13 Manfaat Olahraga Squat bagi Wanita

  • Bagikan
13 Manfaat Olaharaga Squat bagi Wanita
journal.sociolla.com

Seruni.id – Apa saja sih manfaat olahraga squat bagi wanita? Untuk menemukan jawabannya, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

13 Manfaat Olaharaga Squat bagi Wanita
review.bukalapak.com

Squat adalah latihan sederhana yang efektif untuk memperkuat otot tubuh dan membakar kalori. Tidak perlu peralatan khusus untuk melakukannya, bahkan olahraga ini bisa kita lakukan di mana saja. Hanya saja, latihan kekuatan dinamis ini membutuhkan kerja sama beberapa otot tubuh bagian bawah dan atas. Namun, fokus utama dalam squat adalah untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian bawah. Seperti paha depan, paha belakang, dan bokong.

Squat dapat memberikan tenaga dan memperkuat otot dalam melakukan tugas sehari-hari seperti berjalan membawa beban berat, hingga menaiki tangga. Namun, sebenarnya bagaimana sih gerakan squat yang sesungguhnya itu?

Gerakan dasar squat sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu, lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut. Melakukan gerakan squat selama 15 menit setiap harinya dapat membantu membakar sekitar 200 kalori dalam tubuh. Selain membakar kalori, gerakan ini juga dapat memberi sejumlah manfaat yang luar biasa, loh. Yuk lihat manfaat olahraga sqaut satu per satu berikut ini:

1. Baik untuk Lutut dan Persendian

Manfaat olahraga squate yang pertama, yakni dapat menjaga lutut dengan meningkatkan fleksibilitas dan mencegah cedera. Dengan gerakan squat yang membungkung dan meregangkan lutut mampu memperkuat otot lutut. Gerakan yang melibatkan pinggang, lutut, dan kaki saat bersamaan, beban tidak hanya membantu membangun otot lutut, tetapi juga meningkatkan kesehatan sendi. Hal ini memungkinkan lebih banyak oksigen dan darah mengarih di sekitar sendi, sehingga membantu menjaga lutut dan persendian tetap lentur dan kuat.

2. Mengurangi Risiko Cedera

Gerakan squat mampu meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian bawah, ligamen, dan jaringan. Dengan melakukan squat, maka fleksibelitas dan keseimbangan akan meningkat. Melakukan squat secara rutin pun risiko cedera kaki akan berkurang karena fleksibilitas otot sudah terlatih dengan baik. Sehingga kamu dapat beraktivitas dengan nyaman.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Squat dapat menciptakan lingkungan anabolik untuk membangun otot. Selain itu, juga bisa memicu pelepasan hormon pertumbuhan untuk meningkatkan massa otot. Proses metaboliesme glukosa dan lemak serta sensitivitas insulin juga lebih lancar. Efeknya tubuh bisa terlindungi dari sejumlah penyakit seperti diabetes, obesitas dan gangguan kardiovaskuler.

4. Membakar Kalori

Banyak orang yang melakukan latihan aerobik seperti lari dan bersepeda demi membakar kalori. Padahal, melakukan squat dengan rutin juga bisa membakar kalori, loh. Berdasarkan penelitian yang dihelat di Harvard Medical School, olahraga weight traning sepeti squat bisa membakar kalori hingga 223, pada orang dengan berat 155 pound (sekitar 70,3 kg) yang dilakukan selama 30 menit.

5. Mendorong Pertumbuhan Otot

Manfaat olahraga squat kelima adalah untuk mendorong pertumbuhan otot. Para ahli kebugaran mengatakan, bahwa squat adalah latihan yang baik untuk mendorong pertumbuhan otot di seluruh tubuh. Terkait hal ini, banyak binaragawan yang telah membuktikannya. Dengan melakukan squat secara rutin dapat mendorong tubuh untuk mengeluarakn hormon yang memicu pertumbuhan jaringan otot.

