6 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan pada Bayi

Seruni.id – Sariawan bisa dialami oleh siapapun, baik orang dewasa juga anak-anak. Hal ini dikarenakan di dalam tubuh setiap manusia terdapat jamur bernama Candida Albicans. Jamur ini merupakan jenis jamur yang normal terdapat dalam sistem pencernaan semua masunia.

Namun, jamur tersebut dapat tumbuh dan menyebar ke bagian lain tubuh dalam jumlah yang tak sedikit, sehingga sering kali dapat menyebabkan infeksi jamur, termasuk sairawan. Umumnya, sariawan pada bayi akan sembuh dengan sendirinya dan biasanya akan terjadi dalam waktu yang singkat. Namun, jika sariawan terasa mengganggu dan membuatnya menjadi rewel dan sulit minum ASI, maka sebaiknya kamu lakukan beberapa solusi berikut ini.

1. Mengoleskan Minyak Kelapa

6 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan pada Bayi
lifestyle.kompas.com

Minyak kelapa murni bisa menjadi obat paling ampuh utnuk mengatasi sariawan pada anak. Sebab, di dalam minyak kelapa terkandung asam kaplirat yang dapat memerangi pertumbuhan jamur dan bakteri pada mulut bayi. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada puting payudara, jika bayi masih menyusu.

Namun, untuk anak yang sudah menggunakan botol susu, ibu bisa mengoleskannya pada dot yang digunakan. Atau dengan cara lain yakni langsung mengoleskannya ke area mulut bayi yang mengalami sariawan. Kandungan alaminya ampuh menghilangkan kotoran di dalam mulut bayi, loh.

2. Menjemur si Kecil

6 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan pada Bayi
orami.co.id

Salah satu penyebab sariawan pada bayi adalah menurunnya daya tahan tubuh. Maka dari itu, menjemur bayi menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Sebab, daya tahan tubuh yang kuat dapat menenangkan sariawan secara alami. Namun, pastikan bayi tidak dijemur terlalu lama, ya. Setidaknya selama 15-30 menit sudah cukup untuk meningkatkan daya tahan taubuhnya.

3. Kompres dengan Es Batu

6 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan pada Bayi
google.com

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan pada bayi adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu. Ibu cukup membungkus beberapa bongkah es batu dengan kain bersih dan lembut, lalu tempelkan pada sairawan. Sensasi dinginnya dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Namun, pastikan kamu tidak menekannya terlalu keras, karena khawatir justru akan menimbulkan luka baru.

4. Berikan Air Kelapa

6 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan pada Bayi
msn.com

Air kelapa merupakan salah satu cairan yang sangat berkhasiat dan memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk meredakan sariawan. Jika si anak sudah memasuki usia di atas 6 bulan, maka yang perlu dilakukan hanya memberikan beberapa sendok air kelapa kepadanya. Kamu bisa memberikan air kelapa pada si bayi hingga sariawannya hilang. Cara ini akan berefek baik pada kondisi rongga mulut bayi.

5. Pilih Buah dan Sayur yang Mengandung Vitamin C

6 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan pada Bayi
tirto.id

Memberikan buah yang kaya akan vitamin C ke dalam MPASI juga dapat membantu meredakan sariawan pada si kecil. Kmau bisa menghaluskan buah jambu, pepaya, brokoli, ataupun kale.

6. Menggunakan Campuran Soda Garam dan Air

6 Cara Ampuh Mengatasi Sariawan pada Bayi
blog.elevenia.co.id

Untuk menghilangkan sariawan, kamu juga bisa menggunakan bahan campuran yang terdiri dari soda, garam, dan air. Obat tradisional ini akan mengurangi bengkak pada sariawan dan membuat sariawan lebih cepat sembuh. Caranya membuat obat ini pun mudah. Hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh soda kue, setengah sendok teh garam, dan air putih satu gelas. Kemudian rendam beberapa kapas ke dalam air tersebut. Peras dan tempelkan kapas tersebut ke bagian sariawan. Campuran bahan ini bisa membuat sariawan lebih cepat mengecil jika perawatan dilakukan lebih sering.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Itulah enam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sariawan pada bayi. Semoga bisa bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.