Memakai Plester untuk Menutupi Luka, Bolehkah?

grid.id

Seruni.id – Luka ringan seperti tergores benda tajam, tersayat dan lain halnya bisa terjadi kapan dan dimana pun. Tak jarang dari kita memakai plester untuk menutupi luka tersebut, tujuannya agar tidak infeksi dan menyebabkan luka yang lebih parah.

Namun, banyak pula yang beranggapan jika luka ditutup menggunakan plester, membuat luka tersebut sulit sembuh? Apakah anggapan tersebut hanya sebuah mitos belaka atau memang fakta. Penasaran? Ungkap kebenarannya di bawah ini ya, Ladies!

Related image
lifestyle.kompas.com

Menurut Dr. Adisaputra Ramadhinara, dokter spesialis luka pertama dan satu-satunya di Indonesia mengatakan anggapan bahwa luka tidak boleh ditutup karena akan membuat luka tersebut lembap dan tidak bisa kering, hal ini merupakan sebuah mitos saja, loh.

Faktanya, pada tahun 1962, telah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa pada keadaan lembap, proses penyembuhan luka bisa berlangsung lebih optimal, dan hal ini mengubah total paradigma yang keliru selama ini mengenai anggapan bahwa luka kering akan lebih cepat sembuh.

“Setelah dibersihkan luka perlu ditutup untuk menjaganya tidak terkena kuman dari luar, dan setiap kali mengganti plester, sebaiknya luka dibersihkan kembali terlebih dahulu,” ungkap Dr. Adisaputra saat ditemui di Jakarta.

Selain itu, bila tidak dibersihkan dengan tepat luka sederhana akan menjadi melebar dan terjadi infeksi.

“Biasanya luka sederhana yang disepelekan, tahu-tahu jadi lebih besar, malah komplikasi. Maka dari itu, step pengobatan pun harus benar seperti mulai dari membersihkan luka menggunakan antiseptik yang efektif dan anak untuk kulit,” tutupnya.

Baca Juga: 7 Jenis Buah Untuk Luka Bakar

Namun perlu kamu ketahu, penggunaan plester juga tidak bisa dipakai satu hari penuh ya. Sebaiknya plester diganti minimal dua kali dalam sehari. Penggantian biasanya dilakukan setelah mandi. Saat mandi, luka akan terkena air jika tidak ditutup. Padahal, luka yang basah atau lembab dapat menjadi tempat yang nyaman bagi kuman untuk berkembang biak.

Jadi, sudah tahu kan bagaimana kebenarannya mengenai penggunaan plester untuk menutupi luka? Semoga bermanfaat ya, Ladies.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.