10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan untuk Menambah Penghasilan

10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan untuk Menambah Penghasilan
blog.mokapos.com

Seruni.id – Banyak peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan, baik untuk mengisi waktu atau untuk menambah penghasilan. Kira-kira apa saja jenis usaha yang laris di bulan puasa? Simak ulasannya berikut ini, yuk.

10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan untuk Menambah Penghasilan
jrunal.id

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dengan datangnya bulan suci tersebut, kita bisa meningkatkan amal ibadah melalui puasa, sedekah, shalat tarawih, dan berbagai macam kegiatan amal lainnya. Karena bulan Ramadhan penuh dengan keberkahan, tak heran kalau banyak orang memanfaatkan momen tersebut untuk meraup keuntungan berlipat.

Misalnya dengan menjalankan bisnis dadakan yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apakah kamu sedang mencari peluang usaha di bulan Ramadhan, tapi bingung ingin memulai usaha apa? Buat kamu yang tertarik, yuk simak beragam usahanya berikut ini:

1. Menjual Takjil dan Minuman Segar

Waktu berbuka puasa selalu dinanti-nantikan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa pasti akan membutuhkan makanan dan minuman. Nah, ini menjadi peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan, yakni menjual takjil dan minuman segar. Sebab, di bulan puasa banyak orang yang mencari hidangan untuk mereka berbuka.

Tak perlu menyewa stand, kamu bisa mulai berjualan di halaman rumahmu dengan bermodalkan meja dan barang yang diperlukan lainnya. Jangan lupa beritahu tetanggamu agar mereka tidak perlu jauh-jauh mencari makanan untuk berbuka. Dengan begitu, bukan hanya penghasilan saja yang bertambah, tapi kamu juga sudah membantu orang untuk berbuka di tengah padatnya kesibukan.

Untuk memulai usaha ini, modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, cukup dengan Rp500 ribu hingga Rp1 juta, kamu sudah bisa memulai bisnis ini, loh. Adapun jenis takjil yang bisa kamu jual mulai dari kolak, gorengan, maupun es buah dan makanan yang laris di bulan puasa. Pilihlah usaha yang menurutmu tidak terlalu ribet.

2. Usaha Catering

Untuk kamu yang jago masak, peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan adalah membuka usaha catering. Ini menjadi kesempatan emas untukmu, apalagi di bulan Ramadhan, tidak semua orang punya waktu banyak untuk menyiapkan makanan untuk sahur maupun berbuka.

Nah, kamu bisa memanfaatkan keadaan ini untuk menambah uangmu dengan menjual makanan jadi sekaligus memberikan jasa antar. Dengan begitu, ini akan memudahkan mereka yang terlalu sibuk atau tidak bisa menyiapkan makanan sendiri. Modal yang akan kamu keluarkan cukup bervariasi, tergentung pada jumlah dan menu apa yang kamu berikan.

3. Menjual Buah-buahan

Peluang usaha di bulan Ramadhan berikutnya adalah menjual buah-buahan. Saat berbuka puasa, banyak orang yang akan membeli buah sebagai hidangan pencuci mulut, juga agar menjaga tubuh agar tetap fit. Selain itu, buah-buahan banyak dicari orang membuat takjil sendiri di rumah. Bisnis ini terbilang cukup menguntungkan, bahkan di luar bulan Ramadhan sekali pun.

Modalnya cukup bervariasi, tergantung dari berapa jenis buah yang akan kamu jual. Kalau kamu tertarik menjalankan bisnis ini, lebih baik belilah langsung dari orang-orang yang memiliki lahan buah, dengan begitu kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Menjual Kurma

Selain menjadi menu khas saat bulan puasa, kurma juga merupakan salah satu dagangan yang laris di bulan puasa, loh. Sebab, kura tidak tumbuh di Indonesia, wajar saja kalau banyak orang yang mencarinya. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan kurma secara offline maupun online. Sebelum memulainya, kamu hanya perlu mencari agen kurma yang menawarkan beragam jenis kurma dengan harga yang terjangkau.

5. Menjual Kue Kering

Umumnya, banyak orang yang mempersiapkan kebutuhan untuk hari raya seperti kue kering dan lainnya jauh sebelum hari raya tiba. Bahkan, sebelum memasuki puasa saja, sudah banyak yang mempersiapkannya. Karena menyediakan hidangan menjadi sebuah tradisi yang tidak bisa ditinggalkan, maka tak heran saat bulan Ramadhan, permintaan konsumen akan jajanan lebaran cukup tinggi.

