Mengungkap Masalah Kesehatan dengan Kondisi Kaki

  • Bagikan
detikhealth.com

Seruni.id – Beberapa dari bagian tubuh kita bisa mengungkap penyakit yang sedang diderita, meski terkadang tak kita sadari. Kondisi kaki yang sering dianggap sepele nyatanya bisa menjadi pertanda akan suatu penyakit yang kita derita. Berikut ini ada 8 tanda pada kaki yang bisa mengungkap kondisi kesehatan tubuh.

Kaki Kering dan Terkelupas

Image result for Kaki Kering dan Terkelupas
caraprofesor.com

Banyak dari kita mengalami kondisi kaki seperti ini. Beberapa di antaranya membiarkan hal tersebut terjadi karena berpikir hanya pergantian kulit biasa. Namun ketika tumit kaki mengering, pecah-pecah, atau mengelupas bisa menjadi tanda adanya masalah pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid memproduksi hormon untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, tekanan darah, dan fungsi sistem saraf.

Kulit kaki yang kering bisa menandakan kelenjar tiroid kamu bermasalah. Tidak melulu demikian, kulit yang kering juga bisa diakibatkan karena perubahan cuaca. Namun bila kamu melihat kulit kaki mengering dan disertai dengan gejala lainnya seperti penambahan berat badan, pengelihatan bermasalah, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Kuku Kaki yang Cekung

Image result for kuku kaki yang cekung
suryamalang.tribunnews.com

Kuku kaki kalian cekung? Bisa jadi ini gejala Koilonychia yang menyebabkan kuku menjadi tipis secara abnormal. Cekungan biasanya akan muncul di area tengah kuku yang melesak ke dalam, sehingga pinggirnya terangkat dan memberikan tampilan bulat. Kondisi ini biasanya terjadi karena tubuh kekurangan zat besi atau anemia.

Tidak Ada Rambut Halus di Jari Kaki

Image result for Tidak Ada Rambut Halus di Jari Kaki
anekatop10.com

Sekarang coba perhatikan jari kaki kalian, apakah terdapat rambut halus di area tersebut? Jika tak ada jangan dianggap sepele. Pasalnya, hal tersebut bisa jadi tanda terjadinya masalah sirkulasi yang serius. Hal ini biasanya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular, seperti arteriosklerosis yang menyebabkan arteri mengeras.

Akibatnya, jantung kesulitan memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Saat hal ini terjadi, hati akan masuk ke mode pemulihan dan memprioritaskan distribusi darah ke organ-organ yang lebih vital, sehingga suplai darah ke organ seperti kaki jadi berkurang.

Kaki Mati Rasa

Image result for Tidak Ada Rambut Halus di Jari Kaki
covesia.com

Bila kita duduk dalam satu posisi yang terlalu lama terkadang kaki menjadi mati rasa. Hal itu juga disebabkan oleh aliran darah yang kurang lancar. Namun perlu diperhatikan, kondisi kaki yang sering mati rasa, kemungkinan itu adalah gejala diabetes. Sebaiknya periksakan diri ke dokter bila sering merasakan gejala ini.

Kaki Sering Terasa Dingin

Related image
hellosehat.com

Kondisi kaki yang sering terasa dingin bisa jadi kondisi umum yang memang paling sering terjadi. Namun jika kalian mengalami hal ini tanpa sebab yang pasti, jangan disepelekan, bisa jadi ini tanda dari disfungsi tiroid. Kasus kaki dingin ini karena nutrisi penting yang dibawa dalam pembuluh darah tidak mencapai bagian kaki dengan maksimal. Tak hanya itu, kurangnya sirkulasi darah ke bagian kaki juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur kronis.

Kaki Sakit di Pagi Hari

Image result for Kaki Sakit di Pagi Hari
hellosehat.com

Sering merasa sakit seperti panas atau nyeri pada kaki setiap pagi? Itu bisa menunjukkan bahwa kamu mengalami artritis reumatoid atau peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian. Kamu disarankan untuk berolahraga teratur bila sering mengalaminya. Akan tetapi, sering sakit pada kaki di pagi hari juga bisa karena kram otot.

Luka yang Tak Kunjung Sembuh

Image result for Luka yang Tak Kunjung Sembuh pada kaki
kanal247.com

Nah, kondisi yang satu ini sering terjadi, tapi sering pula diabaikan. Jika kalian memiliki luka di kaki yang tak kunjung sembuh, bisa jadi kalian menderita diabetes. Ketika menderita diabetes, kadar glukosa darah dan lemak akan tinggi hal ini menyebabkan trigliserida dapat merusak saraf. Akibatnya, hal ini akan menyulitkan tubuh untuk menyembuhkan luka, terutama pada kaki.

Bawah Kuku Menghitam

Image result for kuku menghitam
sahabatnestle.com

Ketika kamu tidak sengaja menjatuhkan barang berat ke atas kaki maka bisa memungkinkan kuku berubah menjadi biru. Perubahan warna kuku yang menggelap bisa menjadi tanda kamu memiliki masalah kesehatan.

Bila kamu melihat perubahan warna seperti garis-garis hitam atau cokelat di bawah kuku tapi tidak terbentur sesuatu yang keras, sangat dianjurkan untuk pergi ke dokter. Garis gelap di bawah kuku kaki bisa menjadi tanda kanker kulit melanoma. Namun tidak selalu demikian, perubahan warna kuku yang menjadi gelap bisa karena infeksi jamur.

Baca Juga: Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Itulah bagaimana cara mengungkap masalah kesehatan dengan kondisi kaki. Masih banyak lagi cara cara yang bisa di lakukan untuk mengungkap tentang bagaimana cara mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

  • Bagikan