Mengapa Aroma Parfum Sering Mengingatkan Tentang Kenangan?

  • Bagikan
Mengapa Aroma Parfum Sering Mengingatkan Tentang Kenangan?
review.bukalapak.com

Seruni.id – Pernahkah kamu tak sengaja mencium aroma parfum, lalu kamu teringat akan kenangan? Entah itu kenangan yang menyenangkan atau tentang kenangan terhadap kejadian di waktu tertentu. Ternyata hal itu bukan sekadar kebetulan belaka, melainkan terdapat penjelasan secara ilmiah. Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut adalah alasan mengapa aroma parfum tertentu sering kali mengingatkan kenangan masa lalu. Yuk disimak!

Mengapa Aroma Parfum Sering Mengingatkan Tentang Kenangan?
kumparan.com

 

Proses Mengingat Kenangan Melalui Aroma Parfum

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang aroma parfum, Seruni ingin mengajakmu memahami konsep aroma secara luas, di mana aroma tersebut dapat memunculkan kembali kenangan di masa lalu. Misalnya, setiap kali mencium aroma kaporit, yang terlintas di benak adalah kenangan di masa kecil saat berenang bersama teman-teman. Bagaimana sih hal tersebut bisa terjadi dengan begitu jelas?

Hal tersebut bisa terjadi lantaran seluruh saraf saling berhubungan. Proses dimulai dari aroma tertentu yang masuk ke hidung, lalu aroma tersebut berjalan menuju saraf kranial (12 pasang saraf yang dapat terlihat di bagian dasar otak) melalui bulbus olfaktorius (sel reseptor utama untuk indra penciuman) yang membantu otak memproses aroma tersebut. Bulbus olfaktorius ini merupakan bagian dari sistem limbik sebagai pusat emosi otak.

Sebagai anggota sistem limbik, olfactory bulb atau bola penciuman dapat dengan mudah mengakses amigdala (bagian dalam anatomi otak), yang berperan dalam ingatan emosional. Indra penciuman memiliki kemampuan yang lebih kuat untuk masuk ke dalam amigdala, sehingga kita pun bisa dengan mudah membawa kembali ingatan masa lalu ketika mencium aroma tertentu. Yup, begitulah proses dan alasan ilmiah sebuah aroma bisa membangun kembali emosi dan ingatan dengan mudah.

 

Bagaimana Bisa Banyaknya Aroma Meninggalkan Masing-masing Kenangan?

Setelah kamu memahami penjelasan ilmiah di atas, maka begitulah cara kerja aroma parfum yang bisa memunculkan kembali kenangan di masa lampau. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana bisa otak dapat mengingat banyaknya kenangan dengan aroma parfum yang berbeda-beda?

Selama ini, mungkin ada puluhan bahkan ratusan aroma parfum yang telah kamu cium dengan aroma yang berbeda. Entah parfum yang kamu pakai sendiri maupun orang lain. Belum lagi, banyak aroma-aroma lain selain parfum. Mulai dari aroma makanan, aroma ruangan, dan aroma lainnya yang turut menyimpan kenangan.

Tahukah kamu? Ternyata, hidung manusia mengandung 5 juta reseptor alfaktorius, dengan 1000 tipe yang tak sama. Tidak seperti indra lainnya, yang hanya memiliki empat sensor untuk cahaya dan sekitar empat jenis reseptor untuk sentuhan.

Reseptor sendiri adalah satu atau sekelompok sel saraf dan sel lainnya yang berperan dalam mengenali rangsangan tertentu, yang berasal dari luar maupun dalam tubuh. Jadi, tak perlu heran jika kita bisa memunculkan banyak kenangan berbeda dari setiap aroma yang kita cium. Bayangkan saja, satu parfum sendiri memiliki banyak aroma. Ternyata hebat banget, ya, hubungan antara beragam sel saraf dalam tubuh kita!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Parfum Lokal, Keharumannya Tahan Lama!

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai hubungan antara aroma parfum dengan emosi dan kenangan di masa lalu. Kira-kira, aroma seperti apa sih yang bisa menggambarkan sosokmu di benak orang lain?

  • Bagikan