Jadi, bagi kamu yang jago membuat beragam kue kering untuk lebaran, ini menjadi peluang usaha di bulan Ramadhan yang cukup menjanjikan, loh. Kamu bisa menjualnya secara online maupun offline, tapi jangan lupa sediakan tester yang bisa dicicipi oleh pembelinya. Hal ini agar mereka yakin akan rasa dan kualitas dari kue yang kamu buat.

6. Menjual Perlengkapan Ibadah

Peluang usaha di bulan Ramadhan yang harus kamu coba berikutnya adalah dengan menjual perlengkapan ibadah. Mulai dari sajadah, mukena, sarung, tasbih, Al-Qur’an, dan peralatan ibadah lainnya. Biasanya perlengkapan ibadah akan dicari oleh banyak orang saat memasuki bulan Ramadhan, maupun mendekati hari raya.

Sebab, mereka ingin saat bulan Ramadhan tiba, merka dapat beribadah dengan nyaman. Perlatan ini bisa kamu jual secara online maupun offline, baik dijual secara satuan pun perpaket. Agar menarik para pembeli, maka kamu harus mengemasnya semenarik munkgin.

7. Menjual Busana Muslim

Kebiasaan menjelang lebaran tidak hanya sekadar menyiapkan kue kering saja, tapi banyak orang yang juga ingin mengenakan pakaian serba baru. Ini menjadi peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menjual berbagai macam baju muslim, baik untuk wanita maupun pria. Meski menggiurkan, modal yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit, tapi kamu tidak perlu khawatir, ya.

Karena masih banyak sistem berjualan yang bisa dilakuakan dengan modal minim bahkan tanpa modal sekalipun. Salah satu cara paling mudah yaitu dengan cara sistem dropship atau bayar yang laku jika kamu bisa melobi toko grosir maupun supplier baju musli di kotamu. Penting sekali untuk kamu memiliki akun media sosial, di mana kamu bisa mempromosikan daganganmu dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Misalnya melalui facebook, instagram, dan lainnya.

8. Membuka Jasa Pembuatan Parcel

Jasa pembuatan parcel sering kali dicari oleh banyak orang, sehingga ini akan menjadi salah satu peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan, terlebih bagi kamu yang kreatif dan suka membuat parsel. Pastinya usaha musiman di bulan puasa ini akan menguntungkan.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana silaturahmi berallih ke online. Tatap muka atau kunjungan langsung dibatasi demi mencegah penularan COVID-19. Pastinya parsel akan mendatangkan keuntungan besar. Untuk modalnya juga bervariasi disesuaikan dengan ukuran dan isi parselnya.

9. Rental Mobil

Menjelang hari raya, banyak orang yang merayakannya di kampung halaman. Namun, tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi dan enggan menggunakan kendaraan umum. Jadi, mereka lebih memilih menyewa mobil. Meskipun mudaik tahun ini masih dilarang, tetapi pasti ada saja yang melanggar atruan. Kalaupun tidak mudaik, pasti mereka akan pergi berlibur bersama keluarga. Jika kamu punya kendaraan pribadi seperti mobil, tak ada salahnya untuk disewakan. Tarifnya bisa kamu sesuaikan dengan jarak dan waktu.

10. Laundry

Saat puasa dan lebaran, sebagian asisten rumah tangga akan mudaik ke kampung halamannya. Tentunya ini membuat para majikan kerepotan, khususnya dalam hal mencuci, apalagi mereka yang sibuk dengan aktivitas kantor. Kalau sudah seperti ini, biasanya mereka akan menyerahkan cuciannya ke tempat laundry. Ini menjadi kesempatan bagus untukmu.

Kamu bisa membuka usaha laundry ini di rumahmu, loh. Mulai dengan membeli dua unit mesin cuci dan pengering, setrika, dan perlengkapan pendukung. Modal bisnis laundry bisa dimulai dari Rp5 jutaan. Terpenting adalah kualitas cucian dan setrikaan bersih dan rapi sehingga menjaga kepercayaan pelanggan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisnis Tetap Bertahan di Bulan Ramadhan

Itulah sejumlah peluang usaha di bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Untuk memulai usaha di atas kuncinya adalah ketekunan dan pandai melihat kesempatan yang ada di sekitar. Sebenarnya sangat banyak loh kesempatan untuk memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan tambahan jika kamu cermat dalam melihatnya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.