8 Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan

  • Bagikan
8 Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan
kompas.com

Seruni.id – Ternyata manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan sangat banyak, loh. Berikut ini Seruni telah merangkum sejumlah manfaatnya. Jangan sampai kamu tidak tahu, ya.

8 Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan
lemonilo.com

Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia yang sangat terkenal akan khasiatnya. Cengkeh merupakan kuncup bunga kering dari pohon Syzygium aromaticum. Bunga ini, juga kerap dijadikan sebagai rempah masakan Indonesia. Tak hanya berupa bunga kering, cengkeh juga bisa diolah menjadi minyak dengan aroma pedas yang kuat. Selama berabad-abad, minyak ini sudah digunakan untuk berbagai kebutuhan. Manfaat minyak cengkeh, bisa dirasakan untuk tubuh, loh. Yuk ketahui manfaat minyak cengkeh yang ternyata banyak sekali. Di antaranya yaitu:

 

1. Meredakan Sakit Gigi

Minyak cengkeh mengandung bahan aktif eugenol, yang berperan sebagai anestesi alami. Zat tersebut, dapat membantu untuk mengurasi rasa sakit pada gigi, loh. Selain sebagai anestesi alami, eugenol, juga memiliki sifat antiperadangan atau antiinflamasi alami. Ketika mengonsumsi minyak cengkeh, maka pembengkakan dan iritasi yang terjadi pada mulut akan berkurang.

 

2. Meringankan Sakit Kepala

Ketika sakit kepala, kamu juga bisa memanfaatkan minyak cengkeh untuk meringankannya. Hal ini, karena di dalamnya terkandung flavonoid yang sangat baik dan bersifat antiinflamasi. Untuk menggunakannya, kamu bisa langsung mengoleskannya pada area pelipis kepala, tengkuk, atau leher agar sakit kepala lekas menghilang. Selain mengatasi sakit kepala, zat antiinflamasi yang tinggi, juga berguna unutk meredakan batuk, radang, pilek, hingga sinus.

 

3. Baik untuk Kulit

Manfaat minyak cengkeh lainnya, yaitu dapat digunakan sebagai perawatan kulit. Berdasarkan studi yang berjudul Effectiveness of Topical Clove Oil on Symptomatic Treatment of Chronic Pruritus, menemukan bahwa minyak ini memiliki efek untuk meredakan rasa gatal pada kulit. Menurut studi tersebut pula, jika dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak cengkeh bisa menghilangkan rasa gatal secara signifikan.

 

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Menurut penelitian, minyak cengkeh beserta moleluknya, sangat efektif untuk mencegah erosi pada gigi. Mereka meyakini, bahwa cengkeh dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan flouride untuk mencegah gigi berlubang. Minyak cengkeh, mampu menghambat organisme penyebab gigi berlubang.

 

5. Dapat Mendetoks Tubuh

Minyak cengkeh juga bermanfaat sebagai pembersih darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Ekstrak aroma cengkeh, dapat mengurangi kadar racun dalam darah dan membangkitkan kadar antioksidan dalam tubuh. Efek ini, dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari darah dan akan memurnikan trombosit serta meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh.

 

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di dalam minyak cengkeh, juga terkandung zat antioksidan, yang merupakan senjata utama untuk membasmi radikal bebas agar tidak bersarang di tubuh. Seperti kita ketahui, radikal bebas merupakan penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung hingga kanker.

 

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Dalam penelitian lain menyebutkan, manfaat minyak cengkeh, mampu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Senyawa bernama nigericin yang terkandung di dalam cengkeh adalah penyebabnya. Pada penelitian tersebut diketahui bahwa senyawa nigericin memiliki efek yang baik untuk mengatasi diabetes pada manusia dan juga tikus. Pasalnya, nigericin mampu menyerap gula darah ke sel dengan lebih baik, meningkatkan sekresi insulin, hingga memperbaiki fungsi sel-sel penghasil insulin.

 

8. Mengobati Infeksi Jamur

Kandungan antijamur, juga terkandung di dalam minyak cengkeh. Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh Oral Micobiology and Immunology Journal menyebutkan, minyak cengkeh efektif untuk membasmi penyakit yang diakibatkan oleh jamur. Penelitian yang dikutip oleh Sehatq itu menyebutkan, salah satu penyakit jamur yang bisa diobati yaitu kandidiasis yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Selain itu, minyak cengkih juga efektif memberantas parasit usus yang menjadi penyebab diare serta gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga: Rasakan 10 Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan

Nah, itulah manfaat minyak cengkeh yang dapat Seruni ulas. Yuk mulai jaga dan rawat tubuh kita dengan cara yang alami.

  • Bagikan