sebagai Taburan Makanan, Ini 7 Manfaat Biji Wijen Hitam untuk Kesehatan
cnnindonesia.com

Beberapa di antaranya bisa untuk kesehatan tubuh dan rambut. Selain itu, banyak juga yang bingung bagaimana cara mengonsumsinya. Untuk itu, Seruni akan merangkum tujug manfaat biji wijen hitam beserta cara menggunakannya. Simak baik-baik, ya!

1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Biji wijen hitam diketahui memiliki kandungan mineral zinc yang penting untuk pembentukan kolagen kulit. Ketika kolagen tergenerasi dengan baik, maka jaringan kulit dan rambut bisa lebih terawat. Biji wijen juga dapat dibuat menjadi minyak, loh. Dan nantinya dapat digunakan untuk mengurangi bahkan menyamarkan penuaan dini pada kulit serta menghilangkan flek hitam pada wajah. Tidak hanya itu saja, ternyata minyak biji wijen dipercaya mampu mengecilkan pori-pori dan menjaga kekencangan kulit. Nah, bagi kamu yang memiliki minyak berlebih pada wajah, mengoleskan minyak wijen dapat membantu mengatasinya, loh.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Biji wijen hitam juga mengandung 41 persen lemak tak jenuh ganda dan 39 persen lemak tak jenuh tunggal. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal, dapat membantu turunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam studi yang dirilis oleh International Journal of Food Science and Nutrition pada 2012 silam, mengonsumsi sekitar 1,5 ons biji wijen selama 60 hari dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Bagi penderita diabetes, sebaiknya konsumsilah minimal dua gram biji wijen hitam per hari. Dengan begitu, gula darah akan berkurang lebih cepat. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan magnesium pada biji wijen. Dalam 100 gram wijen terdapat 351 mg magnesium. Selain itu, minyak biji wijen juga memiliki dampak baik pada obat penderita diabetes. Minyak biji wijen akan membantu meningkatkan fungsi pada obat diabetes yang akan mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, tubuh kita membutuhkan asupan makanan yang kaya akan kalsium. Nah, salah satu makanan yang kaya akan kalsium adalah biji wijen hitam. Dengan mengonsumsi biji wijen secara rutin, akan sangat baik bagi kesehatan tulang. Begitupun dengan kandungan zinc di dalamnya, yang juga mampu meningkatkan mineral di dalam tulang. Dengan memenuhi kandungan mineral di tulang, maka tulang bisa lebih sehat. Kekurangan zinc bisa menyebabkan osteoporosis yang baru dirasakan di kemudian hari.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Wijen kaya akan magnesium yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, vitamin E dan antioksidan dalam wijen juga dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga tekanan darah akan terjaga.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa biji wijen hitam mengandung zinc yang mampu mengembangkan dan mengaktifkan sel darah putih tertentu yang berfungsi untuk menyerang mikroba penyebab penyakit. Selain zinc, biji wijen juga merupakan sumber nutrisi penting lain yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh, seperti selenium, zat besi, vitamin B6, serta vitamin E.

7. Sebagai Menu Diet

Biji wijen hitam juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Ini dikarenakan kandungannya yang sangat kata seperti asam lemak omega-6, kalsium, zat besi, lemak baik, magnesium, serat, dan fosfor. Jadi, kamu bisa menambahkan taburan biji wijen dalam menu diet harian, atau menjadikannya salah satu alternatif camilan biji-bijian.

Baca Juga: 5 Resep Kue Kacang, Mudah dan Lumer di Mulut

Cara Mengonsumsi Biji Wijen Hitam

Sebagian dari kita mungkin masih banyak yang bingung mengenai cara mengonsumsinya. Sebenarnya sangat mudah sekali, selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa menambahkannya ke dalam dalam salad, atau sajian protein lainnya.

Sementara itu, mencampur aneka biji-bijian seperti kacang tanah, almond, biji labu, biji bunga matahari, dan biji wijen dan menjadikannya camilan juga tak kalah enak. Biji wijen juga bisa diolah menjadi campuran kue dan minuman. Selain itu, juga bisa bisa dijadikan minyak. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya yang sudah jadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.