6 Manfaat Olahraga Jumping Jack untuk Kesehatan Fisik

  • Bagikan
6 Manfaat Olahraga Jumping Jack untuk Kesehatan Fisik
sehatq.com

Seruni.id – Meski sederhana, manfaat olahraga jumping jack tidak bisa disepelekan begitu saja, loh. Terlebih, untuk kesehatan fisik dan mental. Apa saja manfaatnya?

6 Manfaat Olahraga Jumping Jack untuk Kesehatan Fisik
verv.com

Jumping jack adalah salah satu gerakan olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Saking mudahnya, gerakan ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Bahkan, tidak perlu alat tambahan untuk menggunakannya. Walaupun gerakannya mudah, tapi olahraga jumping jack merupakan full body exercise alias latihan tubuh secara menyeluruh. Dengan artian, kamu telah melatih seluruh kelompok otot pada tubuhmu. Manfaat olahraga jumping jack pun sangat banyak, loh. Namun, sebelum membahas soal manfaat, sudah tahu belum gerakkannya seperti apa?

Gerakan Jumping Jack

Ada beberapa jenis gerakan jumping jack yang bisa kamu lakukan di rumah. Mulai dari gerakan mendasar, squat jumping jack, rotational jack, hingga low-impact jumping jack. Untuk dapat melakukannya, yuk simak gerakannya berikut ini.

Jumping Jack Dasar

Untuk kamu yang baru pertama kali melakukannya, sebaiknya cobalah gerakan yang mendasar terlebih dahulu, ya. Berikut cara melakukan jumping jack gerakan mendasar.

  • Berdirilah dengan kaki lurus dan lengan ke samping.
  • Setelah itu, barulah lombat dan rentangkan kaki selebar pinggul sambil membawa lengan di atas kepala, hampir menyentuh.
  • Lompat kembali dan turunkan lengan, kemudian satukan kedua kaki hingga kembali ke posisi awal.
  • Lakukan gerakan ini secara berulang.

Squat Jumping Jack

Ada sedikit perubahan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan intensitas jumping jack. Apabila kamu ingin coba melakukan squat jack, maka dapat mengikut langkah berikut ini:

  • Mulailah dengan melakukan beberapa kali gerakan dasar.
  • Setelah itu, turunkan tubuhmu ke posisi jongkok dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan jari-jari kaki menghadap ke luar.
  • Kemudian, taruh tanganmu di belakang kepala, lakukan lompatan seolah sedang melakukan jumping jack dasar dalam posisi yang berbeda.

Ratational Jack

Gerakan yang berikut ini juga berbeda dari dua gerakan sebelumnya, ya. Bagaimana caranya:

  • Berdirilah dengan kaki rapat dan taruh tangan di dada.
  • Melompatlah dan mendaratkan kaki dalam posisi jongkok. Kakimu harus lebih lebih dari bahu dan jari-jari harus menghadap ke luar.
  • Ketika mendarat, putar tubuh bagian atas di pinggang dan raih tangan kiri ke lantai. Pada saat yang sama, angkat tangan kanan ke langit.
  • Lompat kembali ke posisi awal. Ulangi di sisi lain untuk menyelesaikan satu pengulangan.

Low-impact Jumping Jack

Sedangkan untuk gerakan yang lebih lembut, sebagai alternatifnya, kamu bisa mencoba gerakan jumping jack yang satu ini.

  • Mulailah dengan lengan kanan meraih ke sudut ruangan saat melangkahkan kaki kanan pada waktu bersamaan.
  • Ketika sisi kanan dalam posisi keluar, ulurkan lengan kiri ke arah sudut ruangan saat melangkahkan kaki kiri pada saat bersamaan.
  • Bawa lengan dan kaki kanan ke dalam kemudian diikuti dengan lengan dan kaki kiri ke tengah. Ini adalah satu pengulangan.
  • Lanjutkan gerakan berbaris ini, bergantian sisi, sampai menyelesaikan 5 pengulangan dengan gerakan kanan. Ulangi dengan mengawali dengan kiri.

Manfaat Olahraga Jumping Jack

Tidak hanya tahu gerakannya saja, tapi kamu juga harus tahu nih apa saja manfaat olahraga jumping jack. Dengan mengetahui manfaatnya, tentu akan membuatmu lebih bersemangat untuk melakukannya. Apa saja sih manfaatnya?