6. Baik untuk Punggung

Olahraga squat ini memiliki segudang dampak positif bagi tubuh, tak terkecuali bagian punggung. Squat dianggap sebagai latihan berdampak rendah. Sedangkan olahraga lainnya, bisa membuat lutut, punggung, dan pergelangan kaki menjadi tegang, squat tidak memberi banyak tekanan pada area ini. Jadi, kalau saat ini kamu memiliki masalah punggung, squat tangan bebas akan berguna untuk meminimalisir masalah tersebut.

Akan tetapi, para ahli kebugaran menyarankan, sebelum melakukannya sebaiknya konsultasi lebih dulu dengan dokter. Karena nantinya dokter akan memberi tahu apakah tubuh, tulang, dan otot dapat mendukung untuk jenis olahraga yang dimaksud atau tidak.

7. Mendapatkan Postur Tubuh Sempurna

Ingin memiliki postur tubuh yang sempurna? Kamu bisa melakukan olahraga squat secara rutin. Sebab, squat membutuhkan keseimbangan, inilah alasan mengapa olahraga yang satu ini bertanggung jawab untuk membuat atas postur tubuh menjadi lebih baik. Squat dapat memperkuat otot punggung dan membantumu duduk, berdiri, dan berjalan tegak.

8. Menyingkirkan Lemak

Tubuhmu menimbun banyak lemak? Tenang saja, kamu bisa melakukan olahraga squat untuk menyingkirkan lemak tersebut. Squat dipercaya dapat membantu mengencangkan otot dan juga membakar kalori. Jadi, jika kamu melakukan olahraga dengan tujuan menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan, maka olahraga squat bisa kamu lakukan secara rutin.

9. Mengencangkan Kaki

Manfaat olahraga squate selanjutnya dapat membantu mengencangkan kaki. Squat adalah latihan yang bagus untuk tubuh bagian bawah dan kakimu. Karena dalam latihan squat menggunakan setiap otot di kaki, dan karenanya squat sangat membantu mengencangkan dan membentuk pin kaki.

10. Mengencangkan Bokong

Selain poin di atas, ada pula manfaat squat untuk bokong. Yakni dapat mengencangkan bokong. Mungkin ini yang menjadi alasan terbesar mengapa wanita sangat menggandrungi latihan squat; tak lain untuk mendapatkan bentuk bokong yang kencang dan sempurna. Para ahli pun mengakui tentang hal ini.

11. Menjaga Kesehatan Paru-paru dan Jantung

Melakukan olahraga squat dipercaya dapat membantu otot jantung lebih kuat dan meningkatkan kapasitas paru-paru, terutama setelah menambah beban dengan menggunakan barbel. Menurut American Heart Association, mereka menyarankan untuk menambah latihan interval, salah satunya yakni squat setidaknya dua kali seminggu demi merangsang kekuatan otot tubh.

Selain itu juga melatih kekautan dan ketahanan tubuh untuk kesehatan jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa melakukan beberapa gerakan, mulai dari squat, sit up, hingga push up. Namun, sebelum melakukannya pastikan kamu telah melakukan pemanasan selama lima menit agar otot tidak terasa tegang.

12. Mencegah Seluit

Menurut para ahli, melakukan squat merupakan salah satu cara yang dapat membantu mencegah pembentukan seluit pada kulit. Hal ini karena peregangan dan peningkatan sirkulasi membantu menghilangkan garis-garis seluit yang tidak diingingkan oleh para wanita.

13. Baik untuk Pencernaan

Manfaat olahraga squat yang terakhir, yakni baik untuk sistem pencernaan. Dengan melakukan squat penuh, mampu menekan perut bagian bawah dengan paha dan menciptakan gelombang tekanan pada organ di dalam perut. Latihan ini membantu meningkatkan pencernaan dan memudahkan buang air besar.

Baca Juga: 18 Cara Mengecilkan Paha dan Betis dengan Mudah

Itulah sejumlah manfaat olahraga squat bagi wanita. Olahraga ini cukup praktis dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Usahakan untuk melakukan squat secara benar agar terhindar dari cedera dan mendapatkan manfaat yang telah Seruni sebutkan di atas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id