10 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Daging Kambing

  • Bagikan
10 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Daging Kambing
kompas.com

Seruni.id – Bau amis pada daging kambing terkadang membuat masakan menjadi kurang sedap. Namun, kamu tidak akan merasakannya lagi ketika kamu sudah tahu cara menghilangkan bau amis pada daging kambing. Lantas, bagaimana caranya?

10 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Daging Kambing
scmedia.id

Daging kambing adalah salah satu jenis daging yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Ranya yang lezat dan nikmat, menjadikan daging ini sangat digemari banyak orang. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang bisa mengolahnya menjadi benar-benar nikmat. Apabila dimasak dengan cara yang kurang tepat, maka teksturnya akan alot bahkan menimbulkan aroma yang tak sedap. Bau tersebut biasanya berasal dari feromon yang dihasilkan pada tubuh kambing, terutama pada kambing jantan.

Oleh karena itu, ada teknik khusus dalam mengolahnya. Bau amis atau prengus pada daging kambing biasanya juga timbul karena teknik memasaknya yang tidak benar. Namun, jangan khawatir, karena ada banyak sekali cara menghilangkan bau amis pada daging kambing. Seperti yang akan berikan berikut ini:

1. Tidak Mencuci Daging Mentah

Sebelum diolah menjadi hidangan yang nikmat, kebanyakan dari kita mungkin akan mencuci daging kambing mentah untuk menghilangkan darah dan kotoran. Namun ternyata, kebiasaan ini adalah hal yang dapat membuat daging menjadi prengus dan alot, loh. Selain itu, daging kambing yang dicuci sebelum dimasak juga cenderung semakin cepat mengalami pembusukan.

Nah, cara menghilangkan bau amis pada daging kambing bukan dengan mencucinya, ya. Tetapi daging harus segera direbus. Cukup rebus daging hingga mendidih dan buang air sisa kotoran tersebut. Dengan begitu, bau amis akan hilang dan teksturnya pun tidak alot.

2. Taburi Daging dengan Garam

Lantas, bagaimana jadinya jika daging sudah telanjur dicuci? Tak perlu khawatir, untuk menghilangkan amis daging kambing setelah dicuci, caranya adalah dengan menaburkan garam ke seluruh permukaannya. Dengan begitu, bau amis akan berkurang. Setelah ditaburi garam, biarkan selama 60 menit dan bersihkan daging dari garam menggunakan air, setelah itu baru bisa direbus.

3. Hilangkan Bagian Lemak

Cara menghilangkan bau amis pada daging kambing berikutnya adalah dengan menghilankgan bagia lemkanya. Cara ini terbilang cukup efektif, karena kebanyakan bau amis dari daging kambing ini berasal dari kandungan lemaknya. Untuk menghilangkan lemak tersebut caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkannya terlebih dahulu ke dalam lemari es. Setelah daging membeku, barulah pisahkan daging dan lemaknya.

4. Lumuri dengan Jeruk Nipis

Selain dapat menghilangkan bau amis pada ikan, ternyata jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bau daging kambing sebelum dimasak, loh. Untuk memanfaatkan jeruk nipis ini caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memeras jeruk niis hingga mengeluarkan sarinya. Kemudian segeralah baluri daging kambing dengan air perasan tersebut, hingga merata.

5. Bungkus dengan Daun Pepaya

Cara menghilangkan bau amis pada daging kambing berikutnya, yaitu dengan membungkusnya menggunakan daun pepaya. Sebab, daun pepaya memiliki kandungan enzim yang berfungsi efektif untuk menetralkan bau pada daging kambing. Selain itu, daun pepaya juga mampu membuat daging kambing menjadi lebih lembut.

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana caranya, sebenarnya sangat simpel. Pertama-tama, kamu harus menyiapkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah kamu bersihkan sebelumnya. Setelah itu, bungkus daging tersebut dengan daun pepaya. Dengan begitu, kandungan enzim pada daun bekerja menghilangkan bau prengus dan menjadikan daging lebih empuk.

6. Menggunakan Parutan Nanas Muda

Buah nanas juga efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing, loh. Selain itu, buah dengan rasa asam manis ini juga mampu menjadikan daging menjadi lebih lunak dan rasanya lebih nikmat. Caranya cukup mudah, pastikan kamu memilih nanas yang masih muda, kemudian parut dan taburkan hasil parutan tersebut ke seluruh bagian daging. Dengan begitu, daging akan semakin memiliki tekstur empuk dan bebas dari bau tak sedap.

7. Merebus dengan Aneka Rempah

Rempah-rempah memang memiliki beragam manfaat, salah satunya dapat mengilangkan bau amis pada daging kambing. Kalau ingin menggunakan cara ini, pastikan kamu telah menyiapkannya, ya. Mulai dari jahe, kunyit, cengkeh, ketumbar, daun salam, atau serai yang memiliki aroma kuat. Gabungan dari rempah tersebut akan menghasilkan aroma yang kuat dan dapat menghilangkan bau amis daging kambing. Ketika rempah tersebut sudah terkumpul, barulah rebus bersamaan dengan daging kambing.

8. Rendam dengan Air Kelapa

Cara menghilangkan bau amis pada daging kambing yang berikut ini cukup mudah. Kamu cukup menyiapkan air kelapa secukupnya, kemudian rendam daging kambing di dalamnya selama kurang lebih 30 menit. Perlu kamu ketahui, bahwa kandungan air kelapa tidak hanya menghilangkan bau amis saja, tapi juga akan membuat daging memiliki tekstur yang empuk.

9. Merebus Daging dengan Lobak

Lobak adalah tumbuhan jenis umbi-umbian yang juga dapat kamu manfaatkan sebagai penghilang bau amis pada daging kambing. Caranya, kamu bisa merebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, kemudian rebus selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, keluarkan potongan lobak tersebut dan mulailah memasak daging sesuai dengan resep yang sudah kamu siapkan.

10. Rendam dengan Cuka

Bahan dasar cuka sangat mudah dijumpai, kamu bisa gunakan saat tidak sempat membeli rempah atau bahan lainnya. Caranya rebus 1 liter air dalam panci, tunggu sampai mendidih, lalu masukkan 1 kilogram daging kambing, dan 50 gram cuka. Setelah itu kamu bisa tiriskan dan masak sesuai keinginan.

Baca Juga: 6 Mitos Seputar Daging Kambing yang Beredar di Masyarakat

Demikianlah 10 cara menghilangkan bau amis pada daging kambing. Kamu bisa memilih salah satu cara di atas yang menurutmu cukup mudah. Semoga informasi ini bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id