Rasakan 10 Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan

Rasakan 10 Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan
malukuterkini.com

memSeruni.id – Indonesia kaya akan rempah-rempah yang kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal hingga kecantikan. Salah satunya adalah cengkeh. Dilansir dari aman Popmama, manfaat cengkeh sebagai obat tradisional maupun kecantikan, ternyata sudah digunakan sejak 1500 tahun lalu. Apalagi, rempah yang memiliki nama latin Syzygium Aromaticum ini, mengandung ragam nutrisi baik seperti serat, karbohidrat, mangan, magnesium, vitamin, kalsium, serta energi.

Rasakan 10 Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan
lifestyle.okezone.com

Selain itu, terdapat pula senyawa kimia yang penting untuk tubuh. Seperti eugenol, resin, tanin, fenilpropanoid, flavonoid, glukosa sterol, sinnamaldehida, asetilugenol, asam galat, oleanolat, rhamnetin, serta lipid. Dilansir dari berbagai sumber berikut segudang manfaat cengkeh untuk kecantikan.

1. Mencegah Keriput

Noda maupun guratan pada kulit wajah dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari paparan debu dan kotoran dari luar, pun dari sisa luka yang mengering. Untuk mendapatkan manfaat cengkeh, kamu bisa menggunakan minyak dari ekstrak cengkeh untuk menghilankan noda dan guratan keriput pada kulit. Nah, agar hasilnya maksimal, kamu harus menggunakannya secara rutin.

2. Mengatasi Masalah

Masalah jerawat selalu menjengkelkan, membuat kita jadi kurang percaya diri. Cara menghilangkan jerawat, terutama yang membandel sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, yakni menggunakan bahan alami seperti cengkeh. Tak perlu mengoleskannya langsung ke wajah, kamu hanya perlu mengonsumsi air rebusan cengkeh secara teratur.

3. Menyamarkan Bekas Luka

Mungkin ada bagian dari tubuhmu yang masih menyisahkan bekas luka? Biasanya luka bekas jatuh atau kecelakaan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai benar-benar hilang. Untuk menyamarkan bekas luka tersebut, cobalah oleskan cengkeh secara rutin. Hal ini dikarenakan minyak cengkeh mengandung senyawa kimia eksfolitor yang bisa mengobati masalah kulit, termasuk menghilangkan bekas luka. Caranya, oleskan minyak cengkeh ke bagian kulit yang terdapat bekas luka. Jangan lupa dipijat perlahan agar kulit mati dapat terkelupas.

4. Menghilangkan Mata Panda

Bagi kamu yang memiliki mata panda dan ingin sekali menghilangkannya, sekarang ada cara mudahnya, loh. Yakni dengan memanfaatkan minyak cengkeh. Kamu bisa membeli yang sudah jadi ataupun membuatnya sendiri di rumah. Jika ingin mengolah sendiri, caranya cukup mudah. Yaitu dengan memasukkan 5-10 butir cengkeh utuh ke dalam wadah kaca yang terutup dengan volume 30 ml. Kalau menggunakan cengkeh bubuk, masukkan 1/4 cangkir cengkeh bubuk ke dalam wadah kaca tertutup bervolume 350 ml.

Kemudian setelah itu, tuangkan minyak zaitun ke dalam stoples hingga volumenya mencapai 2,5 cm atau melebihi cengkeh. Pastikan wadah kaca tertutup rapat sebelum mengocoknya 3-4 kali. Biarkan cengkeh dan minyak zaitun selama 10-14 di tempat gelap dan pastikan tutupnya rapat, guna menghindari kontaminasi. Setelah melewati 14 hari, minyak cengkeh bisa langsung disaring dan digunakan sesuai kebutuhan.

5. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat cengkeh untuk rambut sudah terbukti dengan banyaknya produk yang dibuat dengan bahan dasar cengkeh. Tapi sebenarnya, kamu bisa loh membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah, pertama-tama kamu harus mengolah cengkeh menjadi minyak rambut dan mengaplikasikannya sebagai kondisioner sehabis keramas. Lakukan treatment sederhana ini pada rambut rontok selama 5-15 menit. Lalu bilas sampai bersih. Selain dapat mencegah kerontokan, dengan menggunakan minyak cengkeh akan membuat rambutmu lebih hitam serta memperbaiki rambut kering.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit wajah yang berminyak terkadang membuat seseorang kurang percaya diri. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya karena faktor genetik, usia, pori-pori yang membesar, atau terlalu berlebihan dalam menggunakan produk perawatan kulit. Jika kondisi kulitmu saat ini sedang berminyak dan ingin segera menghilangkannya, jangan khawatir, karena caranya sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu menggunakan tiga tetes minyak cengkeh ke dalam wadah, kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya ke seluruh wajah. Tapi sebelum mengaplikasikannya, jangan lupa bersihkan wajahmu dengan toner, ya.

7. Mengatasi Ketombe

Selain rambut rontok, ketombe juga menjadi sebuah masalah yang menjengkelkan. Sudah mencoba berbagai sampo dan produk perawatan rambut lainnya, tapi ketombe masih belum hilang juga? Kini saatnya kamu memanfaatkan minyak cengkeh untuk menghilangkan ketombe di kulit kepalamu. Cara melakukannya yakni dengan menambahkan minyak cengkeh sebanyak 10-12 tetes ke dalam 250 ml sampo anti ketombe yang kamu gunakan. Lakukan cara ini secara rutin sampai ketombe benar-benar hilang.

8. Mengatasi Infeksi Jamur Kuku

Minyak cengkeh memiliki kandungan anti-jamur yang cukup kuat, sehingga sangat efektif jika digunakan untuk mengobatasi infeksi jamur, salah satunya jamur yang ada pada kuku. Untuk mengaplikasikannnya, kamu hanya perlu mencampurkan satu tetes minyak zaitun dan dua tetes minyak cengkeh. Setelah kedua bahan sudah tercampur rata, barulah bisa diaplikasikan pada kuku yang terdapat jamur dan tutupi dengan perban selama semalaman. Ulangi cara ini hingga jamur benar-benar hilang.

9. Mengobati Berbagai Masalah Kulit

Manfaat cengkeh juga bisa kamu rasakan ketika kulit terkena masalah. Kandungan antiseptik pada miyak cengkeh sangat bermanfaat sekali untuk mencegah terjadinya infeksi. Oleh sebab itu, minyak cengkeh dipercaya mampu untuk mengobati berbagai masalah kulit. Seperti luka, kudis, kutu air, memar, biang keringat, hingga gigitan serangga. Namun, jika kulitmu sensitif dan terdapat luka terbuka, kamu wajib berhati-hati dalam memakainya, ya.

10. Mengatasi Sakit Gigi

Cengkeh biasa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri pada gusi dan gigi. Manfaat cengkeh yang satu ini, didapat dari kandungan senyawa eugenol yang bermanfaat dalam mengatasi peradangan dan infeski. Cara mengobati sakit gigi dengan cengkeh tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu menyumbat gigi yang berlubang dengan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh. Untuk mendapatkan khasiat cengkeh itu, lakukan cara di atas secara rutin setidaknya dua kali sehari.

Baca Juga: 10 Produk Kecantikan yang Harus Disimpan di Dalam Kulkas

Itulah 10 manfaat cengkeh untuk kecantikan yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba, semoga berhasil, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.