Kumpulan Doa Pembuka Rezeki dalam Rumah Tangga Agar Mengalir Deras

  • Bagikan
Kumpulan Doa Pembuka Rezeki dalam Rumah Tangga Agar Mengalir Deras
smol.id

Seruni.id – Mencari nafkah memang menjadi tanggung jawab seorang suami. Namun, sebagai istri yang baik, kita tentu ingin membantu suami. Meskipun tidak harus bekerja, tapi juga bisa dengan membaca doa pembuka rezeki. Membaca doa adalah salah satu ikhtiar agar senantiasa Allah memberikan kelancaran dan memberikan rezeki yang halal.

Kumpulan Doa Pembuka Rezeki dalam Rumah Tangga Agar Mengalir Deras
news.detik.com

Berikut ini Seruni telah merangkum kumpulan doa pembuka rezeki yang bisa diamalkan setiap hari, yang bisa menjadi pendukung di setiap langkah suami dalam mencari nafkah.

 

1. Doa Pembuka Rezeki Agar Dimudahkan

Pintu rezeki yang terbuka lebar adalah salah satu sumber kebahagiaan bagi setiap orang. Sebab, dengan rezeki tersebut, kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Misalnya, berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Namun, mencari rezeki tidaklah mudah, banyak tantangan yang harus dilalui. Terlebih di zaman sekarang, banyak sekali godaan-godaan yang kerap menjerumuskan pada rezeki yang tidak halal. Nah, agar rezeki dapat diperoleh dengan mudah dan juga halal, kamu bisa mengamalkan doa berikut ini.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Alloohumma inii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

 

2. Doa Pembuka Rezeki yang Halal

Setiap muslim wajib untuk mencari rezeki yang halal. Rezeki yang diketahui sumbernya dengan jelas dan tentunya bukan berasal dari yang haram, ataupun merampas milik orang lain. Sebab, segala yang kita miliki saat ini hanyalah titipan, yang kelak akan dipertanggungjawabkan. Tentunya kamu tidak ingin di pengadilan akhirat nanti dihisab sangat berat, kan? Maka dari itu, bacalah doa pembuka rezeki berikut ini agar kamu memperoleh rezeki yang halal.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Allahumma inii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.”

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322).

 

3. Doa Agar Memperoleh Hara yang Berkah

Harta yang berkah adalah harta yang disenangi Allah. Untuk mendapatkan keberkahan, tentu harus diperoleh dengan cara yang halal. Karena tidak mungkin Allah akan memberkahi harta yang haram. Ketika suami hendak mencari rezeki, maka amalkanlah doa berikut.

“Allahumma aktsir maa lii (lanaa) wawaladii (naa) wabaaRiklii (lanaa) fiihi.”

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.”

Atau kamu juga bisa membaca doa berikut ini:

“Bismillaahi ‘ala nafsi zauji wa malahu wa dinahu. Allahumma radldli li zauji bi qodloika wa barik lahu fi qodarika hatta la yuhibbu ta’jiila ma akhkhorta wala ta’khiro ma ‘ajjalta.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah atas diri suamiku, hartanya, dan agamanya. Ya Allah, relakanlah suamiku untuk menerima keputusan-Mu, berilah keberkahan padanya dalam tadkir-Mu sehingga dia tidak senang menyegerakan apa yang Engkau undur dan mengakhirkan apa yang Engkau segerakan.”

 

4. Doa Pembuka Rezeki dan Dijauhkan dari Harta Haram

Setiap muslim seharusnya sudah paham, bahwa mencari harta dengan cara yang haram adalah hal yang dibenci oleh Allah SWT. Bahkan, kamu tidak akan pernah merasakan keberkahan di dalamnya. Agar rezeki lancar dan halal, kamu bisa membaca doa pembuka rezeki berikut ini:

اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ ياَحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak.”

Artinya: “Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha Kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karunia-Mu.”

 

5. Doa Agar Diberi Ketenangan Hati

Rezeki tak melulu soal uang dan harta. Kesehatan, nikmat iman, nikmat hidup, dan ketenangan hati adalah rezeki yang luar biasa. Namun, kadang kita sering lupa mensyukurinya. Padahal, memiliki banyak harta tanpa adanya ketenangan hati, membuat hidup menjadi sering gelisah. Adapun doa agar diberikan ketenangan hati adalah:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

“Bismillahi tawakaltu’alallahi walaa haola walaaquwwata illa billahi.”

Artinya: “Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Mu, tiada daya dan upaya melainkan Engkau.”

 

6. Doa Agar Terhindar dari Segala Kesulitan

Sama halnya seperti ketenangan hati, terhindari dari masalah, baik di dunia maupun di akhirat adalah salah satu rezeki yang patut kita syukuri. Kehidupan yang damai akan mengantarkan pada kebahagiaan.

“Allahumma innii as-alikal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dun-yaa wal aakhirah. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maali. Allahummas-tur ‘au-raati wa aamin rau-‘aati.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga, dan hartaku.”

 

7. Doa Pembuka Rezeki dan Diberi Usia yang Panjang

Sebagai seorang istri, tentunya ingin segala hal yang baik untuk belahan jiwa, kan? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung suami, yaitu dengan memanjaatkan doa pembuka rezeki agar diberikan kelancaran dan usia yang panjang.

“Allahumma aktsir mala zauji wa barik lahu fima a’thotaitahu wa athil hayatahu ‘ala tho’atika wa ahsin ‘amalahu waghfirlahu.”

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta suamiku serta berkahilah karunia yang Engkau berikan padanya, panjangkanlah umurnya dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalnya serta ampunilah dosa-dosanya.”

Baca Juga: 5 Jenis Rezeki yang Sering Kita Lupakan

Itulah deretan doa pembuka rezeki dalam rumah tangga, yang bisa diamalkan oleh setiap muslim. Selain mendatangkan rezeki, memanjatkan doa juga bisa mendatangkan pahala. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan