10 Manfaat Edamame untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Edamame untuk Kesehatan Tubuh

Seruni.id – Suka makan di restoran Jepang? Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dong dengan kacang edamame? Ternyata manfaat edamame untuk kesehatan tubuh sangat banyak, loh. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, simak penjelasannya berikut, ya.

10 Manfaat Edamame untuk Kesehatan Tubuh

Edamame adalah jenis kacang kedelai yang masih ada di dalam polongnya. Karena rasanya yang nikmat, kacang edamame kerap menjadi favorit di kalangan masyarakat. Selain nikmat, edamame juga mengandung banyak nutrisi, seperti lemak sehat, protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, dan K, folat serta mineral.

Termasuk juga mengandung zat besi, magnesium, kalsium, mangan, kalium, dan zinc. Melihat dari banyaknya kandungan di dalam edamame, tak heran kalau edamame juga memberikan manfaat ekstra untuk tubuh. Untuk diketahui lebih jelas, yuk simak manfaat edamame untuk tubuh berikut ini:

1. Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 47 gram protein kedelai atau edamame per hari, dapat menurunkan kadar kolesterol total sebenar 9,3% dan kolesterol LDL (jahat) sebesar 12,9%. Analisis penelitian lain juga menemukan, bahwa 50 gram protein kedelai per hari mampu mengurangi kadar kolesterol LDL sebesar 3%.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menyetujui klaim kesehatan untuk protein kedelai dalam mencegah penyakit jantung. Selain menjadi sumber protein kedelai yang layak, manfaat edamame bagi kesehatan tubuh adalah kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin K. Senyawa tanaman ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid darah, ukuran lemak termasuk kolesterol dan trigliserida.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat edamame untuk diet bukan hal yang harus diragukan lagi. Karena mengandung rendah lemak dan tinggi protein, edamame mampu menurunkan rasa lapar berlebihan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, berat badan pun akan turun secara signifikan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di masa pandemi ini, daya tahan tubuh menjadi prioritas yang harus diperhatikan. Sebab, jika daya tahan tubuh menurun, tubuh pun akan mudah terserang berbagai penyakit. Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya edamame ini. Perlu diketahui, bahwa edamame memiliki kandungan gizi yang tinggi, vitamin, dan antioksidan.

Menurut studi yang dirilis oleh jurnal Aging and Disease menyebutkan bahwa nutiri memiliki peran yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh, khususnya pada orang lanjut usia. Jika kacang edamame dikonsumsi secara rutin, kita dapat mengurangi risiko berbagai penyakit dan infeksi.

4. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat edamame lainnya yang bisa kita rasakan adalah dapat melancarkan dan menyehatkan pencernaan. Hal ini karena edamame mengandung serat dan protein yang tinggi, yang berfungsi sebagai prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri baik pada saluran pencernaan.

5. Aman untuk Penderita Diabetes

Sama seperti kacang pada umumnya, edamame juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena edamame tidak akan meningkatkan kadar gula darah berlebihan pada tubuh. Dengan adanya karbohidrat rendah yang terdiri dari lemak dan protein, membuat penderita diabetes aman mengonsumsinya.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat edamame selanjutnya yakni dapat mengurangi risiko kanker, baik kanker payudara maupun prostat. Hal ini karena edamame mengandung isoflavon atau senyawa yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

7. Menyehatkan Tulang

Kacang-kacangan mengandung tinggi kalium dan magnesium. Keduanya sama-sama penting dalam mendukung kesehatan tulang. Edamame termasuk salah satu kacang yang memiliki kandungan tersebut, sehingga jika mengonsumsinya dengan rutin, akan memberikan tubuh kandungan isoflavon yang dapat mengurangi risiko osteoporosis. Bahkan, manfaat edamame juga mampu menjaga kekuatan tulang bagi wanita pasca menopause.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat edamame untuk kecantikan juga bisa kita rasakan. Karena kandungan antioksidan di dalamnya, membuat edamame mampu merawat kesehatan kulit. Di mana zat tersebut sangat penting sekali untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

British Journal of Pharmacology sempat membahas mengenai kedelai yang dianggap berkaitan erat dengan pencegahaan penuaan kulit. Studi yang dilakukan pada tikus percobaan itu menunjukkan bawha isoflavon yang terdapat pada edamame memiliki manfaat sebagai terapi alternatif untuk mencegah perubahan kulit terkait penuaan.

9. Mengurangi Gejala Menopause

Manfaat edamame berikutnya yaitu mengurangi gejala menopause. Caranya sangat mudah sekali, kamu hanya perlu mengonsumsi edamame yang kaya akan isoflavon secara rutin. Sebab, sejumlah bakteri dapat mengubah isoflavon menjadi equol yang dapat meringkankan gejala tersebut.

10. Meningkatkan Kesuburan

Dengan mengkonsumsi protein dan zat besi dari edamame, bayam, labu, tomat, bit, dan kacang-kacangan dapat meningkatkan kesuburan serta menurunkan terjadinya risiko gangguan ovulasi.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja manfaat edamame untuk kesehatan? Hidup sehat memang menjadi harapan banyak orang. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai harapan saja, tapi kita harus melakukannya, caranya dengan mengonsumsi makanan sehat, menjaga pola hidup, dan olahraga rutin. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.