27 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Bagikan
27 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seruni.id – Manfaat wortel yang paling umum dan paling banyak diketahui adalah baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena wortel kaya akan vitamin A. Namun ternyata, khasiat sayuran berwarna oranye ini, tidak hanya sebatas untuk kesehatan mata saja, loh. Wortel juga memiliki kegunaan lain untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan juga baik untuk kecantikan kulit.

27 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ada banyak cara memanfaatkan wortel untuk kesehatan, mulai dari makan wortel rebus hingga dibuat menjadi jus. Berikut ini, Seruni akan merangkum beberapa manfaat wortel bagi kesehatan maupun kecantikan yang perlu kamu ketahui.

 

Kandungan yang Terdapat di Dalam Wortel

27 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan
aladokter.com

Sebelum membahas tentang beragam manfaat wortel, cari tahu dulu yuk apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya. Apa saja, ya?

1. Karbohidrat

Wortel memiliki kandungan yang terdiri dari air dan karbohidrat. Sayuran ini, juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Nah, yang dimaksud dengan indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan gula darah usai dikonsumsi. Biasanya, rentang indek glikemik pada wortel berada di kisaran 16-60. Indek paling rendah ada pada wortel mentah sedangkan yang tinggi ada pada wortel yang dimasak. Mengonsumi makanan rendah glikemik memiliki banyak manfaat kesehatan dan sangat baik untuk pengidap diabetes.

2. Vitamin dan Mineral

Kandungan di dalam wortel berikutnya adalah vitamin dan mineral, termasuk biotin, kalium, vitamin A dari beta karoten, vitamin K1, dan B6. Seperti yang sudah kita tahu, vitamin A mampu meningkatkan penglihatan yang baik, biotin perperan penting dalam metabolisme lemak dan protein, K1 untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang, sedangkan B6 terlibat dalam mengubah makanan menjadi energi.

3. Antioksidan

Apakah kandungan nutrisi pada wortel bergantung pada warnanya? Di sejumlah negara, wortel tidak hanya memiliki satu warna saja, tetapi beragam. Salah satunya adalah berwarna ungu. Warna tersebut memiliki kaitan dengan kandungan antioksidan dalam wortel. Antioksidan betakaroten memberikan wortel warna oranye cerah. Sementara warna ungu mengandung antosianin, dan likopen untuk wortel merah.

4. Senyawa Tanaman

Kandungan berikutnya adalah senyawa tanaman, termasuk di dalamnya karotenoid, yang merupakan antioksidan terkuat yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk jantung. Serta berbagai penyakit degeneratif, dan jenis kanker tertentu. Selain beta karoten, wortel mengandung alpha-karoten, lutein, lycopene, antosianin, dan polyacetylenes.

 

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

27 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan
klikdokter.com

Setelah tahu apa saja kandungan yang terdapat pada wortel, berikut beberapa manfaat wortel untuk kesehatan yang harus kamu ketahui:

 

1. Menjaga Kesehatan Mata

Makan wortel setiap hari, dapat menjaga kesehatan mata kita, loh. Wortel sangat baik untuk mata karena adanya kandungan vitamin A di dalamnya, serta lutein, dan zeaxathin. Selain itu, wortel juga diperkaya akan antioksidan.

Dengan rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan tersebut, akan memperkecil risiko terkena penykit mata, seperti rabun senja atau buta malam hari, katarak, dan degenerasi makula.

2. Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal

Manfaat wortel yang berikutnya, dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Baik pada pasien diabetes maupun orang yang sehat. Dengan gula darah yang stabil, pasien diabetes memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami komplikasi, seperti gangguan ginjal dan kerusakan saraf.

Pada orang yang sehat, wortel juga berperan penting dalam mencegah terjadinya resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, sehingga mereka bisa terhindar dari penyakit gula darah. Hal ini karena wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, dengan nilai indeks glikemik yang rendah.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung tak memandang usia, dan bisa diidap oleh siapa saja, baik tua maupun muda. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan jantung sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti wortel misalnya.

Wortel menjadi sayuran yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, hal ini dikarenakan kandungan kalium, antioksidan, dan serat di dalamnya. Kalium pada wortel, sangat baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Sedangkan serat dan antioksian, berperan dalam mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

4. Melancarkan Pencernaan

Kalau kamu punya masalah dengan pencernaan, mengonsumsi wortel bisa menjadi solusinya, loh. Sebab, serat dan kandungan air di dalamnya mampu melancarkan proses pencernaan serta membuat tinja menjadi lebih padat dan lunak. Sehingga sangat direkomendasikan untuk mencegah dan mengatasi konstipasi. Tak hanya itu, manfaat wortel lainnya juga dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus, ini dikarenakan kandungan prebiotik di dalamnya.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Masalah kanker umumnya diawali karena pembentukan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol. Meski tidak langsung menyebabkan kanker, tapi beberapa makanan yang mengandung antioksidan mungkin bisa mengurangi risikonya. Antioksidan berupa karoten dan likopen, bisa kamu dapatkan di dalam sayuran wortel. Menurut sebuah penelitian yang dirilis dalam The American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan ini mungkin dapat melindungi sel tubuh dari kemungkinan penyakit kanker darah atau leukimia.

6. Mencegah Obesitas

Manfaat wortel yang berikutnya, dapat membantumu untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Hal ini karena kalori yang terkandung di dalamnya sangat sedikit. Namun, padat akan nutrisi seperti protein, serat, vitamin, air, dan mineral. Selain itu, kandungan serat yang terdapat pada wortel, dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan pun akan terkontrol. Jadi, perbanyaklah mengonsumsi wortel, ya. Baik dalam keadaan direbus maupun dibuat jus.

7. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat wortel untuk kesehatan selanjutnya, bisa membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi wortel dengan cara dijus, maka energi dan metabolisme pun akan meningkat. Ini terjadi karena adanya vitamin B yang terkandung di dalamnya, yang memecah glukosa, lemak, dan protein, serta memastikan energi tersebut terpakai secara efisien oleh tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Usia yang semakin bertambah, akan membuat fungsi otak mengalami penurunan. Kondisi ini tak lepas dari pengaruh radikal bebas. Radikal bebas merupakan bagian dari reaksi kimia di dalam tubuh, tapi hal ini juga berdampak pada kerusakan otak dan saraf.

Salah satu manfaat wortal yaitu, dapat mencegah dampak radikal bebas terhadap otak. Walaupun jumlahnya kecil, tapi kandungan beta karoten di dalamnya dapat menghambat penurunan fungsi otak di kemudian hari.

9. Menyembuhkan Luka

Karena kandungan beta karotennya yang cukup tinggi, membuat wortel bermanfaat sebagai obat penyembuh luka. Hal ini, karena adanya vitam A di dalamnya, yang bermanfaat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Kamu bisa memanfaatkan wortel dalam bentuk jus atau masker.

10. Menurunkan Kolesterol

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, seseorang yang mengonsumsi wortel sebanyak 6 buah selama satu minggu, dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi daripada yang hanya mengonsumsi satu buah dalam sebulan.

Wortel sendiri merupakan sayuran yang tinggi serat, tapi rendah kalori dan lemak. Dengan serat ini manfaat wortel adalah membantu menurunkan kolesterol karena sifatnya yang menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

11. Membersihkan Mulut dari Bakteri

Sikat gigi saja tidaklah cukup untuk membersihkan bakteri yang bersarang pada mulut. Kita juga perlu mengonsumi sayuran tertentu untuk melindunginya. Misalnya, ketika mengunyah sayuran berserat kuat seperti wortel, otot-otot gusi akan terlatih menjadi lebih kuat.

Ini juga dapat merangsang kelenjar ludah untuk memproduksi lebih banyak air liur. Di mana, air liur berperan untuk membersihkan mulut dan gigi dari sisa-sia makanan yang menempel. Dengan begitu, kuman tidak akan tumbuh.

12. Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi hal yang menakutkan, bukan saja bagi wanita tapi juga pria. Untuk mencegahnya, tentu saja kita harus mengubah pola hidup dan pola makan. Caranya adalah dengan mulai mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan beta karoten. Wortel menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi.

Sebab, di dalamnya terkandung beta karoten yang cukup tinggi. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakuakn di Harvard University menyebutkan, mengonsumsi makanan yang kaya akan beta karoten, seperti wortel dapat mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 17 persen.

13. Antiradang

Seperti yang sudah Seruni sebutkan di atas, wortel mengandung mineral dan juga vitamin. Kedua kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai anti radang, loh. Ekstrak wortel, dapat mencegah tubuh dari peradangan. Bahkan, efeknya hampir setara jika dibandingkan denagn mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin, iburprofen, naproxen, dan celecoxib.

14. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat wortel sangat baik untuk menjaga tekanan darah. Hal ini tentu saja karena kandungan serat dan potesium di dalamnya. Bahkan, American Heart Association menyarankan, untuk mulai mengurangi garam dan meningkatkan konsumsi potasium, seperti wortel. Karena potasium diketahui dapat membuat pembuluh darah mengalami relaksasi sehingga bisa menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.

15. Membersihkan Paru-paru

Tidak hanya dapat menjaga tekanan darah, manfaat wortel rebus juga sangat baik untuk mematikan sel kanker di dalam paru-paru, loh. Selain itu, wortel rebus juga dapat membantu racun dan kotoran di dalam paru-paru. Seperti paru-paru seseorang yang merokok yang sangat kotor dan memiliki berbagai kandungan racun di dalamnya, maka dapat dibersihkan dengan rutin mengonsumsi wortel dengan cara direbus.

 

Manfaat Wortel untuk Kecantikan

27 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan
orami.co.id

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, wortel juga menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan, loh. Di antara manfaatnya adalah sebagai berikut:

16. Menenangkan Kulit Kering

Banyak sekali faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering, mulai dari faktor cuaca yang sangat panas, hingga kurangnya kalium di dalam tubuh sehingga membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi wortel dalam bentuk jus. Sebab, di dalam jus wortel terkandung kalium yang dapat melembapkan kulitmu.

17. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Ingin kulit tetap terlindungi meski terpapar sinar matahari? Caranya adalah dengan memperbaiki nutrisi dari dalam. Nutrisi yang tepat untuk melindungi kulit adalah beta karoten yang banyak ditemukan pada wortel. Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, dapat melindungi kulit dari efek radiasi ultraviolet.

18. Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat wortel untuk kencatikan yang tak perlu diragukan lagi yakni dapat mengatasi kulit berminyak. Wortel dapat berperan dalam mengontrol kadar minyak pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih lembut, lembap, dan bersih secara alami. Kamu bisa memanfaatkanya untuk wajah dengan cara menjadikannya sebagai masker.

19. Melembapkan Wajah

Wajah yang lembap menjadi nilai plus bagi wanita. Sebab, ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat. Nah, adapun manfaat wortel yang bisa kamu rasakan adalah dapat melembapkan wajahmu secara alami. Pasalnya, di dalam wortel terkandung kalium yang dapat mencerahkan kulit. Kamu tidak perlu bingung untuk memanfaatkannya, karena kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus secara rutin.

20. Merawat Noda dan Bekas Luka pada Kulit

Dengan mengonsumsi jus wortel secara rutin, mampu membantu untuk mengurangi munculnya noda dan menghilangkan bekas luka pada kulit. Selain dijadikan sebagai jus, kamu juga bisa membuatnya menjadi masker dan mengaplikasikannya pada permukaan kulit.

Campurkan parutan wortel, krim susu, madu, dan minyak zaitun. Oleskan campuran pada permukaan kulit sebagai masker. Dapatkan manfaat masker untuk kulit.

21. Mengencangkan Kulit

Wortel tidak hanya mengandung vitamin A saja, tapi juga vitamin C. Di mana, vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh, sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih kencang.

Untuk merasakan manfaat wortel ini, kamu bisa menjadikannya sebagai jus atau masker, yang kemudian dimanfaatkan secara rutin. Dengan mengonsumsi wortel dan menjadikannya sebagai masker, kamu tidak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam hanay untuk melakukan suntik kolagen.

22. Membuat Kulit Menjadi Lebih Bersinar

Selain dapat mengencangkan kulit, vitamin C yang terdapat pada wortel juga mampu membuat kulit menjadi lebih cerah, loh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka disarankan untuk mengonsumsi wortel secara rutin setiap hari. Dengan begitu, perubahan pada kulit pun akan tampak secara bertahap.

23. Mengatasi Kulit Kusam

Kulit kusam sering kali menganggu penampilan, sehingga membuat kurang percaya diri. Kulit yang kusam, diakibatkan karena paparan sinar matahari yang berlebih. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ya. Karena kamu bisa merasakan manfaat wortel untuk mengatasi kulit kusam.

Kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker wajah. Ketika kamu menggunakannya secara rutin, maka wortel akan bekerja dengan menganggkat sel kulit mati dan memunculkan kulit baru yang lebih cerah dan sehat.

24. Melembutkan Rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang terawat. Nah, jika kamu menginginkan rambut yang sehat dan lembut, tentu saja kamu harus merawatnya. Tak harus selalu datang ke salon, cukup manfaatkan wortel yang dipadukan dengan madu sebagai masker rambut. Hasilnya, rambut pun akan lebih lembut dan mudah diatur.

25. Menghitamkan Rambut

Manfaat worel berikutnya, dapat membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau. Bagi kamu yang sering terpapar sinar matahari atau sering menggunakan hair dryer, biasanya rambut akan berwarna agak kecokelatan. Nah, untuk mengembalikan warna indah rambutmu, kamu bisa menggunakan wortel dengan campuran minyak kemiri.

26. Mencegah Penuaan Dini

Wortel kaya akan beta karoten yang tidak hanya baik utuk kesehatan, tapi juga dapat memperlamat penuaan sel sehingga kulit tidak mudah keriput. Keriput di usia muda, sering kali disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. Namun, dengan sering mengonsumsi jus wortel atau menggunakannya sebagai masker, dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada wajah.

27. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat wortel untuk wajah lainnya, adalah dapat menyamarkan flek hitam. Untuk memanfaatkannya sangatlah mudah, kamu cukup menjadikan wortel sebagai masker wajah. Namun, wortel yang digunakan sebagai masker, ada baiknya dipadukan dengan sedikit madu dan olive oil. Setelah itu, barulah aplikasikan ke seluruh permukaan wajah secara merata. Kemudian biarkan selama 20 menit sebelum dibersihkan.

Manfaat wortel ternyata sangatlah banyak, baik dari segi kesehatan maupun kencatikan. Setelah mengetahui beragam manfaat di atas, mulai sekarang cobalah masukkan wortel ke dalam menu makanan sehari-hari.

Baca Juga: 

Namun, saat membeli wortel, pilihlah wortel yang masih segar, keras, dan kering. Oh ya, sebelum mengonsumsinya pastikan kamu telah membersihkan wortel dengan baik, ya, kemudian masaknya hingga matang. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id