10 Ritual di Pagi Hari yang Baik untuk Otak, Lakukan Secara Rutin!

  • Bagikan
10 Ritual di Pagi Hari yang Baik untuk Otak, Lakukan Secara Rutin!
tirto.id

Seruni.id – Ternyata ada beberapa ritual di pagi hari yang baik untuk otak, loh. Dan mungkin kebiasaan ini sering kali kita lupakan. Padahal, jika dilakukan secara rutin, pikiran kita akan menjadi lebih baik. Untuk tahu lebih lengkap, yuk simak berikut ini.

10 Ritual di Pagi Hari yang Baik untuk Otak, Lakukan Secara Rutin!
banksinarmas.com

Kebiasaan apa yang sering kamu lakukan ketika bangun tidur? Mengecek handphone atau melakukan aktivitas lainnya? Untuk mendapatkan hari yang positif dan bermanfaat, pagi hari harus dilalui dengan baik. Menurut sejumlah riset, pagi yang buruk akan membuat harimu akan melelahkan dan tidak produktif.

Sedangkan, jika mengawali hari dengan ritual yang baik, akan membuatmu lebih tenang, terbebas dari stres, dan akhirnya lebih mudah berpikir positif. Dengan begitu, kesehatan pikiran dan jiwa pun terjaga, membuatmu dapat menjalani sisa hari dengan produktif dan menyenangkan. Nah, setidaknya ada sejumlah ritual di pagi hari yang baik untuk otak. Ingin mencobanya?

1. Bangun Lebih Awal

Kebanyakan orang sukses, bangun lebih awal untuk memulai hari. Sebab, di waktu tersebut gangguan belum muncul. Meski hal ini sedikit berat dilakukan. Namun, kebiasaan ini bisa kamu bangun secara perlahan. Mulailah dengan bangun 15-30 menit lebih awal setiap harinya. Saat baru memulainya, memang akan terasa pusing. Tapi seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini bisa dilakukan secara alami. Dengan bangun di awal waktu setiap hari, ritme sirkadian pun akan terlatih. Sehingga ini bisa membuat seseorang lebih mudah bangun di pagi hari dan memiliki kesempatan untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Minum Air

Ritual di pagi hari yang baik untuk otak berikutnya, yakni minum air putih. Setelah bangun pagi, usahakan untuk minum air putih, ya. Hal ini sangat penting sekali untuk membuat pikiran dan tubuh berfungsi dengan baik. Apalagi, saat kamu tertidur di malam hari, sebagian cairan tubuh menghilang. Dengan minum air putih secara cukup, akan membuat cairan yang hilang terpenuhi dan membantu tubuh segar kembali.

3. Latihan Pernapasan Dalam

Paru-paru memiliki peran penting di dalam tubuh, yakni untuk menghirup dan mengembuskan napas sepanjang hari. Namun, ada baiknya untuk melakukan latihan pernapasan dalam dan perlahan. Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam jurnal Breathe menunjukkn, bahwa mengubah pola pernapasan menjadi 6-10 napas per menit dapat mengembalikan keseimbangan pada sistem respons stres.

Hal ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan konsentrasi mental. Pikiran dan napas saling berkaitan satu sama lain. Di mana pikiran yang tenang dapat mengarah pada pernapasan yang tenang. Sehingga saat kita belajar mengatur pernapasan, kita dapat memengaruhi keadaan fisik dan emosi kita. Jika kamu bangun dengan perasaan tidak enak atau pikirkan yang buruk, luangkanlah waktu beberapa menit untuk berlatih pernapasan dalam untuk membuat kamu merasa segar dan berenergi.

4. Tersenyum di Depan Cermin

Tersenyum di depan cermin, tidak hanya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Tapi juga sebagai salah satu ritual di pagi hari yang baik untuk otak. Karena otak akan bekerja dan mengirim sinyal-sinyal perasaan senang ke seluruh tubuh. Dengan rasa percaya diri yang tinggi dan pikiran yang positif, tentunya pagi harimu akan bermanfaat sekaligus menjaga pikiran agar tetap sehat. Tak perlu berlama-lama, lakukanlah selama 30 detik secara rutin.

5. Sempatkan Waktu untuk Membaca

Di hari yang dipadati dengan kesibukan, mungkin akan sulit untuk meluangkan waktu untuk sekadar melakukan hal-hal sederhana yang membuat rileks dan merangsang pikiran. Salah satu ritual di pagi hari yang baik untuk otak dan membuatnya rileks adalah dengan membaca. Entah membaca buku, surat kabar, atau artikel online.

Bacaan yang bagis, tidak hanya menjadi cara menenangkan untuk memulai hari, tapi juga dapat membantu mengatur ulang prioritas, membawa kamu keluar sejenak dari kesibukan sehari-hari. Namun, pastikan kamu membaca sesuatu yang baik, ya. Seperti berita, pengetahuan unik, atau motivasi. Karena apa yang kita pikirkan dapat memengaruhi perasaan kita dan kondisi mental di pagi hari sangat memengaruhi aktivitas kita selama seharina.

6. Berolahraga

Kamu pasti sudah tahu, kalau olahraga itu penting banget untuk kesehatan. Selain itu, dengan berolahraga, otak pun turut merasakan manfaatnya. Sehingga kamu perlu menjadikan ritual di pagi hari yang baik untuk otak ini, sebagai salah satu kegiatan rutin. Karena dengan berolahraga, dapat mengubah komposisi kimia otak dan bahkan efeknya bisa disamakan dengan efek mengonsumsi antidepresan, loh.

Ini menandakan pelepasan beberapa neurotransmiter utama, yang mana banyak di antaranya memainkan peran penting dalam menjaga otak tetap tajam seiring bertambahnya usia. Olahraga juga membantu memompa aliran darah dan oksigen ke otak, memungkinkan materi abu-abu otak bekerja dengan kapasitas tertinggi, yang berarti kamu akan mendapat pengambilan keputusan, penilaian, dan memori yang lebih baik dan tajam.

7. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Sarapan dengan makanan yang mengandung gizi tinggi, dapat mendukung manajemen berat badan dengan lebih baik. Makanan sehat juga merupakan pilihan bagus untuk memulai hari. Ini dikarenakan makanan sehat mengisi kembali simpanan glukosa di tubuh dan otak agar fungsi tubuh bejalan baik. Jangan tinggalkan sarapan untuk mendapatkan beberapa sumber mikronutrien penting yang mendukung kekuatan otak, energi, dan suasana hati, serta mencegah kelelahan dan meningkatkan sistem kekebalan. Pilihlah makanan tinggi protein dan berserat. Seperti roti gandum isi telur dan sayuran.

8. Rencanakan Hari

Ketika bangun tidur, sebagian dari kita mungkin ada yang langsung mengecek handphone atau pekerjaan. Namun, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini, yuk. Karena hal ini justru tidak efektif untuk harimu. Ada baiknya untuk sejenak meluangkan waktu untuk merencanakan hari sebelum memulai aktivitas.

Cara ini dapat meningkatkan manajemen waktu, mengurangi beban kerja, serta mencegah stres yang tidak perlu karena dikejar deadline. Buatlah daftar tugas untuk memastikan bahwa kamu dapat menyelesaikan tugas dengan prioritas yang tinggi di hari itu. Daftar harian juga membuatmu merasa lebih memegang kendali, mengurangi stres, dan lebih produktif.

9. Membuat Daftar Rasa Syukur

Ketika kamu memusatkan perhatian pada hal-hal dalam hidup yang kamu syukuri, maka otak akan bekerja dengan lebih baik. Pola pikir yang negatif mengubah otak secara negatif, pun sebaliknya, jika berlatih bersyukur secara harfiah membantu otak untuk selalu bersyukur. Adapun cara untuk melatih otak agar selalu bersyukur adalah dengan membuat daftar tentang hal-hal yang kamu syukuri. Setidaknya tuliskan lima hal yang membuat kamu bersyukur.

10. Jadikan Sebagai Kebiasaan

Agar produktivitasmu meningkat, jadikanlah ritual di pagi hari yang baik untuk otak sebagai kebiasaan baru. Namun, jika merasa berat untuk melakukan semuanya sekaligus, pilihlah 1-2 yang dianggap paling baik. Hindari memberi tekanan pada diri sendiri untuk merombak setiap aspek rutinitas pagi yang dilakukan sebelumnya.

Sebab, hal itu malah cenderung menambah stres daripada mendukung kesejahteraan dan produktivitas. Ingatlah untuk bersikap baik kepada diri sendiri serta terapkan pendekatan yang realistis agar hari bisa dinikmati dengan bahagia dan produktif. Usahakan untuk melakukan ritual-ritual tersebut sebelum pukul 9.00 pagi agar lebih efektif.

Baca Juga: Mengenal Penyebab dan Gejala Kanker Otak (Glioblastoma)

Itulah 10 ritual di pagi hari yang baik untuk otak. Setelah melakukannya secara rutin, dijamin otak akan menjadi lebih segar dan kamu pun lebih siap menjalani hari. Selamat mencoba!

  • Bagikan
seruni.id