5 Penyebab Kelopak Mata Menghitam

  • Bagikan
5 Penyebab Kelopak Mata Menghitam
jovee.id

Seruni.id – Kelopak mata menghitam, mungkin menjadi hal yang biasa bagi beberapa orang. Namun, ada pula dari mereka yang merasa terganggu dan kehilangan kepercayaan diri karena hal ini. Bagaimana tidak, kelopak mata menghitam dapat membuat tampilan menjadi tampak lelah dan tidak fresh.

5 Penyebab Kelopak Mata Menghitam
doktersehat.com

Sebenarnya apa sih penyebab kelopak mata mengihtam, apakah berbahaya dan bisa diatasi? Ternyata ada sejumlah faktor penyebab yang membuat kelopak mata tampak gelap. Penasaran apa saja? Cari tahu selengkapnya berikut ini:

1. Faktor Genetika

Para peneliti membuktikan, salah satu penyebab kelopak mata menghitam adalah karena faktor genetika. Kondisi kelopak mata yang menghitam ini dapat memengaruhi beberapa anggota keluarga. Mereka juga mencatat bahwa beberapa orang telah melaporkan kondisi kelopak mata yang tampak hitam selama masa kanak-kanak dan semakin gelap seiring bertambahnya usia.

Menurut pengakuan sejumlah orang, kelopak mata akan semakin menghitam apabila mereka merasa stres. Namun, ketika sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup, warna gelap berkurang secara perlahan. Solusi untuk mengatasi ini adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Serta imbangi dengan memenuhi asupan nutrisi yang tepat.

2. Kehamilan

Ketika hamil akan ada perubahan yang terjadi, salah satunya bentuk tubuh. Selain itu, masalah kulit juga sering terjadi, seperti melasma. Kehamilan dan melasma dapat menimbulkan bercak dan hiperpigmentasi berwarna cokelat. Saat bercak tersebut muncul di kelopak mata, otomatis kulit mata pun ikut menggelap. Warna gelap tersebut merupakan bercak kulit yang mengalami peningkatan melanin, sebuah pigmen produksi sel-sel kulit untuk memberi warna kulit. Sehingga daerah yang mengalami hiperpigmentasi dan menyebabkan kelopak mata hitam terjadi akibat sel memproduksi terlalu banyak melanin.

3. Melanositosis Dermal

Melanositosis merupakan sel kulit yang menghasilkan melanin; sebuah pigmen yang memberi warna pada kulit. Orang dengan kondisi melanositosis dermal kemungkinan memiliki melanosit di dalam dermis kulit, sehingga membuat kelopak mata menghitam. Biasanya, orang dengan kondisi ini memiliki bercak abu-abu atau biru kelabu di daerah kelopak mata. Melanositosis dermal ini biasanya terjadi akibat bawaan genetik. Beberapa penyebab lainnya, bisa karena paparan sinar matahari, perubahan hormon saat hamil, dan eksim kronis.

4. Meningkatnya Jumlah Pembuluh Darah

Penyebab kelopak mata menghitam lainnya adalah karena adanya penipisan kulit dan pembuluh darah (vaskularisasi) di area kelopak mata. Biasanya, vaskulrisasi dapat menyebabkan penggelapan di bawah mata. Untuk memastikan diagnosis peningkatan vaskularisasi di bawah kulit sekitara mata sebagai penyebab kelopak mata menghitam, biasanya dokter akan meregangkan kulit secara manual.

Jika penyebabnya diakibatkan karena meningkatnya jumlah pembuluh darah, maka warna kulit tidak akan pudar atau pucat ketika dokter meregangkannya. Jadi, untuk mengetahui apa penyebab pastinya, perlu adanya tindakan medis lebih lanjut, ya.

5. Hiperpigmentasi

Tahukah kamu? Ternyata hiperpigmentasi dapat terjadi akibat adanya peradangan, loh. Seperti eksim kronis dan radang alergi pada mata, sehingga membuat kelopaknya menghitam. Kelopak mata bisa semakin gelap apabila terlalu sering menggosok atau menggaruknya. Selain itu, akumulasi cairan yang disebabkan oleh alergi juga dapat menyebabkan mata gelap.

Umumnya, hiperpigmentasi dapat hilang dengan sendirinya. Namun, tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kalau kamu ingin melakukan tindakan medis, sebaiknya berhati-hati dan konsultasikan terlebih dulu ke dokter spesialis. Sebab, area mata sangat sensitif sekali dan riskan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Kelopak Mata yang Hitam dengan Mudah

Selain beberapa kemungkinan penyebab kelopak mata menghitam yang disebutkan di atas, ada beberapa penyebab lainnya, seperti jam tidur yang buruk, stres, alkohol, dan rokok.

  • Bagikan
seruni.id