7 Vitamin untuk Menyehatkan Rambut

  • Bagikan
7 Vitamin untuk Menyehatkan Rambut
halodoc.com

Seruni.id – Ada beragam jenis nutrisi seperti vitamin untuk menyehatkan rambut, sehingga membuatnya tampak lebih berkilau, halus, dan tebal. Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga harus dijaga kesehatannya agar terhindar dari masalah-masalah yang membuatmu tidak percara diri.

7 Vitamin untuk Menyehatkan Rambut
cnfstore.com

Meski ada banyak faktor yang menjadi pemicu pertumbuhan rambut termasuk usia, genetik, dan hormon. Namun, asupan nutrisi yang optimal adalah kunci utamanya. Lalu nutrisi apa sajakah yang dibutuhkan oleh rambut?

1. Vitamin A

Agar dapat tumbuh, peran vitamin A sangat dibutuhkan dalam sel jaringan tubuh manusia. Termasuk rambut, yang pertumbuhannya paling cepat. Tidak hanya membantu pertumbuhannya dan menyehatkan rambut, vitamin A juga berepran penting dalam memperoduksi kelenjar minyak alias sebumpada kulit kepala.

Sebab, sebum juga penting untuk melembapkan kulit kepala dan membantu menyehatkan rambut. Vitamin A dapat dijumpai dengan mudah, terlebih pada makanan sehari-hari, mulai dari susu, telur, yoghurt, minyak ikan, kod, ubi, wortel, kangung, dan bayam. Atau bisa pula didapatkan dari suplemen.

2. Vitamin B

Selain vitamin A, vitamin B juga dibutuhkan untuk menyehatkan rambut. Namun, yang dibutuhkan adalah vitamin B dengan jenis biotin. Di mana ia dapat berperan sebagai penguat akar rambut dan mempercepat pertumbuhannya. Biotin bisa dengan mudah didapatkan melalui makanan yang kamu konsumsi sehari-hari, seperti telur ayam.

3. Vitamin C

Agar rambut tetap kuat dan terhindar dari kerontokan, maka rambut membutuhkan asupan kolagen yang cukup. Protein tersebut dapat terbentuk dengan baik apabila vitamin C terpenuhi. Oleh karena itu, vitamin C termasuk salah satu asupan yang dapat menyehatkan rambut. Sebab, ia dapat menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit kepala, sehingga rambut dapat tumbuh dengan baik.

4. Asupan Vitamin D

Berikutnya adalah vitamin D, yang mampu membantu pertumbuhan folikel baru. Ketika fungsi folikel terganggu atau tidak aktif, bisa membuat rambut tidak tumbuh sehingga mengalami kebotakan. Meski vitamin D dapat diperoleh dari ikan berlemak, minyak ikan kod, jamur, dan makanan olahan fortifikasi, kamu juga bisa mendapatkannya dari paparan sinar matahari, loh.

5. Asupan Vitamin E

Ini juga merupakan salah satu vitamin yang bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Selain karena memiliki sifat antioksidan, vitamin E juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta mencegah penuaan dini, loh. Meski demikian, vitamin E tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, ya. Sebab, hal ini hanya akan memicu kerontokan rambut dan masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan tiroid.

6. Zinc

Zinc kerap dimanfaatkan pada pengobatan rambut rontok karena kamampuannya dalam mempercepat pemulihan folikel, sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, zinc juga memelihara fungsi kelenjar minyak di sekitar folikel supaya rambut bisa tumbuh dengan sehat. Makanya, kekurangan nutrisi zinc dapat ditandai dengan, salah satunya, rambut rontok. Kamu memenuhi kebutuhan tersebut melalui makanan yang dikonsumsi, seperti daging sapi, bayam, kerang tiram, gandum utuh, kerang tiram, dan biji labu.

7. Zat Besi

Peran dari zat besi sendiri adalah untuk menunjung fungsi sel darah merah dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk folikel sehingga secara tidak langung, akan membantu pertumbuhan rambut sehat. Pastikan asupan zat besi dapat terpenuhi dengan baik, ya. Sebab, jika kamu kekurangan zat besi, hanya akan menyebabkan anemia yang ditandai dengan rambut rontok. Mineral ini ditemukan di kerang tiram, telur, daging merah, bayam, dan lentil.

Apakah Suplemem Rambut itu Penting?

Sebenarnya, sumber alami terbaik dari nutrisi vitamin bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, tidak masalah jika ingin mengonsumsi suplemen sebagai perawatan tambahan, jika makanan yang kamu konsumsi dirasa kurang dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Menurut Ralph M. Trüeb dalam penelitiannya, suplemen akan lebih berguna untuk orang-orang dengan kondisi kekurangan nutrisi tertentu. Mengonsumsi suplemen juga tidak lantas menyehatkan rambut dan membuatnya lebih lebat. Sebab, tubuh manusia yang menyerap dan menggunakan nutrisi yang dibutuhkan saja, apabila tidak terpakai, maka sisanya akan dibuang.

Apabila seseorang mengonsumsi suplemen secara berlebihan dengan dosis tinggi, hanya akan membuat fungsi tubuh terganggu hingga menyebabkan masalah serius. Perlu diingat juga bahwa selalu diskusikan dengan dokter atau nutrisionis kamu sebelum mengonsumsi suplemen.

Baca Juga: 8 Tips Khusus Merawat Rambut Kering Agar Lebih Sehat dan Indah

Setelah mengetahui jenis vitamin untuk menyehatkan rambut serta makanan yang dapat kamu konsumsi, jangan lewatkan kebutuhan nutrisi tersebut setiap hari, ya. Jika perlu, konsultasikan dokter terkait dosis atau asupan harian vitamin rambut yang direkomendasikan, sehingga manfaatnya dapat terasa secara maksimal.

  • Bagikan
seruni.id