7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Seruni.id – Beberapa jenis bunga tidak hanya berfungsi sebagai penghias ruangan saja. Sebab, ada beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi sebagai minuman, dan pastinya kaya akan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, bunga-bunga tersebut juga memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya. Bahkan, bunga tersebut bisa kamu jadikan teh dan meminumnya sebagai minuman herbal. Apa saja sih bunga yang bisa dikonsumsi sebagai teh?

1. Teh Bunga Dandelion

7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Bunga yang bisa dijadikan teh yang pertama ada dandelion. Selain cantik, bunga berwarna kuning ini ternyata menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Daun dari bunga dandelion ini rendah lemak dan banyak mengandung vitamin A, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi. Dengan mengonsumsi teh dari bunga ini, maka dapat membantu menaga gula darah pada penderita diabetes, menangkal radikal bebas, serta membersihkan liver. Nah, bagi kamu yang sulit memiliki nafsu makan, kamu bisa mencoba mengonsumsi teh ini, loh. Setidaknya satu minggu sekali untuk meningkatkan nafsu makanmu.

2. Teh Bunga Chamomile

7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Jenis bunga mungil ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang mengolah bunga ini menjadi teh, dan ternyata sudah lama digunakan sebagai obat tradisional. Saat ini, para peneiti mencoba untuk mengeksplorasikan keaktifannya dalam mengelola penyakit, termasuk kanker dan diabetes. Chamomile sendiri mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid, yakni jenis nutrisi yang ada pada banyak tanaman, dan merupakan salah satu antioksidan.

Kandungan flavonoid tersebut berfungsi untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker serta berbagai penyakit kardiovaskular. Bagi kamu yang kerap merasakan nyeri saat menstruasi, teh chamomile memiliki peranan penting untuk meredakan rasa sakit tersebut. Sehingga membuatmu lebih tenang dan membantu tidur lebih nyenyak. Cara membuat teh bunga chamomile sendiri sangatlah mudah, yaitu dengan mengeringkannya, setelah kering sempurna, kamu bisa langsung menyeduhnya dengan air panas. Agar lebih nikmat, tambahkan teh dengan madu ataupun daun mint.

3. Teh Bunga Lavender

7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Bunga berwarna ungu ini, ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan atau pengusir nyamuk saja, loh. Ternyata bunga lavender memiliki manfaat lain, terutama untuk kesehatan jika kamu mengonsumsinya sebagai teh. Dengan rutin mengonsumsi teh bunga lavender ini, bisa membantu untuk detoksifikasi tubh sehingga menangkal radikal bebas, sehingga tubuhmu jadi lebih sehat. Teh bunga Lavender ini juga bisa membantu meredakan sakit kepala, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan meredakan nyeri otot sehingga otot kamu menjadi lebih rileks.

4. Teh Bunga Rosella

7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Jenis bunga yang bermanfaat untuk kesehatan selanjutnya ada teh yang terbuat dari bunga rosella. Bunga ini ternyata memiliki beberapa varian warna, loh. Mulai dari merah, kuning, putih, hingga warna persih. Biasanya bunga rosella berwarna merahlah yang kerap dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal. Karena rasanya yang asam, bunga teh merah ini bisa disebut sebagai sour tea. Teh rosella memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak, mulai dari vitamin C, D, B1, dan B2, serta kalsium dan omega 3 yang tentunya sangat baik untuk tubuh.

5. Teh Bunga Krisan

7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Jenis bunga krisan untuk teh juga memiliki manfaat untuk kesehatan, loh. Terutama bagi kamu yang sulit konsentrasi. Dengan mengonsumsi teh dari bunga krisan, akan meningkatkan konsentrasi dan fokus. Bukan hanya itu saja, teh krisan juga bisa meringankan gejala pilek, menangani diabetes, dan mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga baik untuk imunitas tubuh.

6. Bunga Melati

7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Kalau bunga yang satu ini, sepertinya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Sebab, sudah banyak yang mengonsumsinya sebagai teh. Teh yang terkenal dengan jasmine tea ini, bisa membuat rileks, mengurangi stress, serta mengurangi risiko serangan jantung. Dengan mengonsumsinya pada pagi hari, akan membuatmu lebih fokus dan lebih semangat. Sedangkan pada malam hari, bisa menenangkan badanmu yang lelah, memperbaiki sistem pencernaan, hingga mencegah kanker.

Seruni.id – Beberapa jenis bunga tidak hanya berfungsi sebagai penghias ruangan saja. Sebab, ada beberapa jenis bunga yang bisa dikonsumsi sebagai minuman, dan pastinya kaya akan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, bunga-bunga tersebut juga memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya. Bahkan, bunga tersebut bisa dijadikan teh dan diminum sebagai minuman herbal. Apa saja sih bunga yang bisa dikonsumsi sebagai teh?

7. Bunga Telang

7 Jenis Bunga yang Bisa Dikonsumsi Sebagai Teh

Bunga yang dikenal dengan nama Clitora Ternatea ini, sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai minuman herbal yang kaya akan manfaat. Warnanya yang biru juga bisa didapatkan hanya dengan merendamnya ke dalam air panas. Menurut penelitian, teh bunga telang memiliki sifat antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, seperti menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2.

Untuk membuatnya mudah sekali, yaitu hanya dengan merendam 2 sampai 3 helai bunga telang kering ke dalam air mendidih selama kurang lebih 5 – 10 menit, atau sampai air seduhan berubah menjadi warna biru tua. Setelah itu, saringlah bunga. Untuk menambah cita rasa yang lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan madu atau sirup, sesuai selera.

Baca Juga: 5 Jenis Teh yang Sangat Baik untuk Menjaga Pertumbuhan Rambut

Nah, itu adalah bunga-bunga yang bisa dikonsumsi sebagai teh dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, tertarik mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.