Satu Kios Selamat dari Kebakaran Hebat, Pemilik Disebut Rajin Bersedekah

  • Bagikan
Satu Kios Selamat dari Kebakaran Hebat, Pemilik Disebut Rajin Bersedekah

Seruni.id – Api yang berkobar begitu hebat di Pasar Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis (23/12/2021) telah menghanguskan sekitar 300-an kios di dalamnya.

Tentu, ini menjadi pukulan keras bagi para pemiliknya. Mata pencahariannya, telah habis dimakan si jago merah. Tak terhitung berapa jumlah kerugian yang mereka alami.

 

Satu Kios Tidak Terbakar

Namun, di tengah banyaknya kios yang lenyap dalam hitungan waktu, ada satu kios yang tampak masih utuh. Tak ada satupun barang dagangannya yang tersentuh kobaran api.

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, tampak seorang wanita memperlihatkan kondisi kios yang tak terjamah oleh api. Pada narasinya, wanita itu mengatakan, bahwa makanan beku di kios tersebut masih utuh dalam keadaan yang masih dingin dan beku.

“Ini di lantai atas ada penjual sosis, barang (jualannya) masih utuh padahal sekitarnya sebelah kanan, kiri, depan, semua habis.” ucap wanita itu.

“Ini (sosis) masih dingin, masih membeku ini, ya Allah, MasyaAllah. Ini masih banyak banget, ini saya kalau beli sosis di sini.” lanjutnya.

 

Rajin Bersedekah

Belakangan diketahui, pemilik kios tersebut bernama Pak Sarwono. Banyak yang mengatakan, bahwa kios tersebut ‘dilindungi’ berkat amalan-amalan baik yang kerap dilakukan oleh sang pemilik.

“Ini pasar deket rumahku, kebakaran 80%, dari jam 5 sore baru bisa padam jam 3 pagi, dan ternyata siangnya masih ada apinya. Ratusan ruko kebakar. Ada yang bilang pemilik ruko itu orangnya ramah, baik dan bangun mushola,” tulis pemilik akun Twitter damniamlookfine.

“Bukan berarti pemilik ruko yang lain bukan orang baik atau rajin sedekah, Allah balas sedekah dengan cara yang bermacam-macam. Mungkin pemilik toko ini dibalas dengan cara dilindungi tokonya, sementara yang lain dibalas dengan cara yang berbeda, ada yang dikasih kesehatan, dll.” lanjutnya.

Warganet lainnya, juga menyampaikan hal yang senada. Mereka yang mengenal Pak Sarwono, mengakui bahwa ia merupakan orang yang dermawan.

 

Sempat Pasrah

Sebelumnya, ia sempat merasa terpukul ketika melihat kobaran api yang menyala begitu dahsyat. Bahkan, ia pun sempat pasrah, jika kiosnya tak terselamatkan. Sebab menurutnya, itu hanyalah sebuah titipan. Namun, siapa sangka, kios miliknya justru selamat.

“Ini masih sodara aku. Bapak ibunya emang orang baik banget suka nolong orang dan dermawan banget pas kebakaran si bapak naik trs liat kiosnya udah banyak api trs turun sambil bilang “wes pasrah, cuma titipan” tapi ternyata Allah paring huhuhu,” komentar bungakaktussss.

Jika kita berpikir secara logika, rasanya tidak mungkin jika kios tersebut tidak terbakar, sementara di samping kanan dan kiri, serta depannya habis dilalap si jago merah. Namun, begitulah kuasa Allah SWT. Tak ada yang tak mungkin jika Allah sudah berkehendak.

Allah telah menunjukkan kekuasannya, ketika seorang hamba gemar bersedekah, maka Allah akan menghindarinya dari segala macam marabahaya. Terdapat dua sabda dari Rasulullah SAW, yaitu sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan dan bencana atau musibah tidak dapat mendahului sedekah.

Baca Juga:

Semoga kejadian ini dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu bersedekah, sekalipun dalam keadaan sempit. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan