5 Manfaat Minyak Safflower untuk Kecantikan

  • Bagikan
5 Manfaat Minyak Safflower untuk Kecantikan

Seruni.id – Ada beragam minyak alami yang mampu memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak safflower. Meski nama safflower masih asing di telinga, tapi manfaat miyak safflower ini sangat banyak, loh. Terutama untuk kecantikan.

5 Manfaat Minyak Safflower untuk Kecantikan
hellosehat.com

Minyak yang berasal dari biji tanaman safflower ini, memeiliki konsistensi kental yang kaya akan asam lemak, sehingga dapat membuat kulit menjadi kenyal dan tetap terhidrasi. Bukan hanya itu saja, ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari minyak tersebut. Maka dari itu, Seruni akan merangkumnya berikut ini:

 

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi masalah yang sering kali dialami oleh wanita. Masalah ini muncul akibat produksi minyak berlebih pada kulit. Namun, kamu bisa merasakan manfaat minyak safflower ini untuk menghilangkannya, loh. Meski kulitmu termasuk ke dalam jenis yang berminyak, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan safflower untuk mengontrol minyak yang ada pada kulit.

Sebab, minyak jenis ini, memiliki sifat non-comedogenic, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika pori-pori akan tersumbat ketika kamu menggunakannya. Sifat anti peradangan yang terkandung di dalamnya, juga mampu membantu memudarkan bekas jerawat yang menghitam, loh.

 

2. Membuat Kulit Lebih Sehat dan Lembap

Kulitmu kering atau sedang meradang? Tenang saja, kamu bisa merasakan manfaat minyak safflower untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan mengoleskan minyak safflower secara rutin, kulit wajahmu akan lebih sehat dan juga lembap. Apalagi, adanya kandungan vitamin E di dalamnya, membuat kulit terasa lebih halus dan tampak lebih lembut.

Peranan vitamin E di dalamnya, merupakan antioksidan yang baik untuk kulit. Oleh karena itu, kandungan tersebut sangat penting untuk menangkal serangan radikal bebas dari paparan sinar matahari, asap rokok, dan polutan lainnya.

 

3. Mencegah Munculnya Komedo

Manfaat minyak safflower berikutnya, yaitu dapat mengatasi masalah komedo. Jika kamu mengoleskannya secara rutin, komedo pun akan terhempas dari wajahmu. Sebab, di dalam minyak tersebut, terdapat bahan yang mudah menyerap dan tidak akan membuat pori-porimu menjadi tersumbat.

 

4. Bermanfaat Sebagai Anti-peradangan

Kalau kulitmu termasuk sensitif dan mudah iritasi, eksim dan psoriasis sering kali menjadi hal yang sangat menganggu dan mengurangi kepercayaan diri. Namun, beruntungnya, kamu bisa merasakan manfaat minyak safflower untuk mengtasi masalah tersebut. Hal ini, karena di dalam minyak safflower mengandung anti-inflamasi. Tak hanya itu saja, minyak tersebut juga mampu memperbaiki kondisi kulit seperti dermatitis dan rocasea, loh.

 

5. Mengurangi Tanda Penuaan Dini

Umumnya, ketika seseorang memasuki usia 35 tahun ke atas, tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat. Seperti adanya garis-garis halus pada bagian wajah, terutama di bawah mata. Namun, penuaan dini bisa kamu kurangi dengan cara merawat wajah dengan tepat. Salah satunya adalah dengan rutin menggunakan minyak safflower.

Di dalam minyak tersebut, terdapat kandungan antioksidan yang dapat bekerja dengan baik untuk menjaga kesehatan kulitmu. Secara umum, kandungan tersebut dapat membantu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti hiperpigmentasi dan juga garis halus. Antioksidan yang ada di dalam safflower berasal dari vitamin E yang memiliki peran penting untuk mengencangkan kulit yang kendur.

 

Cara Menggunakan Minyak Safflower

Kamu sudah tahu kan apa saja manfaat minyak safflower untuk kulit? Nah, sebenarnya ada dua jenis minyak safflower yang bisa kamu manfaatkan, loh. Ada yang dikhususkan untuk memasak dan dimasukkan ke dalam dietmu dan ada pula yang dimanfaatkan untuk kesehatan kulit.

Untuk penggunaaan minyak safflower murni yang digunakan untuk kulit, sebaiknya dicampurkan terlebih dahulu sebelum dioles, dan hindari untuk melenannya, ya. Sebab, kandungannya berbeda dengan minyak safflower yang memang dikhususkan untuk memasak.

Kamu bisa mencampurkan minyak tersebut dengan minyak lainnya untuk mendapatkan ekstra kelembapan. Misalnya, mencampurkan dengan minyak kelapa atau almond. Namun, jika kulitmu termasuk berminyak, maka campurkanlah dengan jojoba atau minyak biji anggur. Sejauh ini, minyak safflower terbilang aman untuk digunakan setiap hari.

 

Efek yang Ditimbulkan

Sejauh ini, belum ada kekhawatiran yang berarti mengenai penggunaan minyak tersebut. Namun, sama halnya dengan perawatan kulit lainnya, sensitivitas kulit orang tentu berbeda-berda, ya. Untuk mencegah ketidakcocokan, kamu bisa mengujinya terlebih dahulu pada kulit sebelum menggunakannya dalam jumlah luas.

Caranya, dengan mengoleskan sedikit minyak tersebut ke area lengan bawah. Tunggu sekitar 24-48 jam untuk melihat apakah ada reaksi yang ditimbulkan atau tidak. Jika tidak ada ruam dan iritasi, tandanya minyak tersebut aman untuk kamu gunakan. Begitupun jika kamu menggunakannya sebagai bahan masakan, sebaiknya dicoba dahulu dengan jumlah sedikit.

Baca Juga: 20 Manfaat Bunga Saffron yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jadi, itulah sejumlah manfaat minyak safflower, cara menggunakan, serta efek yang ditimbulkan. Setelah melihat ulasan ini, apakah kamu mulai tertarik untuk merasakan khasiatnya?

  • Bagikan
seruni.id