7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan

7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan

Seruni.id – Ketika selesai makan, tentunya tubuh memerlukan minuman untuk dikonsumi. Ini juga dilakukan agar tenggorokan tidak terasa serat. Namun, ternyata ada beberapa jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan, loh.

Sejatinya nutrisi yang terkandang dalam makanan diserap baik oleh tubuh, sehingga dapat mendukung berbagai reaksi metabolisme. Akan tetapi, jika mengonsumsi minuman yang salah setelah makan akan menghambat penyerapan gizi makanan dan membahayakan tubuh.

Bukan hanya menghambat penyerapan gizi saja, tapi akibat pola minum yang tidak sehat pun dapat menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh, salah satunya adalah diabetes. Oleh sebab itu, jagalah pola makan dan minum yang sehat. Nah, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan.

1. Teh

7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan

Hayo siapa yang suka minum teh setelah makan? Minuman yang satu ini memang enak sekali dikonsumsi ketika selesai makan, apalagi dalam keadaan dingin. Tapi sayangnya, teh tidak disarankan untuk dikonsumsi, loh. Mengapa demikian? Hal ini karena teh akan menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Kandungan tanin di dalamnya pun akan mengurangi daya serap pada zat besi. Berdasarkan laporan Jurnal Analisis Kesehatan pada tahun 2019, mengonsumsi sumber zat besi yang bersamaan dengan teh sebanyak 200 ml akan mengakibatkan penyerapan hanya 2-3 persen saja. Selain itu, mengonsumsi teh setelah makan juga akan menyebabkan terjadinya anemia, karena kekurangan zat besi. Bagi kamu yang masih minum teh manis setelah makan, cobalah kurangi perlahan-lahan, ya.

2. Kopi dengan Creamer

7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan

Kopi dengan creamer merupakan salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan, terutama saat makan malam. Sebab, kopi creamer ini mengandung gula jagung dan minyak sayur. Di mana kedua kandungan tersebut dapat menganggu metabolisme tubuh sehingga akan membuat tubuh sulit mencerna makanan.

3. Minuman Bersoda

7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan

Soft drink alias minuman bersoda disebut sebagai minuman ringan karena mengandung kadar gula yang tinggi, serta zat lainnya yang rendah. Sudah tahu belum, kalau minuman bersoda mengadung beberapa zat, seperti kafein, sakarin, fruktosa, asam benzoate, asam sorbat, aspartam, dan asam fosfat?

Asam fosfat yang terkandung dalam minuman bersoda ternyata dapat menghambat penyerapan kalsium untuk tubuh, loh. Bahkan, bisa menyebabkan tubuh kehilangan kalsium. Tak tanggung-tanggung, jumlah kalsium yang hilang sangatlah banyak. Kandungan gula yang tinggi pun bisa menyebabkan seseorang berisiko terkena penyakit gula. Jika mengonsumsinya secara terus-menerus, akan memicu terkena osteoporosis atau pengroposan tulang akibat kekurangan kalsium pada tubuh. Maka dari itu, hindarilah minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan ini.

4. Susu Sapi

7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan
today.line.me

Minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan berikutnya adalah susu sapi. Mungkin sebagian dari kita kerap memberikan susu sapi pada anak setelah mereka selesai makan, nyatanya kebiasaan ini tidak boleh kita teruskan, ya. Sebab, susu sapi mengandung lemak dan kolesterol.

Oleh karena itu, kurang baik jika meminumnya setelah makan besar, apalagi makan malam. Kandungan lemak yang ada pada susu akan membuat berat badan akan meningkat. Jika terus-menerus melakukan hal ini khawatir akan meningkatkan risiko terkena penyakit anemia.

5. Minuman Berenergi

7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan

Pada dasarnya, minuman berenergi mengandung lebih banyak gula dan kafein. Kandungan lainnya yang terdapat pada minuman ini seperti taurin, riboflafin, vitamin B, guarana, gingseng, dan ginkgo biloba. Minuman yang mengandung gula tinggi ini dapat menghambat penyerapan cairan dan mengakibatkan kram pada perut. Seperti yang kita ketahui, bahwa kafein dapat menghambat penyerapan zat besi dan kalsium tubuh. Maka dari itu, agar tidak menghambat penyerapan zat gizi, sebaiknya konsumsilah minuman ini pada waktu yang tepat.

6. Jus Kemasan

7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan

Jus kemasan menjadi salah satu jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan. Kenapa? Karena minuman ini mengandung kadar gula yang tinggi. Jus apel, mangga, dan sebagainya sebaiknya tidak kamu konsumsi setelah makan, ya. Sebab, nantinya hanya akan membuat perut terasa penuh dengan fruktosa dan surkosa. Akibatnya, pencernaan akan sulit untuk memecahnya.

7. Sirup

7 Jenis Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan

Begitu juga dengan sirup yang pastinya mengandung banyak pemanis dan gula. Kadar gula yang tinggi ini bisa berpotensi menyebabkan sakit gula ketika mengonsumsinya setelah makan.

Baca Juga: Alasan Penting Memberi Jeda 30 Menit untuk Minum Setelah Makan

Itulah tujuh jenis minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah makan. Sebaiknya, konsumsilah air putih sebelum pun setelah makan. Seperti yang kita tahu, air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Yuk mulai terapkan hidup sehat bersama keluarga tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.