Pengertian Istiqomah, Keutamaan, dan Cara Menerapkannya

Pengertian Istiqomah, Keutamaan, dan Cara Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Seruni.id – Seringkali kita mendegar atau bahkan mengucapkan kata istiqomah. Meski singkat, tapi kata tersebut memiliki makna yang lurus, tegak, atau dalam bahasa baku disebut konsisten.

Pengertian Istiqomah, Keutamaan, dan Cara Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa pengertian istiqomah menurut sejumlah ahli, yakni sebagai berikut:

Pengertian Istiqomah

• Menurut Ali Bin Abi Thalib, istiqomah adalah sebagai tindakan melakukan suatu kewajiban.

• Sedangkan menurut Ibnu Abbas memaknai hal tersebut menjadi tiga arti, pertama adalah istiqomah dengan lisan, dengan sikap bertahan dengan membaca syahadat. Kemudian yang kedua, adalah dengan hati yakni melakukan segala hal dengan niat yang jujur. Dan terakhir, adalah dengan jiwa, di mana seseorang senantiasai menjalankan ibadah serta ketaatan kepada Allah secara terus menerus.

• Menurut An-Nawani istiqomah artinya yaitu tetap dalam ketaatan. Sehingga istiqomah sendiri memiliki pengertian bahwa seseorang senantiasa ada dalam ketaatan dan atas jalan lurus dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

• Mujahid memaknai istiqomah sebagai komitmen terhadap kalimat syahadat dan juga tauhid hingga bertemu dengan Allah SWT.

Keutamaan Beristiqomah

Seluruh umat Muslim diharapkan bisa menjalankan ibadahnya secara konsisten. Selain itu, mereka juga perlu menjaga akhlak terpuji dalam berkehidupan sehari-hari. Seperti yang kita tahu, menjadi konsisten dan tetap berada di jalan yang benar, lebih sulit daripada yang kita bayangkan.

Sebab, istiqomah adalah suatu sikap yang memerlukan usaha keras dan hati yang ikhlas, agar bisa menjadi orang yang konsisten, terlebih dalam menggapai rihdo Allah SWT. Ketika kita istiqomah, maka kita akan mendapatkan beberapa keutamaan sebagai berikut:

1. Jaminan Surga Bagi yang Menjalankannya

Ketika seseorang mampu menjalankan aktivitas ibadahnya dengan konsisten, maka ia akan mendapatkan keutamaan berupa pahala surga sebagaimana yang telah Allah SWT firmankan dalam surat Fushilat ayat 30 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami ialah Allah’, kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka mengatakan: ‘Jangan kamu takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah mereka dengan surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu’.”

2. Terhindar dari Rasa Khawatir dan Kesedihan

Kekhawatiran dan kesedihan, adalah dua hal yang sangat menganggu dan merusak fokus kita dalam melakukan amalan-amalan kebaikan. Maka dengan keistiqomahan, kita akan terhindar dari rasa tersebut. Sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah SWT pada QS. Al-Ahqaf ayat 13, yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang mengatakan: ‘Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.”

3. Terhindar dari Perbuatan Jahat

Manfaat istiqomah, tanpa kita sadari akan menjauhkan kita dari segala perbuatan jahat yang akan menimbulkan dosa. Justru sebaliknya, kita terdorong untuk selalu mengamalkan kebaikan, sehingga sehari-hari kita penuh dan fokus hanya pada kebaikan saja.

4. Amalan yang Paling Allah Cintai

Dibandingkan amalan yang banyak, tapi jarang sekali melakukannya, Allah lebih mencintai mereka yang melakukan amlan sedikit, tapi konsisten. Sebagaimana pada hadis Nabi Saw yang berbunyi:

“Berbuat sesuatu yang tepat dan benarlah kalian dan amal yang paling Allah cintai adalah amalan yang terus-menerus meskipun sedikit.” (HR. Bukhari).

5. Mendapat Jalan yang Lurus

Seseorang yang konsisten dalam melakukan amal baik karena Allah, maka Allah akan memberinya jalan yang lurus hingga akhir hayatnya, agar senantiasa bisa beribadah dan beriman kepada Allah SWT. Jalan lurus tersebut, bisa berupa petunjuk dan ketenangan hati, terlebih saat menghadapi berbagai persoalan kehidupan duniawi.

Tips Agar Istiqomah

Menerapkan sikap konsisten adalah suatu yang sangat dianjurkan bagi seluruh umat Muslim. Apalagi jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam aktivitas beribadah dan bersosial. Dengan menerapkan istiqomah, kamu akan merasa lebih ringan ketika menjalankan ibadah, karena merasa tidak ada beban. Nah, pada pembahasan kali ini, Seruni juga akan memberikan tips agar tetap istiqomah, apa saja?

1. Meluruskan Niat

Segala hal memang harus dilakukan dengan niat yang lurus, begitupun ketika kamu ingin istiqomah. Niatkanlah diri bahwa semua kebaikan adalah semata-mata hanya karena Allah SWT. Jangan pernah menghadirkan yang lain dalam pikiran selain Allah SWT. Dan usahakan untuk melakuakn segala hal dengan ikhlas agar benar-benar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

2. Lakukan Kebaikan Secara Bertahap

Untuk tetap konsisten melakukan kebaikan, maka lakukanlah secara bertahap. Misalnya dengan memulai ibadah dari hal kecil seperti sedekah, bersilaturahmi, membantu sesama, membaca serta berinteraksi dengan Al-Qur’an dan lainnya. Dengan sedekah, kita akan diberikan kemudahan setiap hal kebaikan yang ingin kita lakukan. Usahakan melakukannya secara rutin setiap hari, karena jika melakukannya secara rutin, maka akan bermanfaat untuk kita.

3. Sabar Dalam Menjalankannya

Berikut ini adalah poin yang juga penting, ketika melakukan sesuatu haruslah diiringi dengan rasa sabar. Sebab, istiqomah adalah hal yang sulit, karena butuh pengorbanan dan keluwesan hati dalam menerima setiap konsekuensi yang ada. Jika tidak adanya kesabaran, maka kita akan mudah terbawa suasana sehingga bisa merusak komitmen kita untuk tetap istiqomah dalam menjalankan kebaikan.

4. Meminta Pertolongan dari Allah SWT

Setelah niatmu sudah lurus, melakukan kebaikan secara bertahap, bersabar dan berikutnya adalah meminta perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT, agar terhindar dari hal hal yang buruk dan tetap beristiqomah dalam menjalankan suatu kebaikan. Utarakan segala niat baikmu kepada Allah SWT, agar semua hal Allah permudah dengan ridhonya. Orang pernah bilang bahwa, jika kita melakukan hal baik dan berniat menjadi pribadi yang lebih baik, Insya Allah kita akan didekatkan dengan orang orang baik dan dimudahkan dengan cara yang baik pula.

Doa Agar Istiqomah di Jalan Allah SWT

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadainaa, wa hab lanaa min-ladunka rohmatan, innaka antal-wahhaab.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkau-lah Dzat yang Maha Pemberi (karunia).”

Baca Juga: 8 Hal yang Menghambat Seseorang untuk Melakukan Kebaikan

Demikian ulasan mengenai arti istiqomah dalam menjalankan suatu kebaikan. Semoga kita selalu terhindar dari hal-hal buruk dan selalu dekat dengan yang baik-baik. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.