10 Negara dengan Durasi Puasa Terlama, Mana Saja?

  • Bagikan
10 Negara dengan Durasi Puasa Terlama, Mana Saja?
kompas.com

Seruni.id – Seluruh umat Muslim di dunia, saat ini tengah menjalankan puasa Ramadhan. Meski dilakukan bersamaan, tapi setiap negara punya durasi puasa yang berbeda-beda. Bahkan, di sejumlah negara ada yang memiliki durasi puasa terlama, loh. Mengapa demikian?

10 Negara dengan Durasi Puasa Terlama, Mana Saja?
indramayu.pikiran-rakyat.com

Hal tersebut lantaran posisi matahari di setiap negara tidak selalu sama. Kadang kala, di Indonesia sudah memasuki waktu magrib, tapi di negara lainnya masih berada di waktu zuhur hingga ashar. Maka dari itu, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa lebih lama, tidak seperti di Indonesia hanya hanya berdursi 12-13 jam dari waktu sahur hingga berbuka. Nah, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa negara dengan durasi puasa terlama. Di mana saja, ya?

 

1. Rusia

Negara dengan durasi puasa terlama yang pertama adalah Rusia. Karena wilayahnya yang cukup luas, membuat waktu puasa di negara beruang merah itu menjadi beraneka ragam. Umumnya, umat Muslim di Kota Moskow menghabiskan waktu hingga 19 jam sehari. Sedangkan di Kota Mormansk waktu puasa mencapai 20,45 jam dalam sehari. Wah, cukup lama, ya?

 

2. Inggris

Selanjutnya adalah negara Inggris. Umat Muslim di sana, memiliki durasi puasa yang cukup lama daripada Indonesia. Dari berbagai sumber, Negeri Ratu Elisabeth itu, memiliki durasi sekitar 17-18 jam lamanya sejak harus hingga waktu berbuka tiba. Jadi, buat kamu yang ingin berlibur ke Inggris di bulan Ramadhan ini, maka kamu harus bersiap menahan lapar dan haus dengan waktu yang lebih lama.

 

3. Swedia

Tak berbeda jauh dari dua negara sebelumnya, Swedia juga memiliki durasi puasa terlama, loh. Bayangkan saja, umat Muslim di negara Eropa Utara itu, harus menahan lapar dan dahaga selama 17-19 jam. Kalau kamu juga ingin mengunjungi negara ini, maka harus bersiap-siap menahan lapar dan haus lebih lama. Terlebih, saat ini Negara Viking itu sedang mengalami cuaca ekstrem.

 

4. Islandia

Berikutnya adalah Islandia, negara yang mendapatkan julukan ‘negerinya api dan es ini’, memiliki waktu berbuka puasa cukup lama, yaitu sekitar 19-20 jam. Sejak sahur, setiap umat Muslim di sana harus berpuasa nyaris 24 jam. Jika kamu sedang berada di sana, apakah kamu sanggup?

 

5. Finlandia

Finlandia dikenal dengan julukan negara paling bahagia di dunia. Meski demikian, saat bulan Ramadhan tiba, seluruh umat Muslim di sana harus lebih bersabar. Pasalnya, negara beribu kota di Helsinki tersebut memiliki durasi puasa skitar 18-19 jam.

 

6. Alaska

Alaksa adalah negara bagian Amerika yang kerap mendapatkan julukan midnight sun. Durasi berpuasa di Alaksa terbagi menjadi dua waktu, tergantung musimnya. Jika sedang musim dingin, berpuasa di Alaska hanya lima jam saja. Sedangkan ketika Ramadhan di musim panas, umat Muslim di sana harus lebih bersabar, karena durasinya lebih lama yakni 19-36 jam.

 

7. Greenland

Greenland juga merupakan salah satu negara dengan durasi puasa terlama. Negera otonom milik Kerajaan Denmark ini, mewajibkan umat Muslim berpuasa selama 19-20 jam lamanya. Sejak memasuki waktu sahur hingga subuh, penduduk Muslim di Greenland harus lebih bersabar menunggu waktu magrib tiba.

 

8. Kanada

Sebenarnya, waktu puasa di Kanada berbeda-beda. Namun, rata-rata mencapai 19 jam dalam satu hari. Muslim di Kota Tornoto menjalani puasa selama 16 jam, sedangkan Muslim di Kota Edmonton menjalani puasa selama 19 jam.

 

9. Jerman

Waktu berpuasa di Jerman tidak jauh berbeda dengan Kanada. Umat Muslim di sana, berpuasa selama 18-19 jam sehari. Biasanya mereka mulai berpuasa sejak pukul 03.00 waktu setempat, hingga berbuka puasa pada pukul 22.00.

 

10. Skotlandia

Terakhir ada Skotlandia, Kota Glasglow memiliki durasi puasa terlama dengan waktu 18 jam 36 menit. Glasglow merupakan kota yang memiliki empat musim. Sehingga, ketika musim panas tiba, maka umat Muslim akan memiliki tantangan tersendiri dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Rasulullah SAW di Bulan Ramadhan yang Bisa Kita Tiru

Nah, itulah negara-negara dengan durasi puasa terlama. Jadi, usahakan untuk tidak bolong-bolong ya puasanya. Sebab, durasi puasa di Indonesia ternyata masih singkat daripada negara-negara lainnya.

  • Bagikan