Konsumsi 12 Makanan Ini, Karena Bisa Melancarkan Buang Air Besar

0
wowkeren.com

Seruni.id – Masalah pencernaan sering menjadi gangguan yang paling membuat kita tidak nyaman karena buang air besar alias BAB tidak lancar. Kalau kamu memiliki permasalahn seperti di atas lebih baik coba konsumsi 12 makanan sehat ini deh. Karena ternyata selain rasa yang enak, makanan-makanan ini bisa melancarkan buang air besar, loh.

Kiwi

Related image
miarevista.es

Secangkir kiwi bisa memberikan 5 gram serat sehingga dapat melancarkan buang air besar. Selain itu, Kiwi mengandung anti-oksidan serta kaya akan vitamin C.

Air Kelapa

Image result for Air Kelapa
detik.health.com

Selain rasa nya yang menyegarkan ternyata air kelapa memiliki khasiat melancarkan buang air besar, loh. Air kelapa dikenal sebagai obat pelancar buang air besar alami yang aman dikonsumsi baik untuk orang dewasa ataupun anak-anak. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa juga mampu menghilangkan dehidrasi dan juga menyembuhkan rasa sembelit akibat sulit buang air besar.

Jagung

Related image
palembang.tribunnews.com

Jagung adalah salah satu sumber serat yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga jagung akan mendorong semua kotoran yang tertahan di dalam perut dan ucapin selamat tinggal deh sama perut melilit akibat susah buang air besar.

Jeruk

Image result for Jeruk
bisnis.tempo.co

Ketika sulit buang air besar, kamu bisa langsung mengonsumsi jeruk. Satu buah jeruk tidak hanya memiliki 4 gram serat, tetapi juga mengandung 86 kalori serta naringeni dan flavonol, yang memiliki sifat sebagai pencahar.

Oatmeal

Image result for Oatmeal
denys.com

Saat waktu sarapan coba ganti nasi yang biasa kita konsumsi dengan oatmeal agar mendapatkan kelancaran buang air besar. Karena serat dalam oatmeal lebih banyak dibanding nasi ataupun sumber karbohidrat yang lainnya.

Air Lemon

Related image
sidomi.com

Air adalah salah satu solusi terbaik untuk melancarkan buang air besar yang tidak teratur. Namun akan lebih baik apabila kita mencampurkan ekstrak lemon kedalamnya. Karena kandungan asam dalam lemon akan mendorong semua kotoran sehingga akan lebih mudah keluar. Meminum air lemon di malam hari sangat disarankan jika kalian menginginkan BAB yang lancar saat bangun tidur keesokan harinya.

Anggur

Related image
beritatangsel.com

Sifat pencahar yang ada didalam buah anggur juga bisa kita manfaatkan jika mengalami kesulitan dalam mendapatkan BAB yang teratur. Selain rasanya yang enak, serat dalam buah anggur memiliki khasiat yang sangat bagus untuk penceranaan.

Teh Hangat

Image result for Teh Hangat
food.detik.com

Teh panas dapat merangsang gerak perut dan mengurangi sembelit. Teh hangat juga akan memperlebar pembuluh darah sehingga pencernaan akan terasa lebih mudah dalam membuang kotoran yang ada dalam tubuh kita.

Baca Juga: Manfaat dan Efek Samping Minum Teh

Aprikot

Image result for Aprikot
pedomanbengkulu.com

Aprikot mungkin jarang kita konsumsi dan temukan di pasar tradisional Indonesia namun buah ini ternyata dapat meningkatkan frekuensi buang air besar dan kontraksi usus besar yang akan membuat pencernaan kita sehat serta terhindar dari gangguan kesulitan BAB.

Buah Tin

Image result for Buah Tin
jempolkaki.com

Setengah cangkir buah tin kering mengandung 7,5 gram serat yang dapat memenuhi hingga 30% dari kebutuhan serat harian yang disarankan. Berbagai penelitian pun telah banyak membuktikan khasiatnya, baik pada sistem pencernaan maupun kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bayam

Image result for Bayam
merdeka.com

Sayuran yang identik dengan salah satu tokoh kartun berotot ini rupanya tak hanya kaya akan zat besi saja, namun mengandung serat yang cukup mumpuni. Kombinasi berbagai mineral juga serat dalam bayam mampu merangsang kontraksi usus besar dan melunakkan feses sehingga akan lebih mudah dikeluarkan.

Popcorn

Image result for Popcorn
earthfoodandfire.com

Siapa sangka, ternyata cemilan yang kerap dinikmati saat nonton film ini termasuk makanan sehat. Popcorn kaya akan serat, bergizi dan rendah kalori. Dalam tiga cangkirnya terkandung 3 gram serat dan hanya mengandung 93 kalori. Namun semua itu hanya bisa didapatkan apabila popcorn di olah tanpa bahan tambahan, seperti minyak, mentega, garam juga gula.

Selain mengonsumsi beberapa makanan yang bisa melancarkan buang air besar dan memastikan tubuh selalu terhidrasi, terapkan pula gaya hidup aktif dengan rutin berolahraga setidaknya 3 kali seminggu. Jika kebiasaan-kebiasaan baik ini diterapkan secara konsisten, niscaya buang air besar dapat dilakukan rutin setiap harinya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.