Moms, Ini Menu Bekal Makanan yang Membuat Anak Semangat Sekolah

blibli.com

Seruni.id – Anak-anak biasanya akan semangat ke sekolah di hari-hari pertamanya. Namun setelah itu, tak jarang semangat tersebut hilang begitu saja, mereka menjadi malas-malasan, bahkan enggan untuk ke sekolah. Agar hal tersebut tidak terjadi, cobalah kembalikan semangat mereka dengan membawakan bekal makanan ke sekolah secara rutin. Bekal yang menarik dan bergizi akan membuat mereka semakin bersemangat untuk ke sekolah loh, Moms.

mommyasia.com

Bekal apa sih yang harus disiapkan oleh orangtua untuk anaknya?

Bekal yang harus dipersiapkan untuk anak tentunya makanan yang memiliki gizi seimbang ya, Moms. Dilansir dari tempo, dokter spesialis gizi klinis, dr Nurul Ratna Mutu Manikan, MGizi, SpGk menekankan pentinganya kecukupan nutrisi dalam makanan anak, yakni makronutrient seperti, karbohidrat, protein, lemak dan mikronutrient seperti zat besi dan lainnya.

“Pilih karbohidrat kompleks ketimbang sederhana agar mereka merasa kenyang. Jangan lupakan serat (22 gram per hari), protein, lemak, asam omega 3 dan 6, lalu zat besi 9 miligram per hari sebagai mikronutrien,” kata dia.

Sebab, biasanya anak-anak yang berusia 3-6 tahun masih sangat aktif bergerak, sehingga mereka membutuhkan asupan cairan sebanyak 1.200 ml cairan setiap harinya. Dalam sekali makan, anak memerlukan 3/4 porsi nasi atau setara dengan 4-5 sendok makan, 1 porsi lauk misalnya 3/4-1 potong sedang dagingm 1/2 mangkuk kecil sayur, 1/2 porsi buah, dan ditambah satu gelas susu untuk melangkapi bekal nutrisi pada pagi dan malam hari.

Nurul mengingatkan orang tua membatasi anak mengonsumsi makanan atau minuman manis dan tinggi garam serta makanan tinggi lemak. “Jangan lewatkan waktu makan, bekali dengan makanan yang bernutrisi dan perkenalkan makanan bervariasi,” tutur dia.

Selain bekal makanan, memastikan waktu tidur anak cukup (10-13 jam per hari) juga menjadi hal penting agar mereka tak rewel atau justru malas ke sekolah. Jangan lupa ya, Moms, buatlah bekal makanan mereka semenarik mungkin agar anak semangat untuk menyantapnya. Jika memungkinkan, gunakanlah perawatan makan yang berwarna-warni agar mereka semakin bersemangat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.