10 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

  • Bagikan
10 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan
hmetro.com

Seruni.id – Tidak hanya dagingnya, susu kambing juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat susu kambing memang tidak bisa dipisahkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kalau dibandingkan dengan susu sapi atau nabati, susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, terutama protein dan kalsium. Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat susu kambing untuk kesehatan yang perlu kita tahu:

1. Menambah Imunitas

Di masa pandemi ini, imunitas tubuh menjadi prioritas yang harus diperhatikan. Sebab, jika imunitas tubuh kuat, maka virus dan penyakit lainnya pun tidak mudah masuk. Nah, salah satu manfaat susu kambing ini adalah untuk menambah imunitas tubuh, karena di dalamnya memiliki kandungan nutrisi komplek. Seperti kalsium, protein, dan asam lemak baik. Selain itu, di dalamnya juga terkandung vitamin A yang berperan sebagai antioksidan.

Susu kambing juga terbukti dapat diserap oleh tubuh secara cepat, inilah yang membuat susu kambing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentunya dalam mengonsumsi susu kambing, harus diiringi dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Seperti olahraga teratur, mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi, hindari rokok, dan pandai-pandailah memanajemen stress. Karena tubuh yang sehat tidak akan mudah dimasuki virus.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat susu kambing lainnya adalah kandungan laktosa yang lebih rendah daripada susu sapi. Kandungan tersebut membuat susu kambing lebih mudah diserap oleh tubuh, loh. Selain itu, protein susu kambing yang dihasilkan oleh aktivitas asam lambung akan jauh lebih lembut. Dengan begitu, tidak terjadi penggumpalan dan dapat diserap lebih baik oleh usus.

3. Mencegah Stres dan Penyakit Saraf

Di masa-masa seperti ini, kita harus bisa mengolah pikiran kita agar tetap jernih dan tidak mudah stress. Ada berbagai cara untuk dapat terhindar dari stress, bisa dengan istirahat yang cukup, berolahraga, hingga mengonsumsi susu kambing hangat. Susu kambing dipercaya dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini karena adanya kandungan zinc dan magnesium yang dapat memperkuat jaringan saraf serta membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

4. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Konon, masalah kesehatan paru-paru dapat membaik hanya dengan mengonsumsi susu kambing, loh. Meski sebenarnya tidak ada kaitan langsung antara susu kambing dan kesehatan paru-paru. Namun, karena berbagai makronutrien dalam susu kambing dapat diserap oleh tubuh, maka imun tubuh akan meningkat. Dengan demikian kualitas kesehatan pun meningkat, bukan tidak mungkin organ dalam tubuh juga bisa berfungsi dengan maksimal, termasuk paru-paru.

5. Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat susu kambing berikutnya yakni mampu menguatkan tulang dan gigi. Hal ini karena di dalamnya terkandung kalsium. Satu gelas atau 200 ml susu kambing dapat memenuhi lebih dari 100% kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Di dalam tubuh, kalsium berperan untuk memelihara tulang dan gigi. Tak hanya itu, kalsium juga membantu otot untuk bekerja dengan optimal. Susu kambing bisa dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun ke atas dengan porsi yang disesuaikan.

6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Diketahui susu kambing juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal maupun ganda, serta trigliserida rantai sedang (MCT) yang cukup potensial daripada susu sapi. Karena adanya kandungan tersebut, kita dapat merasakan manfaat susu kambing lainnya, seperti mencegah penyakit kardiovaskular; aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner. Bukan hanya itu, tingginya kandungan kalium dalam susu kambing juga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

7. Mengatasi Osteroporosis

Rutin mengonsumsi susu kambing akan sangat membantu mengatasi osteoporosis, terlebih bagi lansia. Kadar kalsium pada susu kambing bisa dibilang tinggi. Selain itu, terdapat asam amino triptofan yang jika dikombinasikan dengan kalsium, mampu mempercepat pertumbuhan tulang dan memadatkan tulang.

8. Menghindari Penumpukan Lendir

Kalau kamu sering mengonsumsi susu kambing, pasti kamu akan merasakan manfaat susu kambing yang satu ini. Yakni kecil kemungkinan kamu mengalami masalah pernapasan akibat penumpukan lendir. Lemak tinggi pada susu sapi adalah alasan terjadinya penumpukan lendir dan susu kambing memiliki lemak lebih rendah sehingga menghindari iritasi usus.

9. Menyehatkan Kulit

Susu kambing kaya akan silikon, mineral yang secara positif memengaruhi kulit, rambut, kuku, dan sistem saraf. Rutin mengonsumsi susu kambing akan mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan.

10. Mengobati Diabetes

Mengonsumsi susu kambing adalah pilihan yang tepat bagi pengidap diabetes. Sebab, susu kambing bisa didapatkan berkat kandungan A2-betakasein dan asam amino esensial sangat baik bagi penderita diabetes untuk pembentukan insulin. Untuk hasil maksimal, minumlah susu kambing tanpa tambahan pemanis.

Walaupun kita tahu bahwa manfaat susu kambing sangat beragam, tapi kita juga perlu tahu nih kalau ada risiko di balik susu kambing tersebut. Mengingat tingginya kalori dalam susu kambing dibandingkan susu sapi, sehinggakita harus menjaga asupan susu kambing agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, bagi kamu yang memiliki intoleransi laktosa, tidak disarankan untuk mengonsumsi susu kambing karena di dalamnya juga mengandung laktosa seperti halnya susu sapi. Jika kamu memiliki intoleransi laktosa, kamu bisa mengonsumsi susu nabati, seperti susu kedelai, yang dijamin bebas laktosa.

Baca Juga: 20 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan

Setelah memahami penjelasan di atas, jangan ragu untuk segera merasakan manfaat susu kambing demi kesehatan tubuh. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter gizi guna mengetahui takaran konsumsi susu kambing yang sesuai dengan kebutuhan nutrisimu.

  • Bagikan
seruni.id