Ingin Membeli Furnitur Antik? Simak Dulu 6 Tips Ini!

  • Bagikan
Ingin Membeli Furnitur Antik? Simak Dulu 6 Tips Ini!
penjagarumah.com

Seruni.id – Selera masing-masing orang dalam mendesain interior rumahnya tentu berbeda. Ada yang menginginkan desain yang minimalis, modern, hingga vintage. Nah, khusus rumah bergaya vintage, biasanya si pemilik akan menghiasi rumah mereka sesuai dengan tema dan didukung oleh furnitur antik. Apalagi, barang-barang antik memiliki desain yang unik dan berkarakter.

Ingin Membeli Furnitur Antik? Simak Dulu 6 Tips Ini!
indonesian.alibaba.com

Bukan hanya itu, cerita, goresan, dan ketidaksempurnaannya membuat furnitur antik memiliki nilai tersendiri. Inilah mengapa mengisi rumah dengan furnitur antik menjadi hal yang sangat seru. Bagi kamu yang saat ini sedang ingin mengisi rumah dengan perabotan yang natik dan mungkin sedang melakukan pencarian, pastikan kamu tidak salah memilih, ya. Agar lebih yakin dan merasa puas, simak tips berburu furnitur yang telah Seruni rangkum berikut ini, yuk!

1. Temukan Toko yang Terpercaya dan Kunjungi Secara Berkala

Sebelum memutuskan untuk membeli furnitur antik, sebaiknya cari tahu terlebih dulu toko mana yang benar-benar terpercaya. Jika kamu tinggal di daerah dengan perumahan baru, kamu mungkin ingin menjelajahi area yang memiliki rumah lebih tua. Pasar loak, lelang, dan penjualan barang anti juga menghasilkan penemuan yang fantastis, loh.

Nah, setelah menemukannya, jangan langsung membeli, ya. Namun, kunjungi toko tersebut secara berkala. Kenalai tenaga penjualan atau vendor. Sebab, mereka akan memberikanmu banyak informasi ketika sesuatu yang kamu inginkan muncul. Biasanya, toko-toko furnitur sering kali mengurangi harga pada bagian-bagian yang belum terjual setelah jangka waktu tertentu. Kalau kamu sering check in, kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk tawar-menawar nih.

2. Perhatikan Secara Detail dan Sabar

Mungkin kamu sudah punya gambaran model furnitur yang ingin dimiliki. Atau saat mengunjungi sebuah toko kamu melihat barang antik tersebut, kalau sudah begini, pastinya rasa ingin memiliki selalu muncul. Namun, jangan langsung membelinya, ya. Alangkah baiknya, periksalah terlebih dulu secara teliti bagaimana kondisi furnitur tersebut. Baik dari segi kualitas, sejarah, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga punya kesempatan untuk membandingkannya dengan tempat lain, bisa dengan mendatangi langsung atau melakukan riset secaara online. Mencari barang antik memang harus teliti dan sabar. Sebab, jika tidak, kamu justru rugi atau malah ketipu.

3. Pertimbangkan Kualitas

Tips membeli furnitur antik berikutnya yakni harus mempertimbangkan kualitasnya. Meskipun beberapa furnitur memiliki kekuatan lebih lama dan tidak mudah hancur seperti meja, kursi, dan lemari. Namun, bagaimanakah jadinya jika kamu membeli furnitur antik berlapis kain? Apakah masih layak atau mudah robek? Inilah pentingnya mempertimbangkan kualitas sebelum membeli, tentunya kamu akan semakin mudah untuk mendapatkan barang dengan kualitas yang sesuai keinginan.

4. Perhatikan Material

Saat berburu furnitur antik, perhatikan material yang digunakan. Apakah itu kayu solid, kuningan, kulit, atau bahkan tembikar? Jangan hanya lihat bagian luarnya saja, tapi penting sekali memperhatikan bagian dalamnya juga. Dari situ akan tampak apakah barang tersebut benar-benar antik atau tidak. Usahakan untuk selalu mencari barang dengan kualitas baik dan barang yang punya cerita.

5. Sesuaikan dengan Ukuran Rumah

Barang-barang antik umumnya memiliki ukuran yang cukup besar. Maka dari itu, penting sekali untuk menyesuaikan dengan ukuran rumahmu. Sebab, kalau furnitur tidak sesuai, tentunya akan terjadi tumpang tindah yang akan membuat rumah tampak sempit. Jadi, pastikan furnitur yang ingin kamu beli memiliki ukuran yang sesuai dengan luas dan tinggi rumahmu.

6. Cari Merek Furnitur yang Relatif Tak Dikenal

Membeli barang dengan merek terkenal memang sangat mudah. Karena jika terjadi kecacatan akan sangat mudah untuk meminta garansi. Namun, tak ada salahnya loh untuk membeli furnitur dengan merek yang kurang dikenal orang, tapi dengan kualitas yang tak kalah bersaing. Apalagi, merek furnitur antik yang kurang dikenal biasanya jauh lebih murah, tentunya bersahabat dengan kantongmu, kan?

Baca Juga: 9 Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Furnitur Kayu

Jadi, itulah enam tips membeli furnitur antik. Pastikan kamu menerapkan tips di atas, ya. Agar saat membeli nanti, kamu tidak menyesal. Semoga membantu.

  • Bagikan
seruni.id