1. Melatih Kekuatan Seluruh Otot Tubuh

Karena jumping jack merupakan full body exercise, sehingga membuatnya sangat bermanfaat dalam melatih kekuatan seluruh otot tubuh. Sebab, untuk melakukan gerakan ini pun, dibutuhkan kecepatan dan kekuatan yang bermanfaat bagi kebugaran otot.

Jumping jack merupakan perpaduan elemen latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan. Ketika melompat, maka tubuh akan beregerak melawan gravitasi dan menggunakan beban tubuh untuk melakukan perlawanan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kekuatan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat olahraga jumping jack yang kerap terlupakan adalah dapat menyehatkan jantung. Di mana, gerakan tersebut dapat meningkatkan detak jantung dengan cepat. Sehingga hal ini sangat penting, karena bisa menjadi patokan ketepatanmu dalam berolahraga. Berbagai macam olahraga yang bisa meningkatkan detak jantung, tentunya sangat baik. Entah pada olahraga intesitas rendah atau tinggi.

Dengan melakukan jumping jack sebagai pemanasan, dapat membantu detak jantung berada di zona optimal. Bahkan, WHO (World Health Organization) merekomendasikan untuk berolahraga aerobik setidaknya 150 menit dalam waktu seminggu. Jumping jack sendiri termasuk ke dalam olahraga aerobik yang dapat menyehatkan sistem kardiovaskular, dengan menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan Stamina

Manfaat olahraga jumping jack juga dapat meningkatkan stamina dan juga endurance, apabila kamu melakukannya secara rutin dengan ritme yang konsisten. Tidak hanya itu, gerakan jumping jack juga dapat melatih dan meningkatkan stabilitas gerak tubuhmu.

4. Meredakan Stres

Stres yang bisa datang kapan saja, sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Tubuh menjadi kurang berstamina hingga terlihat kurang bugar. Agar stres dapat mereda dan kesehatan fisik tetap terjaga, kamu bisa melakukan olahraga jumping jack secara rutin.

Sebab, olahraga yang satu ini dianggap ampuh dalam meningkatkan suasana hati sehingga stres dapat terhempaskan. Tak heran, full body exercise seperti jumping jack ini dapat membantu tubuh memproduksi hormin kebahagiaan, yang tak lain adalah endorfin.

5. Memperkuat Tulang

Latihan melompat juga bermanfaat bagi kesehatan tulang, loh. Dengan melakukan gerakan jumping jack secara rutin, maka dapat memperkuat tulang agian kaki dan punggung bawah. Bukan hanya memperkuat tulang, gerakan ini juga bisa meningkatkan kepadatannya.

Hal ini tentunya akan mencegah risiko tulang rapuh apabila kepadatannya terus terjaga. Biasanya kondisi ini lebih rentan dialami oleh wanita, penting sekali untuk melakukan olahraga jumping jack demi meminimalisir terjadi osteoporosis.

6. Menurunkan Berat Badan

Apakah bisa melakukan olahraga jumping jack untuk kurus? Jawabannya adalah bisa. Jumping jack bisa menjadi pilihan yang sangat tepat, terlebih bagi kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Sebab, salah satu prinsip menurunkan berat badan adalah kalori yang keluar harus lebih banyak daripada kalori yang masuk.

Nah, adapun manfaat olahraga jumping jack ini, dapat membakar kalori yang masuk. Pada orang dengan berat badan lebih dari 70 kilogram, jumping jack selama 30 menit dipercaya dapat membakar sedikitnya 186 kalori, loh.

Risiko Melakukan Jumping Jack

Di balik manfaat olahraga jumping jack, ada pula risiko yang harus diwaspadai. Misalnya, cedera pada persendian tubuh bagian bawah dan pergelangan kaki. Biasanya masalah ini terjadi pada mereka yang memiliki masalah otot, sendi, dan kesehatan lain. Selain itu, ibu hamil juga termasuk salah satu kelompok yang memiliki risiko cukup tinggi, karena menimbulkan dampak tertentu pada ibu dan janin di dalam perut.

Baca Juga: 6 Tanda Jantung Bermasalah Ketika Berolahraga

Jadi, itulah pengertian jumping jack dan manfaatnya yang telah Seruni ulas dari berbagai sumber. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa langsung mencobanya, ya. Namun, tetap harus berhati-hati jika tidak ingin merasakan risikonya.

  • Bagikan
seruni.id