6 Benda ini Bisa Mempercepat Penuaan, loh!

jakarta.tribunnews.com

Seruni.id – Bagi wanita, penuaan dini bisa dibilang sebagai momok yang cukup menkutkan. Pasalnya, perubahan yang terjadi pada kulit wajah akan membuat rasa percaya diri semakin berkurang. Mulai dari kerutan di area mata, garis halus, munculnya flek hitam, seakan tak mudah dihindari bagi para wanita.

Banyak faktor yang bisa mempercepat penuaan dini, seperti kebiasaan dan gaya hidup yang buruk. Namun, tidak hanya itu, loh. Ternyata benda-benda di sekitar kita pun bisa mempercepat penuaan dini. Benda apa saja, ya? Berikut ini ulasannya.

AC

Related image
boldsky.com

AC atau Air Conditioner memang bisa menyejukkan ruangan, apalagi jika cuaca sedang terik. Namun, ketika rumah terlalu sering menggunakan AC, maka udara di dalam rumah akan menjadi kering. Akibatnya kulit dan selaput lendir dalam tubuh kita akan menderita.

Tidak hanya itu, terlalu sering menggunakan AC juga bisa mempercepat penuaan, kulit menjadi kusam, dan keriput. Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka solusinya kamu bisa menggunakan pelembab udara atau krim yang mengandung pelembab tingkat tinggi.

Smartphone dan Komputer

Image result for Smartphone dan Komputer
dailysocial.id

Dengan kemajuan teknologi, sinar biru yang terdapat pada layar komputer dan smartphone akan selalu menemani kamu dari pagi hingga larut malam. Selain itu, tidak banyak orang yang tahu bahwa terlalu sering menulis pesan di smartphone dengan cara menekuk leher kebawah dapat menyebabkan leher menjadi bergelambir.

Selain itu, ada penelitian yang mengklaim bahwa sinar biru atau High Energy Visiblelight memiliki risiko yang sama bahayanya dengan sinar UVA dan UVB yang dipancarkan dari sinar matahari. Solusinya, kamu bisa memasang pelindung anti sinar biru pada layar komputer. Kamu pun dapat membeli krim pelindung yang biasa disebut krim HEV.

Sabun

Image result for Sabun
liputan6.com

Membersihkan kulit setiap hari dengan produk pembersih sebenarnya bisa menyebabkan pertahanan alami kulit menjadi rusak. Pertahanan alami ini yang menyelamatkan kita dari bakteri dan bahkan mencegah penuaan dini. Maka ketika membeli sabun, perhatikanlah kandungan sabun atau shower gel yang kamu gunakan. Dan disarankan untuk tidak terlalu sering membersihkan kulit dengan produk pembersih kulit.

Bantal

Related image
beritagar.id

Bantal merupakan salah satu benda di sekitar yang mempercepat penuaan dini, lho! Sarung bantal berbahan kapas atau lenan (serat rami) adalah yang sering dipilih banyak orang. Bahan kapas atau lenan tidak membuat kepala sering melorot, harganya cukup terjangkau, dan juga mudah dicuci.

Namun, sarung bantal yang terbuat dari bahan-bahan ini dapat menimbulkan efek negatif bagi orang yang sangat menjunjung tinggi penampilan. Sarung bantal berbahan ini biasanya dipakai oleh orang yang memiliki posisi tidur tengkurap atau menyamping.

Sarung bantal berbahan kapas atau lenan terasa tebal sehingga cenderung menyebabkan kerutan dan keriput di wajah. Jika diteruskan, kerutan dan keriput di wajah lama-lama akan semkin parah. Selain itu, bahan-bahan ini merupakan tempat yang sering ditinggali oleh bakteri tak kasat mata.

Nah solusinya, ganti bantal yang berbahan kapas atau lenan dengan sutera. Walaupn bantal yang terbuat dari sutera lebih mahal, tapi memiliki banyak keuntungan. Selain awet, bahan sutera akan mencegah tumbuhnya bakteri di permukaan bantal dan juga tidak membuat kulit mengerut sebab sangat lembut.

Bra

Image result for Bra
forbes.com

Payudara kencang selalu identik dengan kaum muda. Bahkan ada teori bahwa bra melawan gravitasi dan membuat payudara kamu tetap kencang. Namun, untuk teori ini, tidak ada pembenaran ilmiahnya. Ada juga teori lainnya yang justru menyatakan yang sebaliknya. Yakni, bra membuat otot dada menjadi lemah.

Dan pertanyaan itu sudah berhasil dibuktikan. Para ahli yakin bahwa hanya wanita yang memiliki kelenjar susu besar yang harus memakai bra supaya dirinya merasa nyaman. Karena itu, pakailah bra hanya saat diperlukan. Apabila memungkinkan, sebaaiknya hindari penggunaan bra sama sekali.

Toilet Duduk

Related image
liputan6.com

Salah satu benda di sekitar yang mempercepat penuaan dini adalah toilet duduk. Sayangnya, tidak semua orang tahu bahwa ketika menyiram toilet, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Tentu saja, kamu tahu pasti bahwa penting untuk menjaga kebersihan toilet dan juga membersihkan tangan setelah habis dari toilet.

Tetapi hanya sedikit orang tahu mengenai ada metode pembilasan toilet yang benar. Tahu tidak, jika kamu menyiram toilet dengan penutup yang terbuka, mikroorganisme patogen dan juga bakteri akan memercik ke udara. Bakteri dan patogen ini bisa saja mendarat di pakaian, rambut, dan bahkan kulit kamu. Karena itu, solusinya adalah dengan menutup toilet sebelum menyiramnya.

Baca Juga:  5 Faktor Penyebab Terjadinya Penuaan Dini

Jadi, itulah 6 benda di sekitar kita yang bisa mempercepat penuaan yang harus kita waspadai. Benda-benda tersebut sebaiknya kamu gunakan seperlunya dan tidak terlalu berlebihan, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.