Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepe

  • Bagikan
Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepe
popbela.com

Seruni.id – Apa sih perbedaan bahan wollycrepe dan moscrepe? Meski namanya hampir mirip dan terkadang membuat keliru, tapi kedua bahan ini memiliki karakteristik yang berbeda, loh. Agar tidak salah pilih, kenali dulu yuk perbedaannya.

Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepe
lympics30.com

Saat membeli pakaian secara online, jangan hanya melihat modelnya yang menarik saja. Namun, kita juga perlu mengetahui bahan apa yang digunakan, agar ketika sampai di tangan, kita tidak menyesal. Banyaknya jenis kain dan bahan terkadang membuat kita bingung. Seperti yang Seruni sebutkan di atas, banyaknya jenis kain dan bahan dengan nama yang hampir mirip, kadang kala membuat kita sulit membedakannya. Misalnya wollycrepe dan moscrepe. Biasanya bahan ini kerap digunakan untuk hijab maupun pakaian sehari-hari. Agar tidak semakin bingung, berikut Seruni telah merangkum perbedaan bahan wollycrepe dan moscrepe dari segi tekstur, tampilan, hingga harga.

Seperti Apa Bahan Wollycrepe?

Bahan wollycrepe merupakan bahan kain yang memiliki tekstur seperti kulit jeruk yang halus. Serat kain dari bahan wollycrepe ini mirip dengan serat kain pada jenis wolfis. Namun, jenis bahan yang satu ini sedikit lebih jelas teksturnya daripada kain wolfis ketika diraba dengan tangan. Wollycrepe hadir dengan tekstur crepe di bagian permukaan kainnya. Mereka yang masih awam memang banyak yang mengira kalau jenis bahan yang satu ini bukan dari keluarga kain crepe. Hal ini karena terdapat serat kain dari bahan ini yang cukup halus, berbeda dengan bahan moscre atau bahan crepe lainnya.

Bagi kita yang masih kurang paham dengan jenis-jenis bahan, mungkin akan bertanya, apakah bahan wollycrepe melar atau tidak? Jawabannya adalah tidak. Sebab, bahan ini tidak memiliki elastisitas seperti bahan kaos pada umumnya. Susunannya akan tetap rapat seperti ketika pertama kali membelinya, sekalipun sudah mencucinya berulang kali. Bahan yang satu ini juga sering dijadikan sebagai bahan dasar hijab, dress, maupun gamis. Ada sejumlah bahan wollycrepe yang cukup populer di Indonesia, di antaranya:

Bubble crepe

Jenis bahan yang satu ini, memiliki tekstur seperti kulit jeruk yang sangat jelas. Bahannya sedikit tipis, tapi tidak menerawarng. Kainnya jatuh dan ringan. Harganya mulai dari Rp18.000 per meter.

Arabian crepe

Teksturnya lebih halus dan adem. Bahannya lebih tebal daripada jenis lainnya. Harganya Rp20.000 per meter.

Crezia crepe

Daripada dua jenis sebelumnya, crezia crepe memiliki tingkat elastis yang cukup tinggi. Harganya pun sedikit lebih mahal, yakni Rp25.000 per meter.

Diamond italiano

Memiliki tekstur yang kasar ketika diraba. Bahannya lebih menerawang, tapi sangat ringan dibandingkan lainnya. Harganya jauh lebih mahal, yakni mulai dari Rp45.000 per meter.

Keunggulan Bahan Wollycrepe

Ada banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dari bahan yang satu ini. Salah satunya adalah ketebalan kainnya. Apalagi, sifat kainnya yang jatuh dan tidak kaku, sehingga cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan gamis maupun hijab. Seratnya pun rapat dan tidak menerawang. Bahannya tidak mudah kusut, tapi tidak mudah menyerap keringat. Sehingga jika kamu membuat atau membeli gamis dengan bahan ini, pastikan terdapat furing yang dapat menyerap keringat di bagian dalamnya, ya.

Kekurangan Bahan Wollycrepe

Di balik kelebihan, pasti ada kekurangan. Begitupun dengan bahan wollycrepe ini. Meski terdapat sejumlah keunggulan, tapi kain jenis ini tidak memiliki sifat elastis. Sehingga bagi kamu yang suka dengan kain elastis kemungkinan akan kurang cocok. Bahannya pun sedikit transparan, sehingga jika memilih wollycrepe sebagai bahan membuat pakaian, tentu dianjurkan agar menggunakan lapisan furing di bagian dalamnya. Dari segi harga, wollycrepe premium cenderung lebih mahal daripada jenis lainnya.

Seperti Apa Bahan Moscrepe?

Moscrepe merupakan salah satu jenis bahan dari keluarga crepe. Kain ini memiliki permukaan yang tampak seperti kulit jeruk atau butiran pasir. Walaupun terlihat kasar, tetapi ketika diraba bahan ini sangat halus dan lentur, loh. Berdasarkan bahan utamanya, kain moscrepe umumnya dibuat dari serat rayon yang ditenun menggunakan mesin tenun dobby tenun bermotif yang ditemukan sejak tahun 1840 silam. Karakteristik dari bahan moscrepe ini, yaitu adanya gambar-gambar kecil yang berbentuk geometris. Dengan mesin tenun dobby dan bantuan dobby card, pada seluruh permukaan kain akan terbentuk pola butiran-butiran kecil seperti pasir secara berulang. Dari sanalah, terciptanya kain moscrepe yang ringan, jatuh, dan cenderung lemas. Sehingga sangat cocok untuk dijadiakn sebagai busana wanita.

Keunggulan Bahan Moscrepe

Sama seperti wollycrepe, bahan moscrepe juga memiliki keunggulan yang harus kita ketahui. Mulai dari harganya yang ekonomis, sehingga bahan ini cocok sekali menjadi pilihan untukmu yang baru memulai bisnis fashion. Kemudian, tidak menerawang, tidak mudah kusut, ringan, hingga warna kainnya yang lebih hidup.

Kekurangan Bahan Moscrepe

Moscrepe memiliki jenis yang baragam. Maka, dibutuhkan ketelitian untuk mendapatkan bahan dengan kualitas baik. Sebab, tak sedikit bahan moscrepe yang dijual dengan berdasarkan grade atau tingkatan. Sebelum mengetahui bahan moscrepe yang berkualitas, kamu harus tahu kekurangan bahan morcepe dulu nih. Perlu kamu ketahui, bahwa bahan moscrepe ini lebih panas, bahannya yang ringan membuatnya lebih rentan terbakar saat menyetrika dengan suhu panas, dan menerawang.

Perbedaan Bahan Wollycrepe dan Moscrepe

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua bahan ini. Sebab, dua-duanya merupakan keluarga kain crepe. Moscrepe sendiri merupakan salah satu jenis wollycrepe yang mudah kita dapatkan di pasaran. Untuk bahan wollycrepe yang jenisnya moscrepe teksturnya seperti pasir yang tersusun. Jika melihat dari dekat, seperti ada susunan pasir yang menempel pada permukaannya. Padahal sebenarnya susunan pasir tersebut merupakan tekstur dari kain itu sendiri.

Baca Juga: 12 Ide Kerajinan dari Kain Perca dan Cara Membuatnya

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja perbedaan bahan wollycrepe dan moscrepe? Dengan mengetahui perebedaan antara kedua bahan ini, akan memudahkanmu untuk memilihnya saat membeli dress, gamis, maupun hijab. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id