7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan

  • Bagikan
7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan
mommyasia.id

Seruni.id – Lenganmu tampak berlemak dan bergelambir? Lakukan olahraga untuk mengecilkan lengan ini, yuk. Selain mendapatkan lengan dengan bentuk ideal, tubuhmu juga menjadi lebih sehat.

Tubuh yang indah dan proporsional adalah impian setiap wanita. Namun, gaya hidup dan pola makan yang kurang seimbang, membuat berat badan jadi mudah naik, sehingga beberapa bagian tubuh pun ikut membesar. Salah satu bagian yang sering dikeluhhkan adalah ukuran lengan yang terlalu besar. Tapi tenang saja, dengan melakukan olahraga dan gaya hidup yang sehat, kamu lengan yang kecil akan menjadi kenyataan. Berikut Seruni telah merangkum beberapa jenis olahraga untuk mengecilkan lengan. Dicoba yuk!

 

1. Angkat Beban

7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan
halodoc.com

Kalau kamu punya barbel dengan berat satu atau dua kilogram, cobalah manfaatkan untuk berolahraga demi mendapatkan lengan yang kecil. Olahraga angkat beban ini, bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Bahkan, tanpa perlu keluar rumah.

Cara melakukan:

  • Peganglah barbel dengan berat satu atau dua kilogram dengan kedua tangan.
  • Sambil mengencangkan otot perut dan menegakkan bahu, kemudian angkat kedua tanganmu ke atas kepala.
  • Tahan hingga beberapa saat, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 3 set, di mana tiap setnya sama dengan 15 kali gerakan.
  • Tak perlu berdiri, kamu bisa kok melakukannya sambil duduk.

 

2. Lompat Tali

7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan
freepik.com/maryamkevich

Meskipun terdengar simpel, lompat tali dapat berdampak besar untuk kesehatan, loh. Salah satunya dapat mengecilkan lengan. Apalagi, olahraga ini juga sangat menyenangkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu bisa melakukan olahraga ini setiap hari di pagi dan sore hari.

Cara melakukannya:

  • Pilihlah tali yang tepat, yaitu dengan panjang sampai ke bahu ketika dilipat dua. Selain itu, pastikan tali memiliki pegangan yang mudah digenggam.
  • Kemudian, genggam kedua pegangan tali, lebarkan kedua tangan setidaknya sejauh 30,5 cm dari tubuh dan membentuk sudut 45 derajat untuk memperoleh lengkungan tali yang besar dan mudah dilompati.
  • Tali harus menggantung di belakang, sehingga bagian tengah tali menyentuh punggung kaki.
  • Gunakan kedua telapak dan pergelangan tangan untuk mengayunkan tali ke atas kepala.
  • Ketika tali bergerak menuju depan kaki, maka melompatlah setinggi yang kamu mampu.
  • Atur kecepatan yang pas untukmu.

 

3. Triceps Dips

7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan
freepik.com/katemangostar

Latihan yang berikut ini, sangat bermanfaat untuk membakar lemak yang menumpuk pada otot triseps atau lengan bagian belakang. Sebab, triseps adalah bagian yang paling rawan akan penumpukan lemak. Gerakan ini, tidak hanya dapat mengecilkan lengan saja, tapi lengan pun akan terbentuk. Oh ya, gerakan ini sangat simpel, loh. Dan tanpa memerlukan peralatan apapun.

Cara melakukan:

  • Awalilah dengan duduk di lantai, lalu letakkan kedua telapak tangan di belakang tubuh untuk bersiap melakukan gerakan naik turun.
  • Pastikan kaki dalam posisi lurus atau tertekuk sesuai dengan kenyamananmu.
  • Lalu, dorong kedua telapak tangan hingga mengangkat tubuh ke atas, lalu lemaskan untuk kembali ke posisi semula.
  • Lakukan gerakan naik turun ini dapat beberapa set.

 

4. Boxing

7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan
freepik.com/senivpetro

Mau olahraga yang seru sekaligus bisa mengecilkan lengan? Coba deh lakukan latihan boxing. Sebab, olahra ini lebih banyak menggunakan tangan, sehingga lebih efektif dan cepat membakar lemak di bagian tersebut. Selain itu, boxing juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres, loh.

 

5. Ball Slams

7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan
stylecraze.com

Olahraga untuk mengecilkan lengan berikutnya adalah ball slams. Latihan ini dilakukan dengan menggunakan bantuan bola yang dipadukan dengan gerakan setengah squats. Ini gerakan ball slams ini, membuat lengan lebih aktif bergerak saat membanting dan menangkap bola yang dilakukan sekitar 20-30 detik, dengan minimal tiga sesi.

Cara melakukan:

  • Posisikan tubuh berdiri dan kaki dibuka sedikit lebar, hal ini bertujuan agar kamu lebih leluasa. Kemudian pegang bola dengan kedua tangan yang sejajar dengan dada.
  • Setelah itu, banting bola ke bawah dan ketika memantul ke atas tangkap seperti biasa. Ulangi gerakan ini tanpa berhenti selama 20 detik.
  • Pastikan bola tidak terpental terlalu jauh. Ketukannya bisa disesuaikan dengan kemampuanmu, tapi harus dilakukan berulang minimal tiga hingga lima sesi.

 

6. Narrow Push Up

7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan
quora.com

Sekilas, gerakan ini memang seperti push up pada umumnya. Di mana tubuh bertumpu pada kekuatan otot inti bagian lengan. Hanya saja, dalam melakukan gerakan norrow push up, kamu harus mencondongkan tubuh ke depan dengan posisi tetap seperti push up.

Cara melakukan:

  • Mulailah dengan posisi push up biasa. Bisa menggunakan matras atau tanpa alas.
  • Dorong badan ke bawah dan ke atas sambil condong ke depan.
  • Kamu bisa melakukan olahraga untuk mengecilkan lengan ini selama 2-3 sesi, sesuai dengan kemampuan.

 

7. Arm Slide

7 Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Lengan
gfycat.com

Olahraga untuk mengecilkan lengan yang berikut ini, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan posisi ketika kamu mengepel lantai secara manual. Arm slide memiliki manfaat yang luar biasa, di mana, jika melakukannya secara rutin, maka dapat membangun masa otot triceps (lower arm) sekaligus meningkatkan keseimbangan, stabilitas dan keselarasan tubuh secara menyeluruh.

Cara melakukan:

  • Posisikan tubuh seperti akan push up dan lutut boleh menyentuh lantai atau matas sebagai alas.
  • Letakkan kedua telapak tangan di atas permukaan matras, lalu gerakan seperti sedang mendorong sesuatu secara maju mundur dan kondisi lutut tetap diam di tempat.
  • Untuk pemula, lakukan semampunya saja. Setelah terbiasa, tinggal ditambah durasinya menyesuaikan kebutuhan.

Baca Juga: Mengapa Sebagian Wanita Malas Berolahraga? Ini Alasannya!

Demikianlah beberapa olahraga untuk mengecilkan lengan yang bisa kamu lakukan. Namun, olahraga saja tidaklah cukup. Pastikan kamu juga mengonsumsi makanan sehat dan rajin minum air mineral.

  • Bagikan