6 Tips Memilih Jasa Bidan untuk Bantu Proses Persalinan

  • Bagikan
6 Tips Memilih Jasa Bidan untuk Bantu Proses Persalinan
sehatq.com

Seruni.id – Mendekati waktu persalinan, banyak hal yang harus dijadikan pertimbangan. Mulai dari nama, perlengkapan, hingga memilih jasa bidan untuk bantu proses persalinan nanti. Banyak para ibu yang lebih memilih untuk melahirkan di bidan, selain biaya cenderung terjangkau dan ekonomis, jasa kebidanan dinilai lebih mudah dijangkau, cepat, friendly, dan memiliki prosedur yang tidak serumit di rumah sakit.

6 Tips Memilih Jasa Bidan untuk Bantu Proses Persalinan
popmama.com

Untuk memilih bidan, tidak boleh dilakukan sembarangan, ya. Berikut ini Seruni akan berikan tips memilih jasa bidan untuk bantu proses persalinan:

1. Cari Tahu Terlebih Dulu

Sebelum memilih jasa bidan untuk bantu proses persalinan, pastikan kamu sudah mencari tahu terlebih dalu, ya. Kamu bisa mengetahuinya melalui testimonial teman-teman dekat atau tetangga yang sebelumnya pernah menggunakan jasa bidan tersebut. Kalau bisan tersebut memiliki track record yang kurang baik, maka sebaiknya carilah bidan yang lainnya. Termasuk mencari tahu pelatihan apa saja yang pernah ia ikuti. Jangan lupa tanyakan ke bidan tersebut, seperti; apakah ia akan mendampingi proses persalinan atau tidak? Seberapa sering bidan memonitor kandungan? Bagaimana kalau ada klien yang bersalin di hari yang bersamaan? Dan sebagainya.

2. Waktu dan Tempat Praktik

Kemudian, pilihlah bidan dengan jam praktik yang cocok denganmu. Lalu pertimbangkan juga lokasi praktiknya. Namun, akan lebih baik jika lokasinya tidak terlalu jauh dengan tempat tinggalmu. Karena jika sewaktu-waktu ada kondisi darurat, kamu tidak terlalu repot.

3. Komunikatif dan Mudah Dihubungi

Tips memilih jasa bidan berikutnya, pastikan kamu merasa nyaman ketika berdiskusi selama proses pemeriksaan. Hal ini sangat penting sekali untuk dijadikan sebagai perimbangan, karena mungkin saja ada banyak hal yang ingin kamu ketahui tentang kehamilan dan persalinan. Selain itu, pastikan pula bidan yang kamu pilih mudah dihubungi jika diperlukan. Sehingga bila sewaktu-waktu mengalami keluhan atau pun kondisi darurat, ia dengan mudah merespons.

4. Memiliki Prosedur Medis yang Baik

Penting pula untuk mencari tahu prosedur medis yang bidan tersebut tawarkan. Sebab, hal ini sangat berpengaruh ketika kamu dihadapkan dengan situasi sulit nantinya. Bidan yang memiliki prosedur medis yang baik, tentu bisa membuat keputusan yang bijak. Misalnya bila bidan merasa tidak mampu menangani proses persalinanmu, maka ia akan merujuk ke dokter kandungan.

5. Memiliki Peralatan Medis Memadai

Tips memilih jasa bidan berikutnya, pastikan bidan tersebut memiliki peralatan lengkap dan memadai untuk proses persalinan nanti. Karena ini sangat penting sekali demi keselamatanmu dan si kecil.

6. Ikuti Hati Nurani

Cocok atau tidaknya baisanya akan diketahui setelah dijalani. Jika setelah beberapa kali kunjungan, tapi hatimu masih kurang mantap dengan bidan tersebut, maka coba pertimbangkan alternatif yang lain.

Baca Juga: Peringatan Hari Bidan Nasional yang Jatuh Setiap 24 Juni

Itulah hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih jasa bidan. Pastikan kehamilan musehat dan tidak berisiko tinggi jika ingin menggunakan jasa bidan. Yang penting, carilah bidan berpengalaman dan membuat nyaman.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id