Amalan Sunnah di Hari Jumat

plimbi.com

Seruni.id – Hari Jumat merupakan hari yang begitu istimewa bagi seluruh umat muslim di dunia. Di hari Jumat pula, seorang laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat di masjid. Selain itu, ada banyak amalan sunnah lainnya yang bisa dikerjakan baik bagi laki-laki maupun perempuan. Apa saja amalan tersebut? Berikut di antaranya:

Membaca Surat Al-Kahfi

google.com

Kita disunnahkan untuk membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat. Mulai dari malam di hari Kamis, ketika telah masuk waktu maghrib. Sunnah ini merupakan amalan yang begitu luar biasa. Jika kita melakukannya, maka dari Jumat satu ke Jumat lainnya, kita akan disinari oleh cahaya. Seperti yang telah diriwayatkan dalam sebuah hadist dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim dalam Al-Mustadrok)

Memperbanyak Dzikir

islampos.com

Alaman sunnah beriutnya adalah berdzikir. Dzikir merupakan sebuah cara untuk kita tetap mengingat Allah. Meskipun dzikir bisa dikerjakan kapan saja, namun ada baiknya diperbanyak pada hari Jumat. Anjuran ini tercantum dalam Alquran surah Al Jumu’ah ayat 9:

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…”

Memperbanyak Doa

acehsatu.com

Di hari Jumat pula kita disunnahkan untuk memperbanyak doa. Doa apapun itu, yang terpenting untuk kebaikan, bukan keburukan, ya. Seperti yang ada dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam menyebut hari Jumat kemudian berkata,

“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu, beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedikit waktu yang dimkasud dalam hadist di atas adalah detik terakhir pada Jumat. Tepatnya ketika menjelang maghrib, saat matahari akan terbenam di hari Jumat.

Memperbanyak Shalawat

selarasmedia.com

Shalawat menjadi amalan sunnah yang dilakukan pada hari Jumat. Shalawat memang bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Kita bahkan sangat dianjurkan bershalawat kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam. Tetapi, pada hari Jumat, alangkah indahnya jika kita memperbanyak shalawat. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersbda,

“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.” Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadaku sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i)

Memotong Kuku

islami.co

Amalan sunnah selanjutnya yang bisa dilakukan pada hari Jumat yaitu membersihkan diri. Satu diantaranya adalah memotong kuku yang sudah panjang dan kotor. Syeikh Muhammad bin Ismail Al-Muqaddan mengatakan,

“Terdapat beberapa riwarat tentang tata cara memotong kuku. Memotong kuku ini bisa dilakukan di hari Kamis, Jumat, atau hari lainnya.”

Namun sebenarnya, tidak ada dalil yang shahih mengenai hal ini. Akan tetapi, kebanyakan ulama memotong kuku pada hari Jumat.

Bersedekah

liputan6.co

Hari Jumar adalah hari dimana pahala sedekah dilipatgandakan. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Pahala sedekah berlipat ganda pada hari Jumat.” Sedekah yang dimaksud tidak hanya berupa uang, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang daripada kemungkinan adalah sedekah, dan berhubungan badan dengan istri adalah sedekah.” (HR. Muslim).

Mandi Jumat

ruangmuslimah.co

Meskipun setiap hari kita tentu membersihkan diri dengan cara mandi, namun pada hari Jumat, kita juga disunnahkan mandi Jumat. Tapi tentu mandinya berbeda. Seperti yang tertuang dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bahkan, ada sebagian ulama yang menjadikan mandi Jumat ini wajib hukumnya. Hal ini berdasarkan sebuah hadist dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mengenakan Pakaian Terbaik

hipwee.com

Ketika shalat, sebaikya kenakanlah pakaian yang terbaik, pakaian yang bersih dan juga wangi. Bukan dengan mengenakan pakaian yang kotor dan lusuh. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah, diilai shahih oleh Al Albani).

Membersihkan Diri dan Menggunakan Minyak Wangi

liputan6.com

Setelah mandi dan mengenakan pakaian terbaik, alangkah lebih baik lagi jika ditambah dengan menggunakan minyak wangi. Sehingga diri kita akan tampak bersih dan wangi. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa amalan sunnah di hari Jumat yang seringkali diabaikan. Padahal, hal-hal tersebut jika kita kerjakan akan membuahkan pahala. Maka, dengan mengerjakan akan bertambah pula kebaikan bagi diri kita. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.