Orang Lain Akan Merasa Dihargai Jika Kita Melakukan 8 Hal Sederhana ini!

  • Bagikan
Orang Lain Akan Merasa Dihargai Jika Kita Melakukan 8 Hal Sederhana ini!
freepik.com

Seruni.id – Sadarkah kamu, bahwa ada hal-hal sederhana yang bisa membuat orang lain senang karena meraka merasa dihargai, loh. Sebab, sejatinya setiap orang pasti ingin diperlakukan dengan sikap yang baik dan dihargai. Baik orang dewasa, remaja, maupun anak-anak.

Orang Lain Akan Merasa Dihargai Jika Kita Melakukan 8 Hal Sederhana ini!
freepik.com

Untuk membuat orang lain merasa dihargai, kamu tak melulu harus melakukan hal yang besar atau mewah. Terkadang dari hal-hal sederhana yang kita lakukan seperti cara berbicara juga bisa membuat seseorang terkesan. Adapun hal yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut:

 

1. Mengatakan Terima Kasih

Seberapa sering kamu mengucapkan terima kasih pada orang lain? Ucapan tersebut diberikan tidak hanya ketika seseorang tersebut memberikan sesuatu padamu. Namun, terima kasih juga bisa kamu ucapkan atas hal-hal kecil sekalipun. Misalnya, berterima kasih atas perhatian yang mereka berikan kepadamu. Meski hanya kalimat sederhana, tapi mampu membuatnya merasa dihargai olehmu.

 

2. Menyebut Namanya Ketika Berbicara

Jika ingin orang yang kamu ajak bicara merasa dihargai, maka jangan lupa untuk menyebut namanya ketika sedang berbincang dengannya, ya. Terlebih, jika orang tersebut baru kamu kenal. Selain membuatnya merasa dihargai, juga akan membuatmu mudah disukai orang lain.

 

3. Usahakan untuk Lebih Banyak Menyimak daripada Berbicara

Ketika berbicara dengan orang lain, tentunya kita ingin selalu didengarkan, kan? Begitupun dengan mereka yang tengah berbicara denganmu. Usahakan untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara, ya. Sebab, dengan hanya mendengarkan tanpa memberi solusi pun menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi lawan bicaranya. Namun, banyak juga kasus yang buat orang lain malas bercerita kepada orang yang sulit untuk menyimak. Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik, agar kelak kamu bercerita orang lain tidak mengabaikannya.

 

4. Tulus dan Memberikan Apresiasi

Tulus dan memberikan apresiasi adalah hal sederhana yang mampu membuat seseorang merasa dihargai. Namun, kalau kamu belum bisa memberikan apresiasi yang tulus, cobalah mulai dari dirimu sendiri. Lakukanlah dari hal yang paling sederhana. Misalnya, jika kamu belum pernah memperoleh juara 1 di kelas, lalu kamu belajar dengan giat dan mendapatkan apa yang kamu inginkan, lalu kamu memberikan sesuatu untuk dirimu sendiri agar lebih giat belajar. Nah, cobalah lakukan hal yang serupa kepada orang lain, sebagaimana kamu mengapresiasi dirimu sendiri, dengan begitu orang lain akan merasa dihargai dengan perlakukanmu kepadanya.

 

5. Tunjukan Sopan Santun

Saat kamu berjumpa dengan seseorang, baik mereka usianya masih muda atau di atasmu, tetaplah tunjukan sopan santun kepadanya. Bagaimana caranya? Mudah saja. Berbicaralah lebih lembut jika bertemu dengan orang yang lebih tua, begitupun saat kamu berjumpa dengan orang yang lebih muda, perlakukanlah mereka dengan kasih sayang.

 

6. Jangan Malu untuk Mengatakan Maaf

Mengatakan maaf tidak selalu ketika kamu melakukan kesalahan saja, kok. Permintaan maaf harus kamu ucapkan ketika hendak menganggu waktu orang lain. Misalnya, untuk meminta keterangan, cobalah meminta maaf sebelum meminta izin bertanya. Etika ini penting sekali untuk diterapkan, terlebih di dunia kerja. Oh ya, katakan maaf untuk pesan yang terlambat dibalas atau telepon yang tidak terangkat. Permintaan maaf disertai alasan yang jujus, akan membuat orang lain tak merasa diabaikan.

 

7. Meminta Pertolongan, Jangan Memerintah

Hal sederhana yang membuat orang lain merasa dihargai berikutnya adalah dengan mengutamakan meminta tolong daripada memerintah. Sebab, pemintaan tolong akan mengesankan kita sebagai orang yang rendah hati. Kita mengakui kitalah yang membutuhkan pertolongan orang lain. Sedang memerintah hanya membuat kita tampak menempatkan diri di atas orang lain, sekalipun kita bukan atasan mereka. Sekali, dua kali orang lain mungkin masih biasa saja saat diperintah. Namun sebentar kemudian pasti muak dan menolak melaksanakan perintah kita.

 

8. Jangan Melanggar Janji yang Dibuat Sendiri

Saat kita membuat janji dengan orang lain, maka tetapilah janji tersebut. Apabila berjanji untuk bertemu dengan orang lain, maka jangan biarkan mereka menunggu, ya. Sebab, janji adalah hal yang harus dipertanggungjawabkan. Menepati janji akan membuat orang merasa dihargai, loh. Jadi, mulai sekarang, tetapilah janji yang kamu buat.

Baca Juga: 

Jadi, itulah hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk bisa membuat orang lain merasa dihargai dan membuat hatinya senang. Jangan lupa melakukan hal di atas ya jika kamu juga ingin dihargai oleh orang lain.

  • Bagikan
seruni.id