Hari Pertama Masuk Kerja? Ini 6 Tips Agar Kamu Percaya Diri

  • Bagikan
Hari Pertama Masuk Kerja? Ini 6 Tips Agar Kamu Percaya Diri
freepik.com

Seruni.id – Rasa canggung terkadang menghampiri di hari pertama masuk kerja. Sepertinya ini adalah hal yang wajar. Karena, kita masih harus beradaptasi dan mengenali lingkungan yang baru. Namun, di hari pertama masuk kerja, kita juga harus bisa percaya diri, loh. Agar rekan dan atasan yakin, bahwa kita benar-benar niat untuk bekerja.

Hari Pertama Masuk Kerja? Ini 6 Tips Agar Kamu Percaya Diri
freepik.com

Lalu, bagaimana sih tips untuk lebih percaya diri? Berikut ini Seruni telah merangkum beberapa tipsnya. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

1. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Di hari pertama masuk kerja, hal yang perlu dipersiapkan adalah segala peralatan untuk bekerja. Seperti alat tulis, laptop, hingga buku catatan. Sebab, biasanya di hari pertama masuk kerja, kita akan disibukkan dengan sejumlah tugas. Jadi, tak ada salahnya untuk membangun relasi yang baik dengan atasanmu, ya. Dan yang harus kamu lakukan adalah membangun komunikasi dengan menanyakan beberapa hal rinci terkait aktivitas di kantor.

 

2. Datang Tepat Waktu

Di hari pertama kamu bekerja, pastikan kamu memberikan kesan pertama yang baik. Salah satu caranya adalah dengan tidak datang terlambat. Tibalah di kantor setidaknya 15-30 menit sebelum jam kerja berlangsung. Agar tidak bosan dan waktu tidak terbuang percuma, kamu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kantor atau berkenalan dengan rekan kerja.

 

3. Buka dengan Obrolan Ringan

Tips agar kamu percaya diri di hari pertama masuk kerja, yaitu dengan membuka obrolan ringan dengan rekan kerjamu. Salah satu cara untuk mengtasi inferiority cimplex adalah dengan banyak berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Dengan cara ini, kamu bisa lebih dekat dengan rekan kerja dan menghilangkan rasa tidak percaya diri.

 

4. Kenakan Pakaian Terbaik

Kesan baik di hari pertama masuk kerja, juga bisa kamu tunjukkan melalui pakaian, loh. Jadi, pastikan kamu mengenakan pakaian terbaik dan sopan. Jika perlu, sebelum masuk kantor, kamu bisa menanyakan HRD atau manajemen terkait pakaian yang digunakan. Hindari penggunaan celana jeans atau atasan polo shirt. Lebih baik, kamu menggunakan pakaian formal untuk menghindari salah kostum di hari pertama bekerja.

 

5. Jangan Menutup Diri

Usahakan kamu tidak menutup diri di hari pertama masuk kerja. Jadilah orang yang terbuka dengan sikap ramah, sopan, dan menghargai terhadap atasan dan rekan kerja. Jangan menjadi orang yang tertutup dan dingin ketika kamu beradaptasi dengan lingkungan baru. Kalau perlu, tawarkan bantuan kepada rekan kerja yang terlihat membutuhkan pertolonganmu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan tempat di hati meraka karena mereka merasa nyaman saat bersamamu.

 

6. Tidak Menggunakan Perhiasan yang Berlebihan

Bagi kamu yang baru pertama kali masuk kerja, tidak ada salahnya untuk tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan saat ke kantor. Sebab, hal ini untuk menghindari kesan mencolok, sehingga tidak menjadi bahan pergunjingan rekan kerja. Gunakan perhiasan secukupnya dan tidak berlebihan, agar tetap anggun tanpa penampilan yang mencolok.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Pekerjaan Impian? Ini Tipsnya

Nah, itulah 6 tips tampil percaya diri di hari pertama masuk kerja. Intinya, jadilah pribadi yang baik dan terbuka kepada setiap orang, serta milikilah aura positif. Jangan merasa takut, jauhkanlah pikiran-pikiran negatif kamu tentang lingkungan kerja barumu. Semoga bermanfaat, ya.

  • Bagikan