5 Cara Ampuh Mengatasi Lemas Saat Haid

5 Cara Ampuh Mengatasi Lemas Saat Haid
WinNetNews.com

Seruni.id – Beberapa wanita mungkin ada yang merasakan pusing, mual, lemas, saat haid. Belum lagi perut yang terasa sangat sakit sekali. Hal ini sangat menganggu untuk melakukan aktivitas. Apakah kamu juga salah satu yang merasakannya? Untuk mengatasi lemas saat haid serta rasa sakitnya, ada sejumlah tips yang bisa kalian coba. Berikut ulasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

5 Cara Ampuh Mengatasi Lemas Saat Haid
hellosehat.com

1. Istirahat yang Cukup

Mengatasi lemas saat haid, bisa dengan menghindari aktifitas yang membuatmu merasa lelah. Maka lebih baik istirahatlah yang cukup, karena dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit. Sebab, ketika wanita sedang menstruasi, hormon pada tubuh akan mengalmi perubahan yang memungkinkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

2. Mengonsumsi Air Putih Lebih Banyak

Cara yang berikutnya yaitu dengan mengonsumsi air mineral lebih banyak dari biasanya, untuk mencegah rasa lemas saat menstruasi. Selain itu, kamu juga harus menghindari minuman bersoda atau jus, yang mengandung banyak gula. Dengan mengonsumsi cukup air putih, hidrasi tubuhmu dapat terjaga dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya rasa lemas saat haid.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi adalah salah satu cara alami mengatasi lemas saat haid. Misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti tempe, ayam, dan ikan. Selain itu, jangan lupa untuk makan buah dan sayur yang memang diperlukan. Jangan asal makan, perhatikan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

4. Kompres dengan Air Hangat

Jika kamu mengalami sakit perut dan lemas saat haid, kompres perut dengan menggunakan air hangat. Sembari berbaring di tempat tidur. Lakukan cara ini beberapa kali hingga rasa nyari berkurang. Cara ini juga bisa loh mengatasi badan terasa pegal saat haid.

5. Olahraga

Cara mengatasi lemas saat haid yang terakhir adalah dengan berolahrga. Lakukanlah aktivitas fisik dalam bentuk olahraga ringan-sedang selama 20-30 menit dalam sehari. Hal ini penting sekali dilakukan untuk membantu kamu agar tetap bergerak. Selain itu, dengan melakukan aktivitas fisik, juga bisa membantu menambah energi yang dibutuhkan tubuh, untuk bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Baca Juga: Sakit Jelang Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya Menurut Para Ahli

Demikianlah beberapa cara agar saat haid tidak lemas. Namun, apabila lemas dan nyeri sudah tak tertahankan, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan. Pastikan tubuhmu mendapatkan asupan gizi yang seimbang, agar dapat menghindari rasa lemas dan nyeri saat menstruasